in

4 Fakta Kutukan Kartikea Singha di Kediri yang Bikin Banyak Petinggi Segan Mengunjunginya

Tak bisa dipungkiri, tiap daerah di Indonesia memang memiliki keunikannya tersendiri. Mulai dari kebudayaan hingga kepercayaan, selalu saja menarik untuk diperbincangkan. Termasuk masalah mitos yang selalu berbeda tiap-tiap daerah. Uniknya, banyak mitos daerah tersebut bahkan di zaman yang maju ini tetap dipercaya.

Seperti yang ada di kota Kediri, di mana di sana ada mitos atau kutukan untuk para pemimpin. Bahkan dikatakan kalau para presiden pun sempat juga merasakan mengenai kutukan ini. Lalu sebenarnya mitos seperti apakah yang beredar di kota tersebut sampai sekarang? Simak ulasan berikut.

Kutukan pejabat kotor yang sial saat di Kediri

Lantaran Indonesia selalu dekat dengan namanya klenik, jadi bukan hal yang aneh kalau masing-masing daerah memiliki mitosnya tersendiri. Semisal yang ada di Kediri ini, ada sebuah mitos yang banyak dipercaya oleh masyarakatnya hingga saat ini. Ya, sebuah kutukan atau mitos yang membuat banyak pejabat jadi enggan saat berada di sana.

Kota Kediri [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya dilansir dari Merdeka kalau para pejabat atau pemimpin akan mengalami nasib buruk jika mereka berlaku ‘kotor’ dan tidak memiliki hati yang bersih. Biasanya mitos ini disebut sebagai ‘wingitnya’ jantung kota Kediri yang bikin banyak pemimpin keder.

Banyak yang menghubungkannya dengan presiden Indonesia

Ternyata banyak orang yang menghubungkan mitos mengenai pemimpin ke Kediri ini dengan presiden Indonesia. Seperti yang diketahui, dua orang pemimpin Indonesia yang sudah pernah masuk ke jantung kota Kediri hanya dua orang, Ir Soekarno dan Abdurahman Wahid. Dan ya, kedua presiden tersebut bisa dibilang memiliki nasib yang sama yaitu sempat dilengserkan bukan karena pemilu.

gusdur-soekarno [sumber gambar]

Sejak saat itulah banyak yang beranggapan kalau semua dihubungkan dengan wingitnya kota Kediri ini. Namun bukan berarti kedua presiden tersebut ‘kotor’ atau memiliki hati tidak bersih, tetapi lebih fokus pada status mereka yang menjadi seorang pemimpin. Bahkan banyak yang mengatakan kalau presiden lain pun enggan jika harus berada di jantung kota tersebut.

Lalu dari mana mitos itu berasal?

Tentu kamu penasaran dari mana sebenarnya mitos ini berasal. Usut punya usut semua dimulai dari sebuah kutukan Kartikea Singha suami Ratu Shima yang sempat jadi penguasa di sana pada zaman dulu kala. Dilansir dari Merdeka, Kutukannya cukup jelas, siapa kepala negara yang tidak suci benar masuk wilayah Kota Kediri maka dia akan jatuh.

Ratu Shima [sumber gambar]
Kartikea Singha juga salah satu kepala negara tersohor di zamannya dan menyusun sebuah kitab pidana pertama di nusantara bernama Kalingga Darmasastra dengan 119 pasal. Dengan melihat prestasinya wajar kalau banyak orang yang percaya.

Percaya gak percaya, banyak yang memilih menjauhinya

Dilansir dari Merdeka, banyak pemimpin yang lebih memilih menjauh dari areal wingit yang banyak dikatakan oleh penduduk. Meskipun ada yang biasa keluar masuk di Kediri, namun sebatas pinggiran saja tidak sampai ke jantung kota. Namun ada pula jika memang harus diwajibkan hadir, biasanya dilakukan perwakilan agar tak terjadi apa-apa.

Para pemimpin [sumber gambar]
Bahkan uniknya lagi, kutukan tersebut tidak hanya berlaku pada pemimpin dari luar daerah, pasalnya ada sendiri porsi untuk para pejabat di sana. Seperti yang diungkapkan KI Tuwu salah satu paranormal di sana, “Sabdo nya Kartikea Singha itu masih berlaku di Kediri. Begitu pun jika ada pejabat di Kota Kediri yang berani membawa harta dari Kota Kediri dengan cara yang tidak halal maka dia akan keluar dari Kota Kediri dengan tidak punya apa-apa”.

Ya kembali lagi semua tergantung pada kepercayaan netizen sendiri dalam menyikapi hal. Namun satu hal yang pasti, entah itu nyata atau tidak yang jelas hal ini paling tidak jadi pelajaran buat para pemimpin agar tidak berlaku secara tak adil.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Seperti Tak Memiliki Belas Kasihan, 5 Tim Ini Bantai Lawannya dengan Puluhan Gol

Inilah 10 Bentuk Toilet Nyeleneh Orang Indonesia, Dijamin Bikin Mikir Fungsinya Apa