Dari sekian banyakan makanan yang kerap hadir di bulan Ramadan, kurma menjadi salah satu yang terfavorit. Apalagi jenis yang ajwa, bisa dibilang menjadi yang banyak diburu oleh konsumen. Alasannya adalah, karena kurma menjadi anjuran Nabi Muhammad untuk dikonsumsi umat Muslim saat berbuka puasa. Tidak ayal berkat hal tersebut, buah yang rasanya manis, dan teksturnya lembut ini acap kali punya harga yang cukup bisa menguras kantong.

Dilansir Boombastis dari Grid.id, ajwa memiliki bandrol sekitar 500 ribu per-kilogram. Jadi jangan heran kalau tetangga kalian saat membeli buah jenis tersebut kerap tidak banyak jumlahnya. Meski demikian, kurma ajwa tergolong makanan yang banyak manfaatnya lho sobat Boombastis. Salah satunya adalah mampu menangkal racun dalam tubuh. Bahkan kandungannya juga menyehatkan tubuh, asal tidak dimakan secara berlebihan.

Penampakan kurma Ajwa [Sumber Gambar]
Masih berbicara tentang kurma memiliki harga mahal. Selain ajwa ada dua jenis lagi kurma yang harga per-kilonya bisa menguras dompet. Pertama adalah kurma Ambar, di mana bagi orang yang memiliki dalam jumlah banyak harus membayar sekitar 500 ribu ke atas. Sama seperti ajwa tadi, ambar juga memiliki beberapa manfaat. Seperti salah satunya bisa untuk dikreasikan menjadi camilan, diantaranya dengan mengganti biji dengan keju, coklat dan sebagainya.

Ilustrasi kurma ambar [Sumber Gambar]
Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis, jenis kurma ini masihlah jarang ditemui di Indonesia. Selai itu, kurma ambar ketika dirasakan mempunyai daging dan bijinya sudah terpisah. Sedangkan kurma kedua yang harganya saingan dengan kedua jenis tadi adalah medjool. Buah tersebut kerap digambarkan mempunyai bentuk relatif lebih besar dari kedua kurma tadi, dan ketika dimakan sedikit lengket.

Bentuk kurma medjool [Sumber Gambar]
Lebih tentang kurma satu ini, dirinya juga dibandrol per-kilo dengan harga sekitar Rp 500 ribuan. Selain jenis ini juga menjadi komoditas unggulan negara Uni Emirat Arab terkait kurma. Masih tentang medjool, ia juga memiliki beberapa manfaat seperti nama kurma tadi. Diantaranya bisa menurunkan kolesterol, mencegah dan mengobati konstipasi, sumber energi yang baik, menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, serta baik untuk kesehatan tulang.

BACA JUGA: 5 Cara Berbeda Makan Kurma Buat Buka Puasa

Itulah tadi sejumlah kurma dengan harga yang lumayan bisa menguras kantong. Pada umumnya menyebabkan mereka mahal adalah, selain sejarahnya dahulu juga terkait masalah perawatannya yang diperlukan tenaga ekstra. Bagaimana apa kalian pernah merasakan kurma beberapa jenis tadi?