Semua hal tentang bulan ramadan sepertinya memang bikin kangen. Nggak cuma amal ibadah yang dilipatgandakan pahalanya, tapi suasana hingga kulinernya memang punya ciri khas yang nggak bakal ditemuin hari-hari biasa. Kalau di Indonesia, ada makanan khas seperti Mie Glosor, Kolak, Ebetan, Bangka Kopyor dan masih banyak lainnya.

Nggak cuma di Indonesia, di negara-negara lain yang menganut agama islam juga punya kuliner khas yang cuma ada di bulan ramadan lho. Nggak kalah unik makanan dari negara kita, ini lho beberapa olahan di bulan ramadan yang menggiurkan.

Falooda dari Pakistan

Falooda, minuman khas ramadan [sumber gambar]
Pakistan adalah negara yang mayoritas warganya menganut agama islam. Sama seperti di Indonesia, Pakistan juga selalu menyambut bulan ramadan dengan suka cita. Selalu ada tradisi guna membuat bulan suci terasa lebih berkesan. Bukan hanya menambah amalan, tapi juga membuat kuliner istimewa. Salah satu hidangan unggulan negara Pakistan adalah Falooda. Falooda sendiri adalah minuman tradisional yang terbuat dari yogurt dan juga sirup mawar atau sirup yang lain. Minuman ini nggak cuma menyegarkan, tapi juga menyehatkan.

Bubur Lambuk dari Malaysia

Bubur Lambuk [sumber gambar]
Negara tetangga Indonesia ini juga punya kuliner khas ramadan yang nggak kelah sedaaap! Bubur Lambuk adalah salah satunya. Merupakan makanan lembut yang terbuat dari beras dan campuran daging sapi cincang dan lobak. Sebagian juga ada yang mencampurnya dengan udang kering. Yang membuat olahan ini makin mantul adalah bumbu-bumbu rempahnya, seperti jinten putih, bunga cengkeh, kulit kayu manis, dan sebagainya. Menu satu ini paling enak disajikan saat hangat. Cocok disantap saat sahur, maupun berbuka puasa.

Pao Mo dari Cina

Pao Mo [sumber gambar]
Cina merupakan negara yang didomonasi oleh penganut Tionghoa, namun penganut islam juga banyak banget. Di sana ada daerah yang khusus ditinggali oleh warga muslim, para pedagangnya juga hanya menjual makanan yang halal. Di bulan ramadan, sama seperti kita, Chna juga punya kuliner unggulan yang selalu menemani saat berbuka. Hidangan tersebut adalah Pao Mo,  sup daging yang rasanya bener-bener memanjakan lidah. Bahan dasar dari sup ini adalah daging domba atau sapi. Menu ini jadi favorit masyarakat karena bisa menghangatkan perut seusai berpuasa seharian.

Nombu Kanji dari India

Nombu Kanji [sumber gambar]
Prosentase penganut islam di India memang nggak sebanyak Hindu, tapi para muslim di sana tetap menyambut ramadan dengan meriah. India juga punya menu khas yang selalu ada di bulan ramadan. Menu tersebut adalah Nombu Kanji, yaitu bubur nasi dengan daging sapi atau domba, sayuran dan rempah khas India. Bubur ini memiliki tekstur yang lembut dan ringan sehingga mudah dicerna. Biasanya, bubur ini dibagikan secara gratis di masjid di wilayah Tamil Nadu dan Kerala.

Kofte dari Turki

Kofte [sumber gambar]
Kuliner ini terbuat dari rebusan daging kambing atau sapi, kemudian dibentuk menjadi bulatan yang disajikan dengan saus rempah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan roti lapis, juga salad. Saat bulan ramadan tiba, menu satu ini seolah jadi makanan yang wajib disantap untuk berbuka puasa. Menu ini memang penuh nutrisi ya, jadi cocok banget dimakan setelah berpuasa seharian.

BACA JUGA: Inilah Menu Puasa yang Wajib Eksis di Ramadan, Nggak Ada ini Rasanya Kurang

Dari beberapa menu khas dunia di atas, semua sangat menggugah selera ya. Tapi tentu di Indonesia juga banyak kuliner ramadan yang bikin ngiler. Bahkan tiap daerah pasti punya menu khas, kalau dari kota kalian apa yang paling istimewa?