Yang kita tahu, Indonesia tidak pernah terlibat dalam Perang Dunia II yang membuat dunia jadi berantakan khususnya di Eropa dan juga kawasan Asia. Saat perang terparah dalam sejarah ini terjadi, Indonesia masih masuk dalam jajahan dari Belanda sehingga negeri ini belum memiliki pasukan untuk berperang.

Meski belum menjadi negara dan masih menjadi jajahan dari Belanda. Ada beberapa orang dari negeri ini yang ternyata ikut dalam Perang Dunia II di Eropa. Mereka adalah 11 pelaut ulung uang diboyong oleh Belanda untuk membantu Sekutu dalam mengatasi kekacauan di Eropa. Berikut kisah pelaut Indonesia yang makamnya baru ditemukan lagi di Inggris.

Bekerja untuk Angkatan Laut Belanda

Tidak ada catatan jelas tentang motif 11 orang ini mau bergabung dengan sekutu di tahun 40-an. Namun, mereka bekerja sebagai seorang pelaut yang ulung dan sangat dikagumi oleh para tentara sekutu. Dalam menjalankan tugas, para pelaut ini melakukan tugasnya dengan baik untuk mendistribusikan makanan yang dipasok dari Amerika untuk tentara di Eropa.

SS Empire Howard [image source]
SS Empire Howard [image source]
Dengan sekuat tenaga, tentara ini menggunakan SS Empire Howard untuk mengangkut makanan yang sangat berharga itu. Dengan sekuat tenaga, mereka menjaga barang bawaannya agar tentara yang berperang tidak sampai mengalami kekurangan makanan dan akhirnya merugikan pasukan secara menyeluruh.

Meninggal dengan Mengenaskan Lalu Dikubur di Inggris

Pelaut yang diprediksi berasal dari Sumatra atau Bali ini akhirnya meninggal dunia usai menjalankan tugas. Keadaan dunia yang buruk serta menyebarnya banyak penyakit di lautan membuat mereka  mengalami gangguan pada tubuh. Kerja keras yang tidak dibarengi dengan asupan gizi yang tepat membuat mereka kekurangan vitamin B1 dan akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit di Liverpool.

Makam yang dilupakan [image source]
Makam yang dilupakan [image source]
Sayangnya, perawatan yang dilakukan di Rumah Sakit Walton tidak membuat mereka jadi sembuh. Serangan penyakit seperti TBC atau emphysema membuat tentara ini mengakhiri hidupnya dan dikubur di sekitar kawasan Liverpool. Setelah dikubur, 11 orang ini dilupakan hingga akhirnya ditemukan lagi setelah 70 tahun berlalu.

Ditemukan Kembali dan Diberi Batu Nisan

Kuburan ini ditemukan lagi pada tahun 2012 silam oleh seorang sejarawan yang penasaran dengan pelaut-pelaut di masa Perang Dunia II. Dari pencarian yang dilakukan, akhirnya ditemukan 11 makam pelaut yang semuanya adalah muslim dan berasal dari Indonesia. Mereka dibawa oleh Belanda untuk mengabdi saat Perang Dunia II.

Batu Nisan [image source]
Batu Nisan [image source]
Setelah ditemukan, pasukan dari Angkatan Laut Belanda melakukan penelitian di lapangan. Setelah dilakukan penyelidikan disimpulkan kalau makam itu adalah 11 pelaut muslim dari Indonesia. Mereka adalah orang berjasa pada Perang Dunia II bagi Inggris dan juga Belanda. Untuk menghormati perjuangan mereka di masa lalu, pemerintah Inggris dan Belanda memberikan nisan dan juga diadakan upacara secara Islam agar jasad yang dikubur bisa disempurnakan sesuai dengan syariat Islam.

Demikianlah kisah dari pelaut Indonesia yang ternyata pernah mengabdi untuk Perang Dunia II. Semoga mereka bisa tenang di alam sana dan semua jasa-jasa yang dilakukan bisa dibalas oleh Tuhan YME.