Mobil saat ini bukan lagi jadi sebuah kendaraan super mewah dan menjamur di jalanan. Bahkan saat ini banyak mobil-mobil yang dijual dengan harga yang lumayan murah, tidak sampai seratus juta. Alhasil bukan hal yang aneh kalau mobil mudah sekali buat didapatkan saat ini. Apalagi sudah ada yang memberikan sistem kredit bagi yang berminat.

Bicara soal mobil yang makin menjamur, ternyata ada loh sebuah kota yang di jalanannya mobil dilarang eksis. Ya meskipun masuk daerah maju di luar sana, namun hukum ini masih ditetapkan sejak dulu hingga sekarang. Lalu di manakah daerah tanpa mobil itu? Simak ulasan berikut.

Sudah melarang adanya mobil di kota sejak dulu

Mungkin tidak terbayang oleh kita jika sebuah kota tanpa mobil bisa eksis di zaman ini. Namun siapa sangka kalau hal itu benar adanya. Tepatnya di kota Pontevedra, Spanyol memang pemandangan seperti itulah yang selama ini ditemui di jalanan-jalanan di sana.

Daerah tanpa mobil [sumber gambar]
Bahkan hal ini ternyata sudah dilakukan bahkan sejak tahun 1999 dan terus berlanjut hingga sekarang. Awalnya, kurang lebih ada sekitar 19 ribu mobil yang melewati kota Pontevedra namun lama kelamaan semua dikikis oleh hukum yang diberlakukan oleh pemerintah setempat. Alhasil sampai saat ini kota ini jadi tempat yang sama sekali tidak ditemui mobil di jalanannya.

Semua dilakukan untuk menangani problem di sana

Bukan tanpa alasan semua itu dilakukan, namun memang adanya banyak masalah yang dihadapi. Mulai dari angka kecelakaan yang lumayan sering terjadi hingga kemacetan yang selalu ditemui di pagi hari. Bayangkan saja dengan keadaan yang tidak terlalu besar itu ada 19 mobil yang berseliweran.

Banyak problem jadi alasan [sumber gambar]
Bahkan orang-orang di sana mengatakan kalau lebih sering melihat mobil dari pada manusianya. Oleh sebab itu Lores sang Walikota waktu itu menerapkan hukum yang tak biasa dengan menstop keberadaan mobil di kotanya. Dan benar kalau masalah yang ada di kota Pontevedra itu hilang dan keadaan di sana jadi ramah lingkungan.

Bukan benar-benar bersih dari mobil, namun ada pengecualian

Meskipun hukum yang diterapkan membuat jalanan yang ada di sana benar-benar bersih dari mobil, namun sejatinya ada beberapa pengecualian. Hal ini tidak terlepas dari keadaan mendesak atau kegiatan seremonial yang memang tidak mungkin lepas dari kendaraan.

Beberapa mobil masih diperbolehkan [sumber gambar]
Semisal adanya acara pernikahan atau upacara pemakaman yang tentunya harus menggunakan mobil. Belum lagi adanya jasa pemadam kebakaran atau kebutuhan penting lainnya yang wajib melakukan gerak cepat. Di Pontevedra juga ada zona bebas dimana mobil bisa dipergunakan, akan tetapi tentu jumlahnya sangat sedikit dan mesti ada alasan yang kuat jika benar ingin menggunakan mobil.

Menjadi kota indah yang diidamkan banyak orang

Perubahan yang terjadi pada Pontevedra sepertinya benar-benar mengubah citra dari kota itu. Bagaimana tidak, selain angka kecelakaan yang sangat minim terjadi di sana, ternyata kadar oksigen juga menjadi sangat baik. Itu sebabnya kota ini selalu jadi tujuan utama para wisatawan dari berbagai negara.

Kota yang selalu laris [sumber gambar]
Tidak hanya itu penelitian juga membuktikan kalau warga kota Pontevedra juga lebih sehat ketimbang yang lain. Hal ini lantaran banyak warganya yang mulai aktif kembali berjalan kaki ketimbang memakai kendaraan. jadi bukan hal yang aneh kalau penduduk di sana meningkat jadi 12000 jiwa.

Adanya kota tanpa mobil ini mungkin bisa saja jadi solusi buat Indonesia. Mengingat negara kita juga mengalami kendala yang sama, baik polusi, kepadatan di jalan hingga tingginya angka kecelakaan. Namun tentunya mesti ada kerja sama atas semua pihak agar berhasil.