Perubahan memang harus dilakukan manusia untuk tetap maju, walaupun harus ekstrim seperti pindah tempat tinggal dan juga meninggalkan orang-orang tersayang. Apalagi beberapa bulan atau bahkan tahun terakhir ini keadaan di Indonesia lama-lama semakin absurd, mulai dari konflik politik sampai apa yang kamu baca di layar hape adalah hoax yang semakin merajalela.

Keinginan untuk pindah pun mungkin pernah kamu pikirkan, tapi kalau ingin pindah ke sampai ke luar negeri gimana ya? Mulai dari urusan perijinan sampai biaya pasti jadi faktor yang nggak bisa diremehkan begitu saja. Namun bukan berarti tinggal impian saja nih kalau kamu ingin tinggal di luar negeri! Banyak juga negara yang justru siap menanggung biayamu untuk tinggal disana. Bahkan ada juga yang siap menanggung biaya anak-anakmu nanti jika kamu berkeluarga disana. Langsung berangkaat!

Kota Ponga, Spanyol

Nggak nyangka deh kota seindah ini nggak banyak yang mau tinggal! [Sumber Gambar]
Nggak bisa dipungkiri keindahan Spanyol memang menakjubkan, apalagi ketika cerah dan kamu berada di kawasan yang hijau, wah pasti betah banget deh dengan suasananya. Walaupun keadaan kota ini begitu indah, jumlah orang yang ada di kota ini nggak sampai 1000 jiwa! Nah untuk mengatasi permasalahan ini, pemerintah mempunyai program khusus agar ada orang yang mau pindah kesana. Mereka akan membayar pasangan yang memutuskan untuk pindah ke Ponga sebesar 3000 Euro dan jika sudah mempunyai anak, akan ditambahkan 3000 Euro lagi.

Kota Candela, Italia

Terletak bersebelahan dengan laut yang tenang, Candela banyak jadi tujuan wisata [Sumber Gambar]
Bangunan yang indah sebagai bentuk peninggalan sejarah tidak hanya menjadi warisan suatu kota yang harus dijaga, ia bisa menjadi salah satu kawasan yang mengundang banyak kedatangan turis. Salah satu kota yang punya bangunan-bangunan saksi sejarah ini adalah Candela yang ada di Italia. Namun siapa sangka dibalik keindahannya, kota ini terancam mati suri karena penduduknya yang mulai menua dan tidak banyak generasi baru yang muncul. Khawatir tidak ada generasi penerus yang bisa menempati Candela, pemerintah mengadakan program pembiayaan bagi keluarga maupun single! Biaya yang akan di-cover oleh pemerintah berkisar antara 800-2000 Euro per bulannya. Siapa yang nggak mau ya?

Provinsi Saskatchewan, Kanada

Dingin sih, tapi pemandangannya tetap indah kok! [Sumber Gambar]
Ada pepatah yang bilang kalau dalam menuntut ilmu harus sampai ke negeri Cina, namun ternyata kini kamu bisa sampai ke Kanada juga lho! Salah satu provinsi yang ada di bagian barat negara ini membuka kesempatan untuk kamu yang sudah menyelesaikan studi di perguruan tinggi yang ada di Kanada untuk tetap tinggal sambil digaji. Nggak hanya dapat pekerjaan langsung, tapi kamu juga bisa hidup tanpa bayar pajak dengan nilai hingga 20.000 dollar lho. Dengan cuacanya yang cenderung dingin setiap saat, kira-kira kalau orang Indonesia pindah kesana bakalan tahan ga ya?

Denmark

Indah, tenang dan ekonomi yang stabil. Nggak salah kalau Denmark adalah salah satu kota yang penduduknya paling bahagia! [Sumber Gambar]
Negara yang sat ini sering dinobatkan sebagai salah satu tempat dimana penduduknya jadi yang paling bahagia ini ternyata juga nggak pelit lho sama negara penduduk lainnya. Kali ini Denmark membuka kesempatan untuk pengusaha dari seluruh dunia untuk pindah lokasi ke negara ini. Dengan memindahkan tempat usahamu, nggak hanya dapat akses ke market yang lebih besar kamu juga bisa mendapatkan biaya kesehatan gratis! Waah, kira-kira kapan ya Indonesia bisa murah hati seperti ini?

Kota Tulsa, Oklahoma – Amerika Serikat

Amerika Serikat juga bisa berbaik hati lho melalui program ini! [Sumber Gambar]
Tentu nggak ada yang mau melihat kota yang ditinggali menjadi ‘mati’ tanpa adanya seniman ataupun para pengusaha muda yang bisa membuat hidup lebih dinamis dan secara ekonomi juga lebih meningkat. Hal ini yang menjadikan salah satu negara bagian di Amerika Serikat siap memberikan USD 10.000 untuk pindah ke Tulsa, terutama jika kamu adalah seorang seniman yang aktif berkarya. Nggak hanya itu kamu juga bisa mendapatkan kartu member hingga senilai USD 1.800, diskon ketika memilih apartemen dan juga diberikan kantor!

Mauritius, Afrika Timur

Beneran nih bagaikan surga banget kalo bisa tinggal di tempat ini! [Sumber Gambar]
Punya impian tinggal di salah satu pulau paling eksotis di bumi? Kalau iya, artinya kamu jangan sampai melewatkan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah pulau Mauritius yang ada di Afrika Timur. Pulau yang dikenal dengan pantai-pantainya yang memesona ini bisa kamu huni sekaligus bisa menjadi tempatmu mendirikan usaha apapun! Mulai dari bidang teknologi, keuangan sampai bisnis lain bisa dijalankan, apalagi kamu akan mendapatkan modal sebesar 20.000 Mauritian Rupees.

Alaska, Amerika Serikat

Walaupun dingin, tapi kalau dibayarin untuk tinggal disini sih nggak masalah! [Sumber Gambar]
Siapa bilang Alaska hanya terkenal karena iklim dan cuacanya yang selalu dingin? Atau karena banyaknya taman nasional dengan pemandangan yang menakjubkan? Selain itu semua, Alaska juga menjadi salah satu negara bagian Amerika Serikat yang paling kaya lho! Bahkan pemerintah disana ‘membagikan’ uang pada penduduk ya sampai 2.000 Dollar USD setiap tahun tanpa syarat! Untuk kamu yang ingin ikutan program ini juga bisa asalkan kamu mau tinggal disana dan pada 180 hari pertama tidak melakukan pelanggaran hukum dalam bentuk apapun. Hmmm ada yang tertarik?

Desa Mishima, Jepang

Inilah salah satu taman nasional yang ada di desan Mishima! [Sumber Gambar]
Jepang adalah salah satu negara yang paling banyak ingin dikunjungi, mulai dari tren-trennya yang aneh dan juga karena teknologi yang berkembang pesat, filosofi hidup ala orang Jepang juga banyak dijadikan panutan. Apalagi etos kerja yang tinggi banyak menuntut orang Jepang untuk selalu kerja keras akibatnya lebih banyak anak muda yang lebih memilih single. Namun salah satu desa yang ada di Jepang yakni Mishima mencoba untuk menarik orang lain untuk kencan dan tinggal di desa mereka tanpa biaya. Jika kamu sampai punya anak disana, nggak usah khawatir tentang biaya apapun, karena pemerintah yang akan menanggungnya. Kamu juga bisa dapat sapi gratis lho!

BACA JUGA: 5 Kota Paling Sepi di Dunia yang Mungkin Kamu Tertarik untuk Jadi Satu-Satunya Penduduk di Sana

Bisa punya kesempatan untuk pindah ke daerah baru, punya pengalaman baru dan tentu mendapatkan penghasilan tambahan adalah impian untuk sebagian besar orang. Jika kamu adalah salah satu diantara orang-orang ini tentu jika ada kesempatan nggak boleh dilewatkan ya! Namun apakah kamu rela meninggalkan Indonesia untuk tinggal di negara lain? Walaupun punya masalah yang banyak dan kompleks, kira-kira bisa nggak move on ke negeri orang? Share komentarmu di kolom komentar, yuk!