Baru-baru ini sebuah situs perbankan bernama GoBankingRates merilis daftar negara-negara dengan biaya hidup paling murah sedunia. Di peringkat pertama ada Afrika Selatan dengan biaya hidup sekitar $400 sebulan. $400 sendiri sekitar Rp 5,2 juta, dan ini katanya belum termasuk sewa tempat tinggal. Bisa sih dibilang murah, tapi kalau untuk ukuran orang Indonesia jumlah ini masih terbilang mahal.

Baca Juga :5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

Biaya hidup di Indonesia, khususnya kota-kota tertentu, memang sangat murah. Bahkan boleh dibilang termurah di dunia. Ambil contoh di Malang, biaya hidup di sini sangat murah. Makan sebulan mungkin hanya sejutaan plus kos Rp 500 ribu. Tak sampai Rp 2 jutaan hidup di sini bisa adem ayem. Bahkan kalau bisa ngirit dan jeli, biayanya bisa ditekan lagi sampai sejutaan per bulan. Enak, kan?

Artikel Lainnya
70 Tahun Berada dalam Konflik, Ini Momen Bersejarah Saat Korea Mengusung Bendera Persatuan
Heboh Jokowi Freestyle Naik Moge, Inilah Fakta Stuntman yang Asyik Sekaligus Uji Nyali

Tak cuma Malang, masih banyak kota lain di Indonesia yang biaya hidupnya murah sekali. Berikut ulasannya.

1. Hidup Super Murah di Yogyakarta

Yogyakarta identik dengan biaya hidup yang murah. Percaya atau tidak, di sini kita bisa hidup dengan Rp 1-1,5 juta saja per bulannya. Makanan di sini murah-murah dan enak. Belum lagi biaya sewa kosnya juga sangat terjangkau. Apalagi kalau bisa ngirit, kita bisa hemat beberapa ratus ribu.

Yogyakarta [Image Source]
Yogyakarta [Image Source]
Meskipun murah, Yogyakarta sama sekali tidak murahan. Banyak hal-hal keren yang hanya ada di sini. Misalnya pemandangan Malioboro yang bikin kangen itu, atau mungkin gadis-gadisnya yang pemalu tapi ramah. Yogyakarta sangat sempurna untuk ditinggali pokoknya.

2. Tinggal di Solo Bisa Bikin Dompet Adem

Selain Yogyakarta, Solo juga dikenal akan biaya hidup yang murah. Menurut orang-orang yang sudah pernah tinggal di sana, sebulan mereka hanya butuh sekitar Rp 1,5 jutaan saja. Ini sudah termasuk makan selama sebulan dan juga tempat tinggal.

Solo [Image Source]
Solo [Image Source]
Di Solo harga makanan memang murah-murah. Kita masih bisa menemukan nasi bungkus yang uenak dengan harga Rp 5 ribuan. Tempat tinggal pun sama, asal pintar nego kita bisa dapatkan yang sangat murah. Tidak hanya tentang biaya hidup murah, di Solo kita juga bisa mendapatkan banyak hal asyik. Entah itu dengan mengunjungi Keraton Surakarta atau mendinginkan badan di Pandawa Water Park.

3. Cirebon dan Nasi Kucingnya Seharga Rp 1500

Cirebon adalah kota yang ramah perantau. Alasannya sama seperti deretan kota-kota di daftar ini. Ya, biaya hidupnya yang sangat murah. Percaya atau tidak percaya, dengan uang Rp 1 juta, kita bisa hidup cukup aman di sini. Paling enak di sini adalah biaya makannya yang super terjangkau. Memang ada makanan-makanan mahal, tapi yang murah juga banyak bertebaran. Termasuk nasi kucing yang harganya masih Rp 1500-an itu.

Cirebon [Image Source]
Cirebon [Image Source]
Meskipun berbiaya hidup murah, kota ini nampaknya masih belum begitu banyak diminati. Entah apa alasannya, padahal Cirebon bertaburan tempat-tempat eksotis. Mulai dari Desa Wisata Cikalahang, Keraton-Keraton, sampai Banyu Panas Palimanan.

4. Sibolga, Satu-Satunya Kota Luar Jawa yang Murah

Tidak seperti Jawa, mayoritas kota-kota di provinsi lain dikatakan punya biaya hidup yang tinggi. Misalnya saja di Batam, kota yang ada Kepulauan Riau ini punya biaya hidup yang melangit sampai Rp 6,3 jutaan per bulannya. Meskipun identik dengan mahal, tapi ada satu kota di luar Jawa yang biaya hidupnya juga murah sekali. Kota ini adalah Sibolga.

Sibolga [Image Source]
Sibolga [Image Source]
Biaya hidup di sini sangat murah. Dalam sebulan biaya yang dikeluarkan takkan lebih dari Rp 1,5 jutaan. Bahkan bisa turun lebih murah lagi kalau kita pintar atur siasat. Enaknya Sibolga selain murahnya adalah pemandangannya yang oke. Kota ini punya pantai yang indah serta dipadu gunung-gunung yang menawan. Murah dan eksotis, itulah Sibolga.

5. Purwokerto, Biaya Hidup Murah dan Tempat Wisata Melimpah

Kota terakhir dengan biaya hidup paling murah se-Indonesia adalah Purwokerto. Kota yang ada di Jawa Tengah ini memang serba murah, apa-apa terjangkau mulai makanan sampai tempat tinggal. Hanya dengan Rp 1 jutaan kita bisa hidup aman di sini. Namun, poin plus Purwokerto bukan hanya murahnya biaya hidup saja, tapi juga deretan wisata yang oke punya.

Baturraden, Purwokerto [Image Source]
Baturraden, Purwokerto [Image Source]
Ada banyak sekali wisata di Purwokerto yang rata-rata juga murah dan bisa dijangkau dengan mudah. Misalnya Baturaden yang hanya berjarak 15 menit saja dari pusat kota. Atau mau yang segar-segar kita bisa mampir ke Telaga Sunyi atau Pancuran 7-nya. Masih ada banyak lagi tempat lain yang bisa bikin kita betah di sini.

Baca Juga :

Inilah deretan kota-kota dengan biaya hidup paling murah di Indonesia. Nah, setelah tahu tentang fakta ini, lalu bagaimana dengan kota-kota paling mahal di Indonesia? Menurut BPS kota yang paling bikin dompet jebol adalah Ibukota alias Jakarta. Percaya atau tidak, biaya sebulan di kota ini bisa mencapai Rp 7,5 juta. Berkali-kali lipat dari deretan kota di atas.