6 Kota Biasa Yang Menjelma Jadi Tempat Mengagumkan di Dunia

oleh titi
06:45 AM on May 17, 2015

Beberapa tahun terakhir banyak bermunculan destinasi wisata di dunia. Bahkan dari tempat-tempat ini menawarkan paket wisata dengan keindahaan alam yang di miliki. Meski begitu, Destinasi tersebut memiliki cerita sendiri dalam perkembangannya.

Seperti Dubai, Pantai Selatan dan Benidorm yang semula berasal dari kota miskin namun berubah menjadi lokasi wisata yang menakjubkan dunia. Berikut ini Boombastis sajikan beberapa evolusi tempat wisata dunia yang dramatis dari kota miskin hingga menjadi kota dengan banyak wisatawan

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Dubai

Merupakan salah satu dari emirat di UEA yang menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan negara dari sektor non migas. Selain itu Dubai juga memiliki ribuan pengunjung pertahunnya serta menjadi pusat perdagangan dunia di Timur Tengah dengan fasilitas modern.

Dubai merupakan tempat paling stabil dengan kemilau perkembangan metropolitan yang menyenangkan. Banyak gedung pencakar langit dan bangunan modern terbangun cukup harmonis dengan lingkungan.

Evolusi wisata Dubai
Evolusi wisata Dubai [Image Source]
Tak heran jika UEA kini menjadi negara terkaya di dunia, namun jika menilik tahun 1833-an, Dubai yang saat ini menjadi kota terpadat di UEA hanyalah sebuah pantai utara semenanjung arab yang menjadi tempat perdagangan ikan, mutiara, dan hasil laut lainnya. Baru ketika tahun 1966 ditemukannya ladang minyak dan pemerintah memanfaatkan pendapatan penjualan minyak untuk infrastruktur hingga Dubai menjadi tempat wisata yang menakjubkan.

2. Benidorm

Benidorm ini adalah kota yang terletak di pantai Laut Tengah Spanyol. Benidorm menjadi tujuan wisata terkenal di Eropa dengan sejumlah hotel dan gedung pencakar langit sebagai sarana penarik wisatawan. Bahkan kota yang berpenduduk 65 ribu orang ini dapat dikunjungi sekitar 500 ribu orang ketika musim panas.

Evolusi wisata benidorm
Evolusi wisata benidorm [Image Source]
Hampir sama dengan Dubai, Benidorm dulunya merupakan desa nelayan yang sangat kecil. Sebelum menjadi kota wisata pada tahun 1960-an, Benidorm hanyalah sebuah desa dengan penduduk sebagai nelayan dan petani. Selain itu pendapatan kota yang sekarang dijuluki ‘Little New York’ ini hanya berasal dari pertanian tradisional.

Meski demikian, Benidorm kini menjadi salah satu kota yang menjelma jadi sangat modern dan dinamis.

3. Torremolinos

Selain Benidorm, Torremolinos juga merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan dominasi turis disini berasal dari Inggris dan Irlandia. Torremolinos juga terkenal kehidupan malam yang gemerlap dengan adanya berbagai bar dan klub malam.

Evolusi wisata Torremolinos
Evolusi wisata Torremolinos [Image Source]
Dan memiliki cerita yang sama, Torremolinos sekitar tahun 1960 bukanlah destinasi seperti saat ini. Namun destinasi ini hanyalah desa nelayan kecil dan sebagian besar penduduk setempat hidup dari memancing. Bahkan tempat minum pun jarang ditemukan.

4. Pantai Selatan di Miami

Amerika Serikat memang punya cara tersendiri untuk memperluas lokasi tepi pantai menjadi resor-resor ternama. Namun banyaknya resor ini merupakan bentukan pengusaha individu. Dan hasilnya bukan main, banyak wisatawan yang tersihir dengan adanya Fairy Land buatan John dan James Lummus.

Evolusi wisata Pantai Selatan
Evolusi wisata Pantai Selatan [Image Source]
Sepanjang pantai ini dahulunya merupakan lahan pertanian yang subur namun tidak produktif. Sehingga banyak pemuda yang bekerja ke luar kota. Ketika sektor pariwisata booming dan di bentuknya Fairy Land, pantai ini memiliki pendapatan berlipat-lipat dan mendatangkan banyak wisatawan. Bahkan warga yang tinggal dekat pantai hampir mencapai 90.000 penduduk.

5. Punta del Este

Resort pantai terkenal di Uruguay adalah Punta Del Este. Sekitar tahun 1951 pantai ini sudah memiliki pemandangan menakjubkan bagi para wisatawan. Namun fasilitas yang ada kurang terpenuhi dengan sedikitnya rumah liburan. Adapun rumah liburan ini kecil-kecil.

Evolusi wisata Punta Del Este
Evolusi wisata Punta Del Este [Image Source]
Setelah beberapa tahun, evolusi tempat ini cukup dramatis. Tempat ini menjadi resor yang paling berpengaruh, ada sekitar 125 apartemen yang dibangun di sekitar pantai dan memiliki gedung pencakar langit.

6.Pantai Qingdao

China juga ikut serta mengembangkan kawasan wisatanya. Salah satu pantai yang mengalami perubahan terbesar adalah Pantai Qingdao yang terletak di provinci Shandong. Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya adalah pekerja yang meluangkan waktu untuk beristirahat.

Evolusi wisata Pantai Qingdao
Evolusi wisata Pantai Qingdao [Image Source]
Pantai yang terkenal dengan pasir halus dan air yang tenang ini dulunya sangat sepi pengunjung. Namun dari tahun ke tahun pantai ini menjadi lokasi populer pada musim liburan.

Sedikit berbeda dengan kota lainnya, di sini kunjungan orang dipengaruhi oleh makin banyaknya penduduk di China. Pemandangan pantai yang menyemut ini bisa dijumpai pula di beberapa pantai lainnya di negeri tirai bambu itu.

Batu yang digosok terus memang akan menjadi permata. Begitupun dengan potensi-potensi kota-kota ini. Apalagi dengan fasilitas modern yang ditawarkan pasti banyak wisatawan yang berdatangan. Dari sebuah kota miskin dengan penghasilan rendah berubah menjadi destinasi yang menakjubkan.

Namun semoga manusia tetap bisa harmonis dengan alam. Pembangunan seharusnya juga membangun kesadaran manusia akan lingkungan, tidak hanya memanfaatkan dan menghabiskannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
BACA JUGA