in

Korea Utara dan Korea Selatan dari Luar Angkasa, Bedanya Sangat Nyata!

Kita sangat mengenal Korea Selatan sebagai negara penghasil produk seni yang sangat hebat. Salah satu gebrakan hebat yang dilakukan oleh Korea Selatan adalah dengan membuat sebuah gelombang besar yang disebut Hallyu. Gelombang budaya ini menyebar dengan sangat cepat ke seluruh negara di Asia, bahkan Amerika dan Eropa. Indonesia adalah salah satu negara potensial dalam penyebaran Hallyu. Buktinya? Kita lihat saja berapa banyak anak muda yang menggemari Drama Korea Selatan dan juga musiknya. Banyak!

Seoul di malam hari  [image source]
Seoul di malam hari [image source]
Lalu mengenai Korea Utara. Hmm, tak banyak yang kita tahu tentang negara yang masih satu kerabat dengan Korea Selatan ini. Negara yang sama-sama terletak di semenanjung Korea ini dikenal sangat tertutup dalam segala hal. Bahkan orang lebih banyak mengenal Korea Utara sebagai salah satu negara mengerikan. Akan berwisata ke Korea Utara sama halnya menyetor nyawa. Terlebih pemimpinnya yang bernama Kim Jong-un dikenal sangat otoriter dan kerap mengeksekusi mati siapa pun yang ia anggap salah.

Pyongyang  [image source]
Pyongyang [image source]
Dari sektor pariwisata dan kreatif sudah terlihat perbedaan yang sangat besar antara Korea Utara dan Korea Selatan. Korea Utara hampir tidak terdengar aktor atau filmnya keluar negeri, sedangkan Korea Selatan bagaikan jamur di musim semi. Banyak sekali! Kemajuan di Korea Utara seperti mandek dan tidak berjalan, terlebih di bawah kepemimpian diktator Kim Jong-un.

Satu hal lagi yang dapat dibandingkan dari Korea Utara dan Korea Selatan. Bahkan perbedaannya sangat nyata. Ya, sesuai dengan judul artikel ini. Perbedaan dari luar angkasa yang ditangkap oleh salah satu pesawat milik NASA. Dari video yang dirilis kita akan tahu bagaimana gemerlapnya dunia Korea Selatan, dan bagaimana gelap dan mencekamnya dunia di bawah kepemimpinan Kim Jong-Un.

https://youtu.be/CVV3R6vpjV8

Bahkan Pyongyang yang merupakan ibu kota dari Korea Utara nampak seperti sebuah pulau di tengah laut. Hanya terang sedikit namun di kelilingi oleh daratan super gelap. Bahkan Seoul yang terletak beberapa puluh mil dari perbatasan nampak sangat bersinar. Dari luar angkasa, Korea Utara nampak mengenaskan, seperti negara mati yang tinggal jutaan penduduknya.

Ternyata Korea Utara sedang mengalami krisis energi hingga membuat negaranya harus berhemat habis-habisan. Hal ini membuat negara harus mengatur penggunaan listrik kepada setiap penduduknya. Sedangkan Korea Selatan, negara dengan segudang hiburan ini seperti bergelimang listrik hingga membuat negara ini selalu menyala setiap saat.

Korea Utara vs Korea Selatan [image source]
Korea Utara vs Korea Selatan [image source]
Setiap penduduk di Korea Selatan dalam satu tahun menghabiskan listrik sebesar 10.162 kilowatt hours. Sedangkan penduduk di Korea utara hanya menghabiskan 739 kilowatt hours pertahun. Bayangkan perbedaan yang sangat banyak antara konsumsi listriknya. Kebutuhan listrik satu orang di Korea Selatan dapat digunakan hingga 14 orang di Korea Selatan.

Well, semoga anak-anak di Korea Utara dapat belajar dengan baik di tengah krisis listrik yang menghantui negara mereka. Lalu di Indonesia, kita harus hemat listrik ya, jangan sampai kita bernasib sama dengan Korea Utara. Ngeri!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Al Walid, Si Pangeran yang Kaya Raya karena Usahanya Sendiri

10 Kasus Karma Ular, Mati Justru Karena Menelan Mangsanya Sendiri