Setelah instagram, YouTube adalah media hiburan lain yang bisa dikatakan sedang berada di puncak kejayaannya. Pasalnya, pengguna YouTube semakin hari semakin banyak. Dari waktu ke waktu konten yang dibahas juga beragam. Kalau dulu mungkin tak jauh dari daily vlog, prank, kulineran, mukbang dll.

Sekarang, sudah banyak orang yang membuat konten ASMR, paranormal experience, serta mungkin konten ala detektif yang membahas masalah tertentu yang sedang viral dan banyak dibicarakan oleh netizen. Konten yang membahas tentang misteri-misteri tertentu ini sekarang mulai banyak disenangi. Menyusul paranormal experience yang sudah punya pasar sendiri, beginilah kira-kira alasan mengapa konten ala detektif banyak disukai oleh netizen.

Banyak orang penasaran

Jika ada kasus yang sedang terjadi, pasti rasa yang pertama muncul adalah penasaran dan ingin tau apa yang sebenarnya terjadi. Contoh saja, video Kate Yup –YouTuber mukbang yang konon disiksa untuk terus membuat video. Unggahan Kate Yup viral karena banyak orang yang bilang jika ia disiksa, bisa dilihat dari beberapa bagian tubuh yang memar.

Di dalam videonya pun ada beberapa sign atau isyarat yang mengatakan bahwa Kate secara tidak langsung meminta bantuan kepada para subscribernya. Karena sifat netizen yang suka kepo dan ingin tau inilah mereka terus mencari video dengan bahasan serupa. Alhasil, melihat dan menonton video ala-ala detektif memang membuat rasa penasaran terbayar. Namun di sisi lain, seseorang akan terus mencari video yang sama untuk kembali ditonton.

Unik dan tidak banyak dibahas

Tak banyak loh, YouTuber yang mau membahas kasus misteri yang tidak terpecahkan. Di Indonesia sendiri mungkin ada Yuvi Phan, Nessie Judge, atau Aldo dan Soni. Sedangkan channel yang pasti hampir semua orang tau adalah Buzzfeed: Unsolved Network, di mana segala permasalahan yang tak pernah terpecahkan atau menyimpan misteri dibahas di sini.

Nah, selain itu mengapa tidak banyak YouTuber yang mau mengulas konten ini? Karena, menyelidiki masalah tertentu butuh waktu yang lama. Mereka harus menghubungkan satu kejadian dengan kejadian yang lain. Atau mungkin juga mereka harus mempelajari sejarah. Banyak dari misteri tak terpecahkan ini juga berasal dari luar negeri, sehingga dibutuhkan kemampuan bahasa yang mumpuni untuk bisa mengerti apa yang sedang terjadi.

Tampak lebih pintar setelah mengerti duduk masalah satu kasus

Nah, yang terakhir adalah perasaan para netizen setelah menonton video tersebut. Memilih untuk menonton video bergenre misteri rasanya memang agak berat, karena kita diharuskan ‘mikir’ dan mengaitkan satu kejadian dengan yang lain.

Nah, sudah pasti dong, mereka yang senang menonton channel-channel misteri dan bahasan ala detektif akan merasa satu langkah lebih tau dan lebih pintar daripada mereka yang hanya mantengin video vlog-vlog keseharian seleb. Makanya, tak rugi sama sekali saat kamu memutuskan menonton video yang membahas unsolved tragedy.

BACA JUGA: KKN Desa Penari, Cerita Horror yang Sedang Diperbincangkan Banyak Orang

Bagaimana, apakah kamu salah satu penikmat bahasan-bahasan di atas? Memang sih agak berat dan beberapa creepy, tapi dengan begitu akan ada banyak sekali hal yang kamu dapatkan dari bahasan tersebut.