10 Teori Konspirasi Keji Amerika yang Terungkap Kebenarannya

oleh Norman Duarte
03:00 AM on Nov 7, 2015

Banyak kejadian yang dianggap sebagai teori konspirasi oleh masyarakat karena kejadian-kejadian ini terlalu liar untuk dipercaya, atau jika teori-teori ini benar, terlalu memalukan dan mengejutkan untuk memahami.

Kadang-kadang teori-teori ini menyebar seperti api karena terdengar begitu gila, tapi sebuah penelitian terbaru oleh para ilmuwan politik Eric Oliver dan Thomas Wood menunjukkan bahwa 50% orang Amerika percaya pada setidaknya satu teori konspirasi.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Meskipun dianggap hanya  teori belaka, beberapa teori konspirasi ini berakhir menjadi benar. Berikut ini sepuluh dari teori-teori itu, dan ternyata bukanlah isapan jempol dari imajinasi seseorang.

1. CIA Membayar Saksi-Saksi Palsu

Pada tahun 1990, seorang gadis Kuwait berusia 15 tahun, Nayirah al-Sabah, bersaksi di depan pemerintah dan pengadilan AS bahwa dia telah menyaksikan sendiri tentara Irak melakukan hal-hal yang mengerikan terhadap bayi-bayi di Kuwait.

CIA Membayar Saksi-Saksi Palsu
CIA Membayar Saksi-Saksi Palsu [imagesource]
Kesaksiannya membantu meyakinkan publik Amerika bahwa penyerangan militer terhadap Irak dibenarkan. CIA begitu bertekad dalam hal ini sehingga mereka bahkan membayar Sabah untuk mengambil kelas akting dalam persiapan untuk kebohongannya. ‘kerja keras’ ini terbukti sukses, ketika pada tahun 1991 AS meluncurkan ‘Operasi Badai Gurun’ terhadap Irak.

Pada tahun berikutnya, seorang wartawan cerdas mengemukakan teori konspirasi tentang kesaksian ini. Dia akhirnya menemukan kebenaran dan bersaksi bahwa CIA membayar dan mengatur saksi-saksi. Membuktikan bahwa teori konspirasinya benar selama ini.

2. Watergate

Ketika pejabat dari partai Republican pertama kali dituduh memata-matai Markas Nasional partai Democrat pada tahun 1972, masyarakat enggan untuk percaya hal ini benar-benar nyata. Ternyata, hal itu benar. Pada tahun 1974 rekaman audio ditemukan membuktikan bahwa  Presiden Nixon tahu apa yang sedang terjadi.

Presiden Nixon
Presiden Nixon [imagesource]
Dan apa sebenarnya yang terjadi? pejabat Partai Republican memutuskan untuk menyadap Markas Nasional partai Democrat dan kemudian mengintai dari dekat di Watergate Hotel. Skandal ini mengguncang dunia, karena mengakibatkan Presiden Nixon menjadi presiden pertama dalam sejarah AS untuk mundur dari jabatannya.

Rekaman audio ini pun mengungkapkan berbagai macam skandal seperti pengaturan undang-undang yang sangat merugikan rakyat dalam masalah kesehatan, pendidikan, dll.

3. CIA Menyelundupkan Kokain

Ketika wartawan pemenang Pulitzer Prize Award bernama Gary Webb menerbitkan seri investigasinya yang berjudul ‘Dark Alliance’ (Aliansi Gelap) pada bulan Agustus 1996, hal ini  memicu pembicaraan yang sangat penting. Laporannya terkait dugaan CIA yang terlibat dengan geng jalanan dan transaksi narkoba dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan finansial. Investigasi Webb mengklaim bahwa CIA telah menyelundupkan kokain ke beberapa pasukan Contra sehingga bisa mengambil laba.

Garry Webb
Garry Webb [imagesource]
Ketika akhirnya Inspektur CIA Jenderal Frederick Hitz mengakui hal ini, tiba-tiba muncul kasus skandal Monica Lewinsky yang akhirnya ‘menutup’ kejelasan kasus CIA itu. Pada tahun 2004, Gary Webb ditemukan ditembak di kepala dua kali, dan polisi mengatakan kejadian  itu sebagai bunuh diri.

4. Tuskegee Syphilis Study

Pada tahun 1997, Presiden Bill Clinton meminta maaf kepada para korban atas kejadian mengerikan yang dikenal dengan nama ‘Tuskegee Syphilis Study’. Karena studi ini, 600 orang kulit hitam Amerika dan keluarga mereka hancur oleh sifilis, dimulai pada tahun 1932. Kepala Dinas Kesehatan (PHS) ingin melihat bagaimana penyakit sifilis mempengaruhi pria kulit hitam di Amerika.

Pria kulit hitam di Amerika sengaja disuntikkan Sifillis
Pria kulit hitam di Amerika sengaja disuntikkan Sifillis [imagesource]
Ketika orang-orang ini sengaja disuntik sifilis dan dinyatakan positif, PHS menyembunyikan informasi ini dari mereka dan menarik semua  pengobatan terhadap mereka.  Akibatnya, ratusan orang kehilangan nyawa mereka karena sifilis.

Hal ini baru ketahuan saat 250 orang mendaftar dalam Perang Dunia II dan menjalani tes kesehatan. Namun, PHS tetap tidak mau mengobati mereka. Sampai Clinton berbicara tentang studi ini, sebelumnya dianggap sebagai  teori konspirasi oleh banyak orang, karena dianggap hal seperti itu sangat luar biasa bejat.

5. Insiden Teluk Tonkin

Presiden Lyndon Johnson mengatakan kepada publik bahwa pasukan Vietnam telah menyerang kapal-kapal AS pada tanggal 4 Agustus 1964, dan publik Amerika segera marah dengan apa yang dikenal sebagai Insiden Teluk Tonkin ini. Reaksi publik kemudian mendukung perang melawan Vietnam, dan Kongres mengesahkan Resolusi Teluk Tonkin yang memungkinkan pasukan AS untuk menyerang Vietnam Utara.

Insiden Teluk Tonkin
Insiden Teluk Tonkin [imagesource]
Ketika Perang Vietnam berakhir pada tahun 1973, lebih dari tiga juta orang telah kehilangan nyawa mereka. Pada tahun 2005, NSA merilis dokumen rahasia yang mengungkapkan, bahwa Johnson telah berbohong tentang Insiden Teluk Tonkin. Hal ini sangat mengagetkan semua orang.

6. Operation Northwoods

Operasi Northwoods dirancang pada awal 1960-an oleh Kepala Staf Gabungan Militer AS untuk menyebarkan rasa takut pada masyarakat Amerika serta pengungsi Kuba, dan menjebak Kuba sebagai tertuduhnya. Rencana-rencana ini, yang termasuk di dalamnya berupa tindakan kekerasan terorisme, dirancang untuk mendapatkan dukungan publik dalam melancarkan perang terhadap Kuba. Untungnya, Presiden John F. Kennedy menolak Operasi Northwoods  pada tahun 1962.

Operation Northwoods
Operation Northwoods [imagesource]
Selama bertahun-tahun kemudian, ada rumor tentang adanya Operasi Northwoods, tetapi secara umum dianggap sebagai teori konspirasi. Kemudian, pada tahun 1997, John F. Kennedy Assassination Records Review Board merilis lebih dari 1500 halaman dokumen. Dalam dokumen-dokumen ini adalah catatan Operasi Northwoods, dan bukti bahwa hal itu bukan lah teori konspirasi seperti yang dikira.

7. Operation Paperclip

Setelah VE Day pada tahun 1945, Presiden Truman meresmikan apa yang dikenal sebagai Operasi Paperclip. Operasi ini bertujuan untuk merekrut ilmuwan Jerman ke Amerika Serikat untuk bekerja. Salah satu syarat operasi ini, seperti yang dinyatakan oleh Truman, adalah bahwa orang-orang yang telah menjadi anggota Partai Nazi tidak akan diizinkan masuk ke Amerika Serikat.

Operation Paperclip
Operation Paperclip [imagesource]
Namun, Pasukan Khusus Amerika begitu gembira dengan prospek bahwa mereka akan memiliki para ilmuwan berbakat, sehingga mereka membersihkan catatan-catatan tentang para ilmuwan ini. Keterlibatan mereka dalam Nazi telah dihapus dari sejarah pekerjaan mereka, tanpa sepengetahuan orang lain, dan para anggota Partai Nazi ini kemudian resmi pindah ke Amerika.

8. Operation Fast and Furious

Pemerintahan Obama menyelundupkan senjata untuk pengedar narkoba Meksiko dengan  tujuan untuk kemudian melacak mereka dan menghancurkan geng narkoba tahun 2011, hal ini lalu dikenal dengan nama Operasi Fast and Furious.

Operation Fast and Furious
Operation Fast and Furious [imagesource]
Belakangan di tahun itu, CBS News menemukan dokumentasi yang terbukti agen ATF membahas bahwa, maksud sebenarnya di balik ide untuk melakukan hal tersebut adalah senjata-senjata itu digunakan untuk melakukan kejahatan dan meningkatkan kasus penembakan di Amerika, maka hal itu akan menguatkan dibuatnya undang-undang ketat pemilikan senjata di Amerika .

9. Pembunuhan Martin Luther King Jr

Pendeta dan aktivis sosial Dr Martin Luther King Jr dibunuh pada 4 April 1968 di balkon hotelnya di Memphis, Tennessee. Dr King sangat dikenal atas upayanya yang tak kenal lelah untuk mewujudkan kesetaraan dan harmoni antar ras. Nama ‘James Earl Ray’ dikenal orang menjadi pembunuh yang menembak Dr. King, tetapi apa yang banyak orang tidak tahu adalah pemerintah AS memainkan peran penting dalam pembunuhan itu.

Pembunuhan Martin Luther King Jr
Pembunuhan Martin Luther King Jr [imagesource]
Pada 8 Desember 1999 keluarga King mengajukan gugatan perdata terhadap pemerintah AS, mengklaim bahwa pembunuhan King adalah hasil dari pembunuhan terencana. Sebuah panel juri beranggotakan 12 orang sepakat bahwa kematian King itu, pada kenyataannya adalah hasil rancangan dari pemerintah AS dan perbuatan mafia, dan Ray hanyalah pembunuh bayaran.

10. Pembunuhan-Pembunuhan Pemimpin Dunia

Setelah Skandal Watergate, ketidakpercayaan terhadap pemerintah AS berada di puncaknya. US Senate Select Committee meluncurkan penyelidikan terhadap CIA dan FBI dengan tujuan menyingkap berbagai kegiatan terlarang mereka,  Hal ini dimaksudkan untuk kembali mendapatkan kembali kepercayaan rakyat Amerika. Dan ngerinya, Komite menemukan bahwa pembunuhan Allende di Chili dan Mossadegh di Iran terbukti menjadi kerjaan CIA.

Pembunuhan-Pembunuhan Pemimpin Dunia
Pembunuhan-Pembunuhan Pemimpin Dunia [imagesource]
Komite juga menemukan bukti CIA dan FBI membunuh pemimpin Amerika Selatan dan Amerika Tengah lainnya, dilakukan dengan cara yang tidak terdeteksi. Penyelidikan menunjukkan bahwa CIA menggunakan beberapa metode pembunuhan termasuk kecelakaan mobil, suntik kanker, bunuh diri, kecelakaan berperahu / ski, serangan jantung, dan penembakan.

Semua konspirasi ini telah terbukti, dan yang membuktikannya pun rakyat Amerika sendiri melalui senat resmi mereka, wartawan, dan bukti-bukti nyata. Masihkah kita mempercayai pemerintahan AS sebagai polisi dunia? Sebagai pelindung kemerdekaan? Dan sebagai inspirasi dunia?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA