10 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuh Setelah Kita Meninggal Dunia

oleh Norman Duarte
15:05 PM on Nov 6, 2015

Agama menceritakan tentang hal-hal yang akan kita alami ketika kita sudah mati. Masing-masing agama memiliki ajaran yang berbeda mengenai hal ini. Tetapi dalam sains, semua orang akan mengalami hal yang sama, tidak perduli agama apapun itu.

Tujuan kami hanyalah untuk menunjukkan betapa mengerikannya apa yang terjadi terhadap tubuh manusia setelah mati. Sebagai kaum yang percaya dengan agama, artikel ini hanya sekedar mengingatkan kita kepada kematian. Sehingga kita sadar bahwa manusia sungguh adalah makhluk yang lemah.

Baca Juga
Cantiknya Istri 6 Pemimpin Daerah di Tanah Air Ini Dijamin Bikin Kamu Terpesona dan Ngiri
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model

Mau tau apa saja itu? Silahkan disimak!

1. Enzim Akan Memakan Kita

Enzim sangat berperan dalam kesehatan tubuh manusia. Dalam waktu 3 hari setelah mati, enzim dalam perut kita yang biasanya berguna untuk pencernaan, akan berbalik memakan tubuh kita sendiri.

Enzim Akan Memakan Kita
Enzim Akan Memakan Kita [imagesource]
Bakteria yang ada di dalam perut ini akan meningkat karena tingginya tingkat keasaman yang lahir dari bertambahnya gas CO2 akibat pembusukan.

2. Matinya Sel

Selanjutnya sel-sel tubuh manusia akan mulai menunjukkan perubahan. Sel kulit akan bertahan beberapa hari setelah tubuh kita mati.

Matinya Sel
Matinya Sel [imagesource]
Tetapi sel otak akan langsung mati dalam 3 menit jika kekurangan oksigen. Lain halnya dengan sel otot akan bertahan, meski hanya selama beberapa jam.

3. Livor Mortis

Saat jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh, gravitasi akan menarik darah ke bagian tubuh yang paling rendah.  Darah yang membeku akan membuat tanda-tanda berwarna ungu pada kulit.

Livor Mortis
Livor Mortis [imagesource]
Peristiwa ini dinamakan Livor Mortis. Tanda-tanda ungu inilah yang biasanya dipakai oleh para ahli koroner untuk menentukan waktu kematian jika menemukan mayat korban kriminal atau bunuh diri.

4. Tubuh Kita Jadi Lilin

Adipocere adalah sejenis pengawet alami berbentuk lilin yang tercipta saat bakteria menghancurkan jaringan tubuh kita. Akibatnya, terbentuklah sejenis zat yang menyerupai lilin yang tercipta dari lemak tubuh kita sendiri.  Adipocere biasanya makin banyak jika mayat diletakkan di tempat yang lembab.

Tubuh Kita Jadi Lilin
Tubuh Kita Jadi Lilin [imagesource]
Selain berubah menjadi sejenis lilin, lemak tubuh kita juga terproses menjadi sejenis sabun. Bahkan sabun yang kita pakai sekarang umumnya berasal dari lemak hewan. Di sebuah museum, tersimpan jenazah seorang wanita yang seluruh tubuhnya mengalami hal ini, dan jenazah ini awet secara alamiah.

Bahkan ada pula seorang professor di jaman dulu yang menggunakan lilin dari adipocere sebagai penerangan saat ia belajar.

5. Penghijauan

Jenazah akan berwarna kehijauan saat bakteria yang berada di dinding pencernaan bergerak menuju kulit. Butuh sekitar 3-4 hari bagi hemoglobin untuk menghasilkan perubahan berwarna hijau ini.

Penghijauan
Penghijauan [imagesource]
Selain itu, tubuh kita kemudian akan menjadi zat penghijauan yang baik bagi tumbuh-tumbuhan di sekitar kita.

6. Cairan

Organ tubuh yang memiliki suplai darah paling banyak, akan MENCAIR. Cairan ini akan bercampur dengan darah dan akan keluar melalui lubang-lubang yang ada pada tubuh.

Cairan
Cairan [imagesource]
Cairan ini akan semakin bertambah dan membanjiri seluruh tubuh.

7. Pembusukan

Tubuh di dalam air akan membusuk 2 kali lebih cepat daripada di daratan. Dan 8 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan yang dikuburkan.

Pembusukan
Pembusukan [imagesource]
Kulit pada tubuh yang berada di air akan mengalami ‘deglove’. Yaitu peristiwa di mana kulit akan copot dari tubuh dalam bentuk lembaran besar.

8. Kembung

Bakteria pada mayat akan menghasilkan gas busuk yang membuat tubuh mengembung. Perut, selangkangan, dan lidah akan membengkak.

Kembung
Kembung [imagesource]
Gas juga akan mendorong bola mata, sehingga keluar dari kantongnya.

9. Kandungan

Jenazah wanita yang sedang mengandung akan mampu ‘melahirkan’ bayi, akibat dorongan gas busuk yang dihasilkan bakteria ini.

Kandungan
Kandungan [imagesource]
Tekanan gas ini mendorong kandungan dan bayi keluar dari tubuh.

10. Rigor Mortis

Rigor mortis sering disalah artikan dengan Livor Mortis. Padahal rigor mortis berarti kekakuan yang terjadi pada mayat, yang terjadi akibat hilangnya zat-zat tertentu pada otot.

Rigor Mortis
Rigor Mortis [imagesource]
Zat-zat ini yang membuat otot tetap rileks saat kita masih hidup. Pada kasus gantung diri, rigor mortis pada pria akan menarik daerah ‘pribadi’ nya sehingga membuat daerah kencang dan tegak.

Seram bukan? Mulai dari sekarang, jagalah tubuh kita sesuai dengan ajaran agama masing-masing, sehingga saat kematian, hal-hal menyeramkan ini tidak terjadi sepenuhnya. Banyak kisah-kisah orang taat yang alim seperti wali dalam Islam, atau santo/santa dalam Katholik yang konon tubuh mereka terjaga utuh tanpa pembusukan sama sekali karena disebabkan keimanan dan perbuatan baik mereka.
Amin!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA