in

Operasi Pendarahan Otak, Tukul Arwana Kini Jalani Terapi dan Kondisinya Makin Membaik

Beberapa waktu lalu, komedian sekaligus presenter Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit. Saat itu dikabarkan bahwa ia mengalami pendarahan otak dan akan menjalani penanganan dan perawatan di rumah sakit.

Tepatnya tanggal 9 September 2021, Tukul dibawa ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jawa Timur. Kini setelah sekitar 4 bulan berlalu, Tukul memperlihatkan progres yang cukup baik.

Mengalami pendarahan otak

Ketika dilarikan ke rumah sakit, Tukul ternyata tak hanya mengalami pendarahan otak, tapi juga stroke. Tindakan operasi untuk pendarahan otak pun dilakukan. Setelah itu, Tukul diketahui menjalani sederetan terapi untuk memulihkan keadaannya.

Tukul mengalami pendarahan otak [sumber gambar]
Meski belum sembuh total, Tukul dikatakan sudah sangat membaik. Dilansir dari Kompas, Tukul yang awalnya hanya bisa makan makanan yang dihaluskan atau buah luna, kini bisa makan yang lebih keras. Tak perlu diblender lagi, Tukul sudah bisa makan nasi juga sayur dengan mengunyah sendiri.

Kondisi yang berangsur membaik

Bukan hanya perkembangan dalam hal makan, Tukul juga sudah mampu berdiri. Awalnya, ia susah untuk berdiri, namun kini tubuhnya sudah lebih kuat menopang. Hal ini berkat fisioterapi yang rutin dijalankannya.

Tukul saat menjalankan fisioterapi [sumber gambar]

Selain melakukan fisioterapi wicara dan okupasi di klinik seminggu tiga kali, Tukul juga melakukan terapi di rumah selama 6 hari. Fisioterapi ini rutin dilakukan Tukul sejak Desember 2021 lalu hingga kini. Berkat itu, kondisinya sudah berangsur membaik.

Keluarga selalu mendukung

Sudah berbulan-bulan melakukan terapi dengan gerakan yang sama, ternyata membuat Tukul merasa bosan dan lelah. Tak bisa dipungkiri, bahwa melakukan kegiatan yang monoton bisa membuat seseorang jenuh. Namun Tukul selalu mendapat dukungan dan dorongan dari keluarga, sahabat, hingga perawat.

Keluarga Tukul selalu mendukungnya [sumber gambar]
Keluarga Tukul pun selalu ada di sampingnya, mulai di rumah hingga klinik. Anak-anaknya kerap menemani tukul dan mengajaknya bercanda. Menonton tayangan sembari makan pun dilakukan agar Tukul kembali bersemangat.

BACA JUGA: Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit karena Pendarahan Otak, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Meski tubuh Tukul Arwana mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis, tetapi perkembangannya sudah cukup baik. Semoga Tukul segera diberikan kesembuhan agar bisa kembali berbahagia bersama keluarganya.

Written by Galih Hayu

Cerita Ghozali, Cuma Jual Selfie Ala Kadarnya tapi Dapat Miliaran

Warna Seragam Satpam Akan Ganti Lagi karena Dianggap Mirip dengan Polisi