Tidak bisa dipungkiri, semakin tinggi prestasi yang dimilik oleh suatu klub maka bakal tambah banyak pula fans yang dimiliki. Bahkan, tidak menutup kemungkinan para penggemar itu juga berasal dari luar negeri. Misalnya saja, MU, Barca dan klub-klub lain Eropa yang fansnya bisa ada di seluruh penjuru dunia.

Mungkin sempat terpikir dalam pikiranmu, “Itu kan klub dunia, yang pendanaan dan pemainnya memang luar biasa”. Namun ternyata, sekelas Asia  tenggara pun banyak loh klub-klub yang banyak dikagumi oleh penduduk negara lain. Lalu klub apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Persib Bandung mengalahkan Juventus dengan kepopulerannya

Persib bandung [image source]
Tahu gak sih, sebenarnya salah satu klub Indonesia asal Bandung, Persib, jadi tim paling populer di Asia loh. Ya berdasarkan survey bahkan kepopulerannya masuk dalam 10 besar dunia (dilansir Thetoptens) dan mengalahkan klub sekelas Juventus dan Arsenal. Nah posisi utama dan kedua masih ditempati si Barcelona dan Real Madrid, wajar sih yah, tapi tetep bangga karena klub Indonesia berjaya.  Jadi jangan kaget kalau di beberapa negara ada yang menjual atribut-atribut Persib Bandung. Nah sedangkan jika dilihat dari followers FBnya, sudah ada lebih dari 9,5 juta orang yang mengikuti klub yang satu ini.

Muangthong United bikin heboh karena mendatangkan pemain terkenal

Muangthong United [image source]
Nah di bawah Persib Bandung, ada salah satu klub asal negeri gajah putih Thailand yang dengan hebohnya membuat masyarakat Asia tercengang. Yang bermarkas di daerah Muang Thong Thani, klub yang satu ini masuk jajaran paling kaya di Thailand. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau setiap musim transfer, mereka selalu memboyong para pemain hebat. Mulai dari Italia, Brasil hingga Korea Utara pun jadi langganan pemain klub ini. Sedangkan jika dilihat dari sisi FB, followers mereka sudah ada 2,2 juta selisih lumayan jauh dengan Persib ya.

Klub Johor Darul Takzim gak mau kalah dengan yang lain

Johor Darul takzim [image source]
Jika bicara mengenai klub-klub populer di Asia tenggara, tentu salah satu tim asal Johor Malaysia tidak mau ketinggalan. Ya, didirikan sejak tahun 1967, klub yang satu ini selalu menorehkan prestasi luar biasa di ajang-ajang besar. Bayangkan saja dalam liga utama Malaysia, klub ini selama empat tahun berturut-turut menjuarainya. Padahal dalam sejarah liga Malaysia sendiri, tidak ada yang menjuarai liga sampai dua kali sejak tahun 79, dan Johor Darul Takzim memecahkan rekor tersebut. Nah kalau dilihat dari segi follower di FB sendiri, klub ini hanya memiliki 1,8 juta orang yang mengikutinya.

Gak hanya di Indonesia, Sriwijaya FC juga populer bagi masyarakat Malaysia

Sriwijaya FC [image source]
Siapa sangka tidak hanya di Indonesia nama Sriwijaya FC terkenal jadi klub unggul, di negeri jiran pun banyak fansnya. Ya mungkin hal itu juga dipengaruhi kita satu rumpun, sehingga klub ternama kita juga terkenal di sana. Usut punya usut hal lain yang membuat Sriwijaya FC terkenal adalah prestasinya menjuarai liga utama dan piala Indonesia dua kali berturut-turut. Nah kalau kita lihat dari sisi kepopulerannya di dunia maya, Sriwijaya FC memiliki kurang lebih 1,5 juta followers setia yang siap mengikuti.

Buriram United, meskipun terakhir bukan berarti tidak keren

buriram united fc [image source]
Nah klub paling bontot yang punya pamor luar biasa di kancah Asia yang Buriram United asal Thailand. Meskipun di urutan terakhir tidak membuat klub ini jadi kehilangan pamor, pasalnya segudang prestasi telah ditorehkan olehnya. Bayangkan saja, Buriram lah yang menjadi saingan Mungthong padahal masalah dana, mereka kalah jauh. Hal itulah yang membuat klub yang satu ini disegani tidak hanya di negaranya namun juga sekalas Asia.

Nah itulah beberapa klub yang jadi idola di Asia Tenggara. Kita mesti bangga, pasalnya ada dua klub bumi pertiwi yang masuk bahkan jadi jawara di sana. hal ini jadi bukti kalau sejatinya sepak bola Indonesia tidak mati bahkan bersaing dengan yang lainnya.