Banyak orang bilang, “nggak ada yang bisa ngalahin masa-masa SMA.” Katanya, semua kenangan pada masa itu sungguh tak terlupakan. Padahal, kalau ngomongin soal nggak terlupakan, pastilah masa-masa SD yang paling berkesan. Ini adalah waktu paling menyenangkan di mana tugas kita cuma belajar sama main. Nggak dipusingkan dengan masa depan.

Hal menyenangkan tentang masa SD salah satunya adalah soal pernak-pernik yang ada di kotak pensil. Mungkin kesannya simple ya, tapi seru juga tuh mengumpulkan benda-benda unik macam pensil inul dkk. Masih soal isi kotak pensil kids zaman old, beberapa benda berikut pasti pernah kamu miliki juga di masa itu. Simak yuk!

Pensil Inul, Goyangan Ngebornya Menghibur Anak ’90an

Ngakak pas baca judul poin ini? Dapat dipastikan kamu anak ’90an sejati! Nggak tahu pensil ini bisa digunakan untuk menulis dengan benar atau tidak, tapi alat tulis ini sangat digemari oleh anak SD jaman dulu karena teksturnya yang elastis.

Artikel Lainnya
Smartphone Dimatikan Setiap Hari Supaya Awet, Mitos atau Fakta?
Sup Darah Sampai Ikan Busuk, 5 Makanan ‘Menjijikkan’ Ini Digemari di Thailand

Pensil Inul [image source]
Dijuluki Pensil Inul karena bentuknya bisa dilekuk-lekukkan atau kalau anak lawas bilang goyang ngebor. Meski pada akhirnya hanya dibuat gaya-gayaan, sebagian besar anak SD punya Pensil Inul ini loh. Bukan generasi zaman old namanya jika tak menyimpan alat tulis ini di kotak pensil kalian.

Pensil 2B, Pensil Isian, dan Pensil Serbaguna, Alat Tulis Wajib

Jika Pensil Inul merupakan barang wajib karena keunikannya, 3 pensil ini harus banget ada di dalam kotak pensil karena suruhan ibu guru tercinta. Masih ingat ketika pertama belajar menulis tegak bersambung? Pensil yang digunakan harus berbasis 2B, jika tidak, sebagus apapun tulisan kita tetap akan dapat nilai 60, betul?

Macam Pensil [image source]
Nah, jika pensil isian ini biasanya digunakan oleh para cewek, selain karena model yang lucu dan fancy, pensil ini juga terang sehingga tulisan akan mudah terbaca. Andalan para cowok biasanya pensil yang ada penghapusnya ini. Bersleret merah hitam dengan penghapus pink di atasnya.

Rautan Cermin, Difungsikan untuk ‘Ngintip’

Hal kedua yang wajib ada di kotak pensil anak SD zaman old adalah rautan cermin. Bentuknya bulat seperti rautan pada umumnya, namun di baliknya terletak sebuah cermin.

Rautan Cermin [image source]
Para cewek biasanya menggunakan cermin itu untuk mengagumi wajahnya sendiri. Sedangkan para cowok yang iseng terlatih untuk menggunakan cermin tersebut untuk ngintip rok cewek-cewek yang ditaksir! Hayo ngaku, siapa yang dulu begitu?

Penghapus ‘Bendera,’ yang Punya Dipercaya Bisa Keliling Dunia

Selain pensil, penghapus juga hal wajib dong dalam kotak pensil anak sekolahan. Meski memiliki pensil serbaguna, keberadaan penghapus tetap menjadi hal yang penting dalam dunia belajar. Nah, biasanya kids zaman old memiliki barang yang memiliki kekuatan magis, seperti penghapus bermotif berbagai macam bendera dunia ini. Mereka yang gemar mengoleksi penghapus model ini, pasti sekarang sudah sering jalan-jalan ke luar negeri.

Penghapus Bendera [image source]
Hal ini dikarenakan dulu banyak anak SD percaya mereka bisa keliling dunia dengan memiliki banyak penghapus dengan motif bendera dunia ini. Ingin ke Inggris? Tinggal ke koperasi sekolah, beli penghapus bendera Inggris dan menunggu keajaiban datang. Bahagia itu sederhana ya.

Penghapus Bolpoin, Kadang Kalau Udah Kesel Bukunya Sampai Bolong

Berbeda dengan kids zaman now yang hanya mengenal tipe-x untuk menghapus kesalahan tulisan dari bolpoin. Kita generasi ’90an pasti mengenal penghapus bolpoin. Penghapus dengan corak warna biru yang bertekstur kasar untuk bolpoin dan oranye yang halus untuk pensil.

Penghapus Bolpoin [image source]
Jika kesalahan yang dibuat hanya satu goresan saja memang bisa dihilangkan dengan menggunakan penghapus ini. Namun, jika kesalahan yang kalian buat sampai satu paragraf, bisa dipastikan kertas kalian bolong setelah menggosokkan penghapus ini.

Penggaris Gelang, Dipercaya Sebagai Pemersatu Power Rangers

Bagi sebagian besar anak SD jaman dulu, bukan Iron Man atau Thor yang menjadi pahlawan super mereka, tapi Power Rangers. Cara mereka berubah pun menjadi hal yang penting dan sering dipraktekan ketika waktu istirahat datang.

Penggaris Gelang [image source]
Penggaris multifungsi yang jika dicepleskan ke tangan berubah menjadi gelang ini jadi pertanda kita akan berubah menjadi Power Rangers. Jika penggaris ini sudah terlilit di tangan, jiwa Power Rangers dipercaya bisa merasuk ke dalam tubuh kita.

Penggaris Huruf dan Butterfly, Definisi Gaul Masa Lampau

Masa SD adalah masa dimana kita sering bertukar buku diary dengan teman hanya untuk menuliskan biodata. Kata mafa–makanan favorit, mifa–minuman favorit, serta naken–nama beken pertama tercipta dari sini. Nah, penggaris huruf merupakan barang terpenting dalam menuliskan biodata, terutama untuk para kaum Hawa.

Macam Penggaris [image source]
Hal tersebut dikarenakan mereka bisa berkreasi, membuat berbagai bentuk huruf dengan menggunakan penggaris tersebut. Selain penggaris huruf, penggaris merek butterfly juga merupakan hal wajib. Jika memiliki dua hal tersebt dalam kotak pensil, dapat dipastikan si pemilik adalah anak gaul se-angkatan deh.

Sempoa, Lebih Digemari daripada Kalkulator

Zaman old juga memiliki alat hitung yang trendy loh. Meski sekarang kalkulator lebih populer dan bentuknya juga lucu-lucu, anak SD jadul lebih suka menggunakan sempoa. Kita tahu bahwa sempoa pada umumnya berukuran besar dan tak cukup masuk dalam sebuah kotak pensil, kecuali kotak pensilmu segede gaban.

Sempoa [image source]
Namun, bocah SD zaman old tak kehilangan akal, mereka selalu memiliki sempoa mini yang bisa dijadikan gantungan kunci dan dijual bebas oleh abang-abang yang nangkring di depan sekolah. Biasanya dengan Rp. 500 perak kita sudah bisa mendapatkan sebijinya.

Menyenangkan ya kalau mengingat masa-masa itu, di mana bahagia bisa didapatkan dengan cara memiliki alat tulis tertentu. Bocah zaman sekarang masih begini nggak sih? Beberapa mungkin iya, tapi kebanyakan pasti sudah pakai gadget dan semacamnya. Padahal seru lho punya beginian itu, apalagi rautan cermin yang ‘fungsinya’ bisa macam-macam.