Inilah 4 Klub Besar Luar Negeri yang Tak akan Berdaya Tanpa “Duit” Orang Indonesia

Ini bukti kalau memang pebisinis Indonesia itu sejatinya tajir-tajir

oleh Arief Dian
13:00 PM on Dec 14, 2017

Untuk memiliki sebuah klub bola bukanlah suatu yang mudah, ya banyak sekali kendala yang menanti. Bukan hanya masalah keuangan yang bakal menguras rekening, namun juga menemukan pemain berbakat itu ibarat mencari jarum dalam tumpukan jerami, susahnya bukan main. Nah kalau asal comot pemain saja, nantinya bakal tertendang oleh tim lain. Syukur-syukur kalau masuk degradasi, nah kalau bangkrut, malah kita yang rugi.

Namun siapa sangka, banyak loh pebisinis kita yang berani jadi pemilik klub besar. Nggak sekelas liga Indonesia seperti Sriwjaya FC dan Arema FC saja, namun sudah tingkat internasional seperti klub Inter Milan. Nah inilah sekian klub besar luar negeri yang gak akan berdiri tanpa duit orang Indonesia.

Baca Juga
Bikin Jantungan, Pajak Mobil “Wah” Ini Bisa Buat Sedekah Orang Sekampung
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus

Tanpa Erick Tohir, Inter Milan tidak akan seperti sekarang

Nama Erick Tohir sempat  mencuat beberapa tahun yang lalu ketika diketahui mengakusisi sebuah klub besar dunia Inter Milan. Ya, upaya tersebut memang dilakukan selain karena dorongan investasi juga karena dirinya adalah salah satu penggemar bola dan melihat masa depan cerah di klub yang satu ini. Benarlah ucapan dari Erick Tohir, dalam beberapa bulan setelah club inter dia pimpin, terjadi beberapa perbelanjaan besar pemain-pemain handal.

Intermilan dan Erick Tohir [image source]
Secara tidak langsung hal ini tentunya meningkatkan kualitas dari klub. Untuk bisa memiliki klub ini, Erick Tohir harus merogoh kocek dengan nominal tidak biasa, sekitar 5,2 Triliun. Itu hanya masalah akuisisi saja, belum lagi belanja pemain dan lain-lain. Namun saya, beberapa waktu yang lalu tersirat kabar bahwa dirinya akan melepas saham di Inter, tetapi sampai sekarang masih belum terlaksanakan.

Tidak hanya di Inter, Erick Tohir mengembangkan saya di Amerika

Ternyata bukan hanya inter yang jadi tempat Erick Tohir mengembangkan investasinya di dunia bola. Ya salah satu klub ternama asal negeri paman Sam, DC United m ternyata juga terdapat saham milik sang pengusaha asal Indonesia ini. Meskipun tidak seratus persen, namun Erick Tohir jadi mayoritas pemegang saham di sana.

DC United dan Erick Tohir [image source]
Nah, selama dipegang oleh pengusaha kaya asal Indonesia ini, DC United sudah mulia berkembang ketimbang dulu. Tidak hanya masalah jual beli pemain berkelas, bahkan Erick membangunkan sebuah stadion baru untuk klub di negeri paman Sam ini. Bahkan DC United pecahkan rekor transfer pemain dalam liga Amerika. Wih jadi tajir gara-gara orang Indonesia nih.

Gak mau kalah saing, Grup Bakrie mengibarkan sayap hingga ke Australia

Sepertinya Group Bakrie juga memiliki kegemaran yang sama dengan Erick Tohir, ya sepak bola dan investasi. Oleh sebab itu, perusahaan besar Group Bakrie juga tak mau kalah saing dengan mengakusisi salah satu klub ternama di benua kanguru Australia. Dan ya, klub yang dipilih itu adalah Brisbane Roar.

Brisbane Roar dan Bakrie [image source]
Sedangkan, klub ini sendiri bersaing dalam kompetisi A-League Hyundai nasional. Sempat mengalami kesurutan pada pertengahan dan akhir tahun 2016, Gruop Bakrie sempat mau menjual saham dalam klub ini. Namun hal itu diurungkan, dan  akhirnya Brisbane Roar tetap bersama perusahaan asal Indonesia itu.

CS Vise salah satu klub ternama Belgia milik para pengusaha Indonesia

Tak cukup hanya sampai di Indonesia, Bakrie Group pun melebarkan sayapnya hingga ke salah satu klub di Belgia. Ya, CS Vise merupakan tim beruntung yang sempat didanai oleh perusahaan Indonesia itu. Bahkan beberapa pemain Indonesia pun sempat beberapa kali diizinkan berlatih bahkan menandatangani kontrak untuk bermain di sana.

CS Vise dan Bakrie [image source]
Namun sayang pada tahun 2014 saham milik Barkrie Group diketahui telah dijual, setelah itu pun klub ini mengalami kemerosotan hingga bangkrut tahun 2017 awal.  Ya paling tidak para pengusaha Indonesia itu sudah berjuang sekuat mungkin mengusahakan agar klub ini masih bisa diselamatkan, namun apalah daya, takdir berkata lain.

Ya, itulah beberapa klub besar dunia yang ternyata tidak akan berdiri tanpa adanya “duit” dari orang Indonesia. Hal ini membuktikan kalau memang para pengusaha negeri kita tidak bisa diremehkan, bahkan sekelas inter milan saja mengakuinya.

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA