in

Temukan Uang 700 Juta, Tukang Ojek Jujur Ini Kembalikan Semuanya dan Hidupnya Jadi Mujur

Menjalani kehidupan yang serba susah dan berada di bawah tekanan ekonomi, tidak mengubah sikap jujur seorang pemuda yang berprofesi sebagai tukang ojek. Berkat kejujurannya mengembalikan uang senilai Rp717 juta, kini hidupnya berubah drastis. Simak yuk kisah jujur tukang ojek belia yang sempat viral ini.

Menemukan uang ratusan juta dan tidak disalahgunakan

Tukang ojek belia itu bernama Emmanuel Tuloe yang berusia 19 tahun. Ia berasal dari Liberia. Secara tidak sengaja, Emmanuel menemukan uang tunai yang dibungkus plastik di tepi jalan. Jumlahnya fantastis, sekitar 50 ribu dolar AS atau setara lebih dari Rp700juta.

Kisah Tukang Ojek Jujur Asal Liberia [sumber gambar]
Bisa saja ia membawa kabur uang tersebut dan menikmatinya. Namun, pemuda jujur ini justru menitipkan uangnya kepada sang bibi. Setelah mendengar melalui siaran radio bahwa sang pemilik mencari dan meminta uangnya dikembalikan, Emmanuel pun langsung mengembalikan uang itu.

Sifat jujurnya malah dijadikan bahan ejekan

Siapa sangka, sifat jujur Emmanuel justru sempat diejek oleh banyak orang. Mereka menertawakan dirinya, karena seharusnya dengan uang sebesar itu bisa membantunya keluar dari kemiskinan dan menjadi orang yang kaya raya. Bahkan, mereka mengejek Emmanuel bakal mati dalam keadaan miskin terus.

Emmanual Tuloe Mendapatkan Hadiah Dari Presiden Liberia [sumber gambar]

Ternyata, kejujuran pemuda ini berbuah manis. Ia diberikan hadiah pendidikan dari Ricks Institute, salah satu sekolah kebanggaan di Liberia. Bahkan, ia juga mendapatkan apresiasi senilai 10 ribu dolar AS (setara Rp143 juta) dari Presiden Liberia, George Weah. Ia juga mendapatkan uang senilai 1.500 dolar AS (setara Rp21 juta) dari sang pemilik uang.

Siapa Emmanuel Tuloe sebenarnya?

Melihat kejujuran di tengah kesulitan ekonomi yang ia alami, membuat banyak orang penasaran siapa sebenarnya Emmanuel Tuloe. Ia merupakan seorang anak muda yang berasal dari keluarga miskin. Mayoritas penduduk di sana berangkat dari latar belakang pedesaan yang miskin.

Kejujuran Emmanuel Tuloe Berbuah Manis [sumber gambar]
Emmanuel pun terpaksa harus putus sekolah pada usia sembilan tahun dan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Setelah kematian sang ayah karena kecelakaan, ia memutuskan untuk menjadi tukang ojek. Emmanuel pun memutuskan untuk tinggal bersama sang bibi.

Kejujuran yang menginspirasi

Meski berasal dari keluarga yang kekurangan secara finansial, tetapi ia memiliki sifat jujur yang mungkin saja jarang ditemukan oleh anak muda seusianya. Sifat jujurnya ini datang dari pendidikan kedua orang tuanya.

Profesi Tukang Ojek Banyak Dilakoni Oleh Pemuda di Liberia [sumber gambar]
Emmanuel pun berpesan kepada semua anak muda untuk selalu jujur, karena jujur itu baik, jangan mengambil apa yang bukan milikmu. Hingga nasibnya kini berubah drastis dan ia selalu bersyukur kepada Tuhan atas anugerah yang telah diberikan. Ia bisa melanjutkan mengenyam pendidikan berkat kejujurannya.

BACA JUGA: Aksi Mulia Ahmad Maksum, Temukan Segepok Uang di Atas Mesin ATM Lalu Dikembalikan ke Satpam

Emmanuel Tuloe hanyalah sebagian kecil contoh orang yang jujur itu selalu mujur. Tuhan selalu memberikan kejutan yang tidak diduga kepada orang-orang yang jujur. Sekali sifat jujur telah terpatri di dalam hati sejak kecil, maka akan terus menempel. Yuk jadi orang jujur biar selalu mujur!

Written by Hendra Digital

Rio Martil, Pembunuh Kejam yang Habisi Nyawa dengan Pukul Kepala Korban Gunakan Dua Martil

Berjuang Lawan Kanker dan Diabetes, Aktris Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia