in

Cerita Pemilik Rumah Berlapis Emas di Palu, Selamat dari Tsunami hingga Punya Amalan Khusus

Kota Palu di Sulawesi Tengah menyimpan sebuah kisah yang unik sekaligus inspiratif kala diterjang gempa dan tsunami pada 28 September 2018 silam. Tak hanya memporak-porandakan bangunan yang ada di sekitarnya, tapi juga menyisakan sebuah keajaiban pada rumah megah berlapis emas milik seorang pengusaha bernama Haji Hasim Hadodo.

Bangunan megah yang berada di Jalan Anoa, Palu, Sulawesi Tengah itu menjadi salah satu saksi bisu yang selamat dari bencana gempa dan tsunami yang menerjang Kota Palu. Keberadaannya sendiri juga kerap menjadi sorotan lantaran interior dan eksteriornya dilapisi oleh emas. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Sempat pasrah jika hancur akibat gempa dan tsunami

Berhasil selamat dari bencana gempa dan tsunami [sumber gambar]
Saat bencana gempa dan tsunami mengguncang Kota Palu, rumah mewah berlapis emas tersebut juga ikut terkena imbasnya. Keluarga Hasim Hadodo yang kala itu berada di luar negeri hanya bisa pasrah. Dirinya berkeyakinan jika semua hal tersebut merupakan milik Allah dan bisa diambil sewaktu-waktu. Tak disangka, rumah mewahnya itu ternyata selamat dari bencana.

Rumah besar yang memiliki 99 kamar dan luas mencapai 5.600 meter persegi

Rumah yang terlihat sangat mewah dan elegan [sumber gambar]
Hasim Hadodo yang dikenal sebagai seorang pengusaha jasa konstruksi dan merupakan ketua Gapensi (Gabungan Pengusaha Konstruksi) Sulawesi Tengah, mulai membangun rumah tersebut selama 17 tahun di atas tanah seluas 5.600 meter persegi. Luasnya area bangunan membuat rumah berlapis emas itu mampu menampung 99 kamar.

Hampir semua ruangan dilapisi oleh emas

Hampir setiap interiornya berlapis emas [sumber gambar]
Hampir seluruh eksterior dan interior bangunan dilapisi oleh emas. Belum lagi aksesoris seperti lampu gantung dan marmer onyx yang khusus dibeli dari Italia, menambah kesan mewah dan elegan dari rumah tersebut. Jam dindingnya pun menggunakan Rolex yang ditempel di tengah ruangan.

Tak menggunakan pembantu untuk membersihkan ruangan di dalam rumah

Anita B. Nurdin sang pemilik rumah [sumber gambar]
Uniknya, Hasim yang merahasiakan biaya pembangunan rumahnya ini tak memakai jasa pembantu untuk membersihkan ruangan yang ada. Untuk hal tersebut, ia bersama sang istri, Anita B. Nurdin, memanfaatkan sanak saudara untuk membersihkan rumah. Karena area rumah yang sangat luas, dibutuhkan waktu selama 3 bulan untuk kegiatan bersih-bersih tersebut.

Amalan rahasia yang selalu dilakukan sang pemilik rumah emas

Hasim Hadado bersama orang-orang yang berkunjung ke kediamannya [sumber gambar]
Hasim juga memiliki amalan khusus yang ia lakukan sehingga dirinya bisa meraih kesuksesan seperti saat ini. Rahasia tersebut adalah rutin bersedekah dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Kebiasaan mulia ini dilakukannya setiap hari Senin sebelum berbuka puasa, di mana Hasim menyiapkan uang tunai untuk diberikan pada fakir miskin.

BACA JUGA: Heboh Rumah Mewah Dinas Bupati Minahasa Utara yang Bergaya Eropa tapi Dibiarkan Mangkrak

Keajaiban sedekah memang bisa dirasakan oleh mereka yang benar-benar tulus dan ikhlas saat menjalaninya. Seperti kisah Hasim Hadado dan rumah berlapis emas di atas, bukan hanya harta melimpah yang menjadi sorotan. Tapi bagaimana memaknai kekayaan tersebut dengan penuh rasa syukur dalam bentuk bersedekah kepada mereka yang membutuhkan.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Penjaja Kuliner Ini Mendadak Hits dan Diburu Netizen, Ada yang Masak Sambil Tertidur

Kisah Pilu Pria Jepang Korban Selamat Titanic yang Malah Dicaci Saat Kembali ke Negaranya