in

5 Kisah Mengharukan Antara Muslim dan Yahudi

5. Yoni Jesner dan Ahmed Khatib

Yonatan “Yoni” Jesner adalah remaja Yahudi berusia 19 tahun yang berkewarganegaraan Inggris. Ia pergi ke Israel untuk memperdalam agamanya. Ia meninggal saat Hammas membom bus yang ditumpanginya. Keluarganya kemudian melakukan hal yang tak terduga. Mereka menyumbangkan ginjal Yoni kepada seorang gadis Palestina berusia 7 tahun bernama Yasmin Rumeileh. Kakak Yoni yang bernama Ari berkata kepada media, “Saya pikir hal yang paling penting adalah kita dapat memberikan kehidupan kepada orang lain.” Ayah dari Yasmin Rumeileh menyatakan rasa terima kasihnya melalui media, “Kita adalah satu keluarga. Mereka menyelamatkan anakku. Anak mereka sendiri pun hidup di dalam anakku. Kita semua adalah satu.”

Ilustrasi donor organ via Nationswell

Akhmen Khatib, remaja berusia 12 tahun asal Palestina, tertembak secara tidak sengaja oleh tentara Israel di tahun 2005. Pemerintah Israel melakukan permintaan maaf, tetapi reaksi dari orangtua si bocah ini malah mengherankan. Saat anak mereka yang terluka itu kondisinya semakin buruk, mereka memutuskan untuk mendonorkan organ anak mereka itu jika ia meninggal. Dalam beberapa jam setelah ia meninggal, organnya telah menyelamatkan 6 orang. Empat di antaranya adalah orang Yahudi. Ayah dari Ahmed lalu berkata, “Permusuhan tak akan menolong kita. Yang menolong kita adalah kemampuan kita melihat orang lain sebagai sesama manusia.”

Demikianlah kisah mengharukan dan menginspirasi yang lahir dari keberanian, cinta kasih, dan persaudaraan. Dunia menjadi indah bukan karena satu agama menguasai yang lain, melainkan ketika masing-masing penganut agama menyadari bahwa mereka adalah sesama mahluk ciptaan Tuhan yang saling membutuhkan. “Sesungguhnya kami menciptakan manusia dalam bangsa yang berbeda-beda agar mereka saling mengenal.” Itulah maksud Tuhan yang sebenarnya saat Dia menciptakan kita. Untuk saling mengenal, saling belajar keunikan masing-masing, hidup berdampingan, dan memberi warnanya sendiri-sendiri. Damai itu indah.

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

Minta Donasi Untuk Dibekukan (c) oddee

5 Kisah ‘Frozen’ Yang Penuh Keajaiban di Dunia Nyata

feature image

Apakah Islam Adalah Agama ‘Nggak Boleh Ini-Itu’?