Tak semua anak-anak di Indonesia beruntung bisa menghabiskan masa kecil yang hanya sekali seumur hidup, dengan cara bermain dengan penuh canda tawa yang riang. Alih-alih demikian, beberapa dari mereka justru harus mengisi hari-harinya dengan penuh kerja keras layaknya orang dewasa. Bukan keinginan diri sendiri, tapi karena kondisi yang memaksa demikian.

Hal inilah yang dialami oleh Jovita, di mana masa-masa indahnya sebagai anak-anak harus rela tergusur oleh kerasnya tuntutan hidup. Dilansir dari laman Instagram @makassar_iinfo, bocah tersebut tampak duduk terpekur di samping sandal para jamah masjid yang tengah menunaikan ibadah shalat. Diketahui, Jovita yang lahir dari keluarga sederhana itu, kerap pergi memulung seharian penuh dan baru akan pulang saat malam tiba.

Tak hanya sekedar duduk, Jovita ternyata kerap merapikan sandal para jamaah di saat mereka tengah melaksanakan shalat, di mana dirinya segera datang ke masjid dan mulai menata sandal-sandal jamaah yang berserakan agar tampak rapi dan teratur. Yang bikin hati terenyuh, adalah jawaban polosnya saat dirinya ditanya mengapa dirinya tidak ikut shalat bersama jamaah lainnya.

Nanti kak habis orang-orang sholat, aku rapikan dulu sandal mereka,” jawab Jovita seperti yang dikutip dari akun Instagram @makassar_iinfo.

Saat merapikan sandal [sumber gambar]
Luar biasa memang. Meski terlihat remeh, kebaikan semacam ini memang tidak banyak dilakukan oleh mereka. Terutama bagi seorang bocah seperti Jovita. Alhasil, kebaikan gadis kecil ini pun telah diketahui oleh para jamaah dan mengenalnya dengan akrab. Mereka menilai bahwa Jovita memiliki hati yang baik dan peduli terhadap kebaikan yang terkadang disepelekan seperti menata sandal.

Kisahnya yang dibagikan oleh akun instagram @makassar_iinfo, seketika langsung viral dengan banyaknya komentar dari warganet. Rata-rata mereka mendoakan Jovita yang tinggal di lapak pemulung Sunan Giri itu agar mendapatkan kebaikan. Beberapa bahkan memohonkan agar gadis tersebut diberi kelancaran rezeki.

Jovita yang menunggu giliran shalat seteah merapikan sandal [sumber gambar]
Sedekah dgn tenaganya, semangat terus dek, insha Allah dilancarkan rejekimu,” tulis akun Instagram @me.redi.

Ya Allah, semoga lindungilah anak yg mulia ini, jadikan ia anak yg sukses dunia akhirat.. Aamiin Allohumma Aamiin..” tulis akun Instagram @feny.m83.

BACA JUGA: Sekolah Sambil Jualan Bakso, Beginilah Perjuangan Bocah SD Melawan Kerasnya Kehidupan

Nasib memang menjadi misteri illahi yang tak akan mampu dijangkau oleh akal fikiran manusia. Mungkin, ia menjadi rezeki bagi yang mereka melewatkan masa kecilnya dengan penuh kenikmatan. Sementara yang lainnya, ditakdirkan sebuah nasib yang mengajarkan arti kehidupan yang sesungguhnya. Sama seperti kisah Jovita di atas, semoga kita bisa mengambil hikmah yang ada.