Alwiansyah adalah nama baru yang sedang viral belakangan, lantaran kemunculannya menyanyi dengan penghayatan lima ratus persen, sampai wajahnya nampak menye-menye. Hal ini terjadi tatkala ia muncul di acara Brownis yang dipandu Ruben Onsu.

Alwi berhasil menghibur dan bikin ketawa semua artis dan penonton. Bukan hanya karena ekspresi uniknya, tapi juga karena suara emasnya yang tak kalah indah dari Betrand Peto. Sejak saat itulah ia mulai ramai dibicarakan, bahkan mulai masuk ke acara lainnya seperti Tukul One Man Show. Serta menjadi incaran banyak channel Youtube artis karena potensinya ini.

Bocah yang baru saja menginjak bangku SMP tersebut memang sedang dalam perjalanan mengadu nasib di ibukota. Ada beberapa kisah di balik kehidupan Alwiansyah yang membuat Posan, eks drummer ‘Kotak’, bertekad mengorbitkan anak asli Amamotu, Sulawesi Tenggara itu.

Cerita punya satu HP tapi untuk orang serumah

Sebelum Alwi punya HP sendiri [Sumber Gambar: Instagram/alwiansyah29]
Alwi berasal dari daerah Amamotu, Sulawesi Tenggara. Ia dibesarkan oleh ayah yang seorang petani cengkeh. Biasanya sepulang sekolah, Alwi akan membantu orang tuanya memetik cengkeh dengan naik gunung. Menurut pengakuan Posan Tobing yang menemani Alwi di Jakarta, kondisi keluarga Alwi bisa dikatakan masih lumayan berkekurangan. Ponsel yang digunakan Alwi adalah satu-satunya ponsel yang digunakan untuk seluruh anggota keluarganya di rumah. Tapi siapa sangka dari ponsel itulah yang merekam Alwi hingga seterkenal kini.

Kecil-kecil mengadu nasib di ibukota

Posan tobing, eks drummer Kotak, mendampingi Alwiansyah [Sumber Gambar]
Bakat dan keunikan Alwiansyah ditemukan oleh Posan Tobing (eks drummer band Kotak). Ia diboyong dari Kolaka menuju Jakarta, karena Posan meyakini potensi Alwiansyah ini bisa dipupuk dan diorbitkan. Tak tanggung-tanggung, Posan sudah menyiapkan beberapa lagu buat Alwi si bocah viral. Untuk melakukan ini, Posan belajar dulu dari bagaimana Ruben Onsu membesarkan nama Betrand Peto. Karena tentu tak mudah mengajak anak semuda Alwi untuk belajar mengadu nasib di ibukota.

Ingin berangkatkan orang tua umroh dan belikan kasur empuk

Ekspresi unik Alwiansyah bisa mewujudkan keinginannya bahagiakan orang tua [Sumber Gambar: Instagram/alwiansyah29]
Dengan keluguannya, Alwiansyah mengaku senang bahwa dirinya bisa viral dan terkenal dengan positif di mata publik. Hal ini terungkap saat ia diwawancara dalam program talkshow Tukul hingga channel Youtube milik para artis seperti Gritte Agatha hingga Dewi Perssik. Di tengah menanjaknya popularitas, ada keinginan Alwiansyah membahagiakan orang tua, yakni memberangkatkan umroh dan membelikan kasur empuk yang layak buat istirahat orang tuanya. Hmm, mulia sekali cita-citamu…

Menolak diangkat anak oleh Dewi Perssik

Dewi Perssik menawarkan Alwi menjadi salah satu anak yang diasuhnya [Sumber Gambar: Youtube/Dewi Perssik]
Dalam sekejap setelah penampilan pertamanya di acara Ruben Onsu, Alwiansyah mulai dikenal oleh para artis senior seperti Judika dan Dewi Perssik. Selain suaranya yang bikin melongo, Depe bahkan menawari Alwi untuk diangkat sebagai anak. Hal itu dinyatakannya saat membawa Alwi berjalan-jalan naik mobil mewah. Namun sang bocah viral tidak serta merta mengiyakan, ia memilih pikir-pikir dulu.

BACA JUGA: 9 Bocah Bertalenta Super dan Membanggakan dari Indonesia

Jalan Alwi menuju popularitas masih panjang. Tapi, situasi belakangan ini cukup menjanjikan bagi dirinya mengikuti nasib para senior mujur yang juga berangkat dari daerah. Tetap rendah hati dan semangat terus menuju cita-cita muliamu ya, Alwi.