Bagi siapapun umat islam, puasa di bulan Ramadan tentu menjadi sebuah ibadah yang wajib untuk dijalankan. Tidak terkecuali mereka yang berprofesi menjadi seorang atlet sepak bola di Eropa. Meski harus melawan banyak rintangan, dari mulai latihan berat hingga pertandingan, namun banyak dari mereka tetap menjalaninya dengan khusuk.

Bahkan tidak jarang ketakwaan dalam menjalani ibadah tersebut harus diuji, dengan acap kali berhadapan oleh tentangan dari pihak ahli kebugaran klub. Menurut mereka puasa dan menjalani pertandingan bukanlah hal bagus. Pasalnya, akan mempengaruhi banyak aspek dalam tubuh. Tutur ahli kebugaran Ajax yang dikutip Bolasport.com. Walaupun begitu, namun ada sejumlah kisah tentang pemain yang kukuh untuk menjalani puasa lo sobat.

Mantan striker Wigan lebih baik dicadangkan dari pada tidak berpuasa

Kisah ini dimulai ketika Amr Zaki masih memperkuat Wigan Athletic pada tahun 2011-an. Di mana saat itu dirinya yang tengah mengarungi kompetisi Liga Inggris tetap bersikukuh puasa, meski harus menghadapi latihan dan pertandingan berat. Menurutnya yang dikutip dari Republika.co.id hanya sakit dan keadaan berpergian saja yang membuat bisa tidak menjalankan ibadah tersebut.

Amr Zaky Wigan Athletic [Sumber Gambar]
Bahkan pemain Mesir ini sempat berprinsip lebih baik dicadangkan dari pada tidak berpuasa. Bagi Zaki kondisi berpuasa tidak pernah membuat lemas, tapi malah menjadikan bersemangat untuk beraksi di lapangan hijau. Selama berseragam Wigan dirinya sukses mengemas lebih dari 20 gol.

Sulley Muntari berpuasa meski hadapi laga-laga berat di Liga Italia

Seperti halnya Zaki tadi, mantan punggawa AC Milan yaitu Sulley Muntari juga mempunyai kisah tentang ketakwaannya dalam mejalankan rukun islam ke 3 tersebut. Saat itu kala masih berseragam Inter Milan di laga melawan Bari, pria asal Ghana tetap menjalankan puasa meski harus menghadapi sejumlah rintangan. Mulai dari laga yang berat, cuaca, sampai tentangan dari pihak klub.

Sulley Muntari bermain untuk Inter Milan [Sumber Gambar]
Khusus untuk hal terakhir tersebut, tentangan datang dari pelatihnya sendiri yaitu Jose Mourinho. Ketika itu nahkhoda asal Portugal ini mempertanyakan keputusannya untuk tetap berpuasa dalam pertandingan. Menurutnya berpuasa bukanlah sebuah hal ideal untuk pemain kala mempengaruhi beratnya kompetisi Liga. Meski begitu, namun tetap terus memilih berpuasa walaupun menit bermain mulai dipotong.

Legenda Chelsea Demba Ba tetap berpuasa meski ditentang klub

Masih berbicara ketakwaan pemain yang bersikukuh untuk menjalankan puasa. Hal tersebut juga dirasakan oleh mantan legenda Chelsea Demba Ba. Pesepakbola yang kini berkarier di China tersebut memilih tetap jalankan kewajiban di bulan Ramadan meski ditentang oleh pihak kebugaran pemain klub. Dilansir Boombastis dari Poskotanews, Ba menolak kebijakan klubnya Chelsea yang saat itu tidak menyarankan pemainnya berpuasa saat Ramadan.

Dem Ba ketika memperkuat Chelsea [Sumber Gambar]
Selain memiliki ketakwaan yang bagus, mantan punggawa Newcastle ini terkenal merupakan aktor lapangan hijau yang religius. Hal ini dapat dibuktikan lewat corak-corak ajaran islam yang kerap dibawanya baik di dalam atau luar lapangan. Bahkan, ketika alami patah kaki beberapa tahun lalu, dirinya mengisi waktu penyembuhannya dengan mengaji dan berpuasa.

Para punggawa Timnas Tunisia jelang Piala Dunia 2018

Kisah ketakwaan di atas lapangan yang tidak kalah epic juga sempat dibuat oleh para punggawa Timnas Tunisia. Saat itu dalam laga uji coba melawan Turki sebelum Piala Dunia 2018, mereka yang dalam keadaan ibadah membatalkan puasa dengan cara unik. Di mana agar rekan-rekannya bisa berbuka puasa, penjaga gawang Tunisia Mouez Hassen pura-pura cedera agar laga terhenti.

Pemain Tunisia berbuka Puasa [Sumber Gambar]
Kabarnya selain melawan Turki, aksi Hussen model itu juga terjadi ketika Tunisia berujicoba melawan Portugal. Sedikit hal yang unik, namun bisa dibilang mempunyai manfaat yang besar. Apa kalian juga pernah melakukan hal semacam itu, sobat Boombastis?

BACA JUGA: Inilah 9 Potret Keislaman Para Pemain Bola Terbaik Dunia yang Bakal Membuatmu Bertasbih

Kisah-kisah tadi adalah sedikit bukti, kalau niat bisa menghilangkan beragam rintangan dalam berpuasa. Jadi, untuk kalian yang tidak mau berpuasa lantaran alasan ini dan itu, sebaiknya malu dengan cerita ketakwaan mereka tadi. Tapi, Boombastis yakin kalau para sobat pada rajin menjalankan ibadahnya.