Sahur merupakan waktu yang penting di saat bulan puasa. Bagaimana tidak, dari situlah kita bisa mengisi tenaga untuk digunakan beraktivitas sampai berbuka. Namun terkadang banyak orang yang menghabiskan beragam makanan pada saat sahur. Alasannya apalagi kalau bukan supaya bisa menahan lapar dan haus selama seharian.

Akan tetapi, sahur dengan mengonsumsi segala jenis makanan dan minuman belum tentu baik untuk tubuh. Bisa mengakibatkan badan menjadi lemas seharian dan tidak bersemangat. Kalau kalian mau melihat apa saja kesalahan yang dilakukan ketika sahur, bisa dilihat pada ulasan berikut ini.

Makan dengan porsi yang berlebihan

Makan terlalu berlebihan [Sumber Gambar]
Salah satu penyebab mengapa kalian masih lemas saat sahur, mungkin ini faktornya. Adalah makan dengan porsi yang berlebihan. Ini dilakukan karena dipercaya bisa membuat kita kuat dan anti lapar sampai berbuka nanti. Sebenarnya, teori ini salah besar lho Saboom (Sahabat Boom). Makan dengan porsi yang sangat banyak mengakibatkan perut menjadi kelebihan beban. Kalau ini dilakukan terus menerus, dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan juga kembung.

Terlalu banyak meminum teh

Mengonsumsi teh terlalu banyak [Sumber Gambar]
Alasan selanjutnya adalah meminum teh dalam jumlah yang banyak. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia karena katanya bisa mengurangi haus. Namun, lagi-lagi teori ini salah besar lantaran mengonsumsi teh terlalu banyak bisa membuat kita menjadi lebih sering buang air kecil. Akibatnya, tubuh kita kekurangan air dan mengalami dehidrasi. Solusinya kalau ingin minum teh, bisa mengonsumsi satu cangkir saja tanpa menggunakan gula. Dengan begitu, tubuh kalian akan terhindar dari yang namanya lemas seharian.

Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat

Konsumsi makanan tinggi karbohidrat [Sumber Gambar]
Kebiasaan kita saat sahur adalah menyamakan porsinya dengan waktu sarapan. Jadi, nasi ataupun roti ikut menjadi menu utama pada saat sahur. Sebenarnya, mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak tidak diperbolehkan. Penyebabnya, karbohidrat akan lebih cepat dicerna oleh tubuh. Sehingga, secara tidak langsung energi yang dihasilkan oleh karbohidrat juga cepat dilepas dari tubuh. Hal inilah yang mengakibatkan badan menjadi lemas. Jadi, supaya kalian tidak cepat lemas bisa mengonsumsi makanan seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum dan lain sebagainya. Selain kalian tidak kehilangan karbohidrat, rasa lapar juga tak akan dirasakan.

Meminum banyak air putih

Meminum terlalu banyak air putih [Sumber Gambar]
Air putih memang bagus untuk tubuh, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak buruk juga lho. Apalagi jika dilakukan saat sahur, pencernaan akan terganggu. Salah satu contohnya adalah dapat menaikkan asam lambung dalam perut. Alangkah lebih baiknya kalau ingin mengonsumsi air putih saat sahur harus minum secara bertahap. Minum segelas saat sebelum dan sesudah sahur. Kemudian, tambahkan juga konsumsi buah yang banyak mengandung air seperti melon ataupun semangka. Dijamin, selama seharian kalian tidak akan merasa kehausan.

Langsung tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur [Sumber Gambar]
Inilah yang paling banyak dilakukan setelah sahur. Yap, itu adalah langsung tidur setelah makan sahur. Sebenarnya, hal tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan lho. Alasannya karena asam yang ada pada lambung bisa naik ke kerongkongan. Kalau ini dilakukan secara terus menerus, bisa-bisa kalian mengidap penyakit kanker kerongkongan. Sehingga untuk kalian supaya tidak mengantuk saat setelah sahur, bisa melakukan aktivitas yang berguna. Misalnya mengaji, jalan-jalan di sekitar rumah atau olahraga kecil.

Saat sahur, memang kita diperuntukkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Namun, harus dengan cara yang benar supaya kalian tidak lemas dan menimbulkan penyakit. Sehingga mulai sekarang harus lebih diperhatikan cara-cara yang benar saat sahur ya. Jangan asal makan dan minum sembarangan. Tidak mau kan mengalami sakit setelah berpuasa?