in

Belajar Arti dan Nilai Sebuah Kesabaran dari Nur Kalim yang Ditantang Oleh Muridnya Sendiri

Nama Nur Kalim menjadi viral setelah video dirinya yang ditantang oleh muridnya sendiri tersebar di dunia maya. Meski banyak yang menghujat dan menyayangkan peristiwa tersebut, toh permasalahan tersebut ternyata telah diselesaikan oleh kedua belah pihak secara kekeluargaan. Dari sini, kesabaran Nur Kalim terlihat jelas.

Padahal, Nur Kalim bisa saja memberi pelajaran atau meluapkan emosinya kepada anak didik yang kurang ajar terhadap dirinya. Sekali lagi, di sinilah letak kekuatan dari sosok guru di SMP PGRI Wringinanom Gresik tersebut. Jiwa besar dan kesabarannya yang seolah tak bertepi, berhasil mengangkat derajat dirinya dengan menjadi sosok yang pemaaf.

Seperti yang ditulis oleh laman news.detik.com, ia bahkan menolak undangan pada acara talk show dari sebuah stasiun televisi. Jika dipikir-pikir, hal semacam ini tentu bisa ia manfaatkan agar semakin dikenal, sekaligus belum tentu datang dalam kehidupannya di masa yang akan datang. Namun, jawaban dari pria 30 tahun ini sungguh membuat hati terenyuh.

Sepakat berdamai dan memaafkan muridnya [sumber gambar]
Alih-alih tampil di TV, ia menolak dengan alasan ingin meninggalkan orang tuanya yang sedang sakit dan tanggung jawab sebagai seorang pengajar. Inilah salah satu bentuk lain dari kesabaran yang ada pada diri seorang Nur Kalim. Bukan popularitas yang ia prioritaskan, tapi sebuah tanggung jawab dari profesi yang disandangnya sebagai figur yang digugu dan ditiru.

Dapat hadiah umroh dan sepeda motor [sumber gambar]
Setiap kesabaran yang dilakukan, pasti akan berbalas pula kepada pemiliknya. Sama seperti Nur Kalim, banyak orang yang kini mengapresiasi apa yang telah diperbuatnya. Laman news.detik.com menuliskan, Ia menerima hadiah umrah ke tanah suci dari sebuah perusahaan pasar modal dan sebuah sepeda motor dari Anggota DPD RI, Ahmad Mawardi.

Sosok Nur Kalim menjadi panutan bagi yang lainnya [sumber gambar]
Jika diamati dengan seksama, sosok Nur Kalim tak hanya dikenal karena kesabaran dan jiwa besarnya yang mau memaafkan kesalahan orang lain terhadap dirinya. Lebih dari itu, ia juga memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi terhadap profesinya sebagai guru. Di mana ia merelakan tawaran tampil di stasiun TV dan memilih fokus untuk mendidik generasi masa depan.

BACA JUGA: Lawan Guru Hingga Pukul Pegawai, Kelakuan Para Murid Ini Bikin Resah Dunia Pendidikan

Kesabaran dan keluasan hati yang dimiliki seorang guru bernama Nur Kalim di atas, seharusnya menjadi cerminan bagi diri kita yang terkadang alpa dan lupa atas sifat mulia tersebut. Memang tak mudah menjadi seorang individu yang penyabar. Namun setidaknya, kita adalah termasuk orang-orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain. Mudah-mudah sikap seperti Nur Kalim di atas bisa menulari diri kita ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Waspada! Inilah 5 Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Penyakit Kanker Darah

4 Peristiwa yang Bikin Geram Netizen dan Bisa Selesai dengan Kata Maaf