in

5 Bukti Bahwa Kerukunan Antar Umat Beragama Masih Hidup di Indonesia

5. Kompleks Puja Mandala di Bali

Masyarakat Pulau Bali memang mayoritas beragama Hindu. Tapi, bukan berarti di sini tidak ada tempat bagi mereka yang beragama lain. Di Nusa Dua, Bali terdapat kompleks peribadatan yang unik. Bagaimana tidak, dalam satu kompleks di sini terdapat lima bangunan peribadatan yaitu Masjid, Gereja Katolik, Wihara, Gereka Kristen Protestan, dan Pura.

Kompleks Puja Mandala [Image Source]
Kompleks Puja Mandala [Image Source]
Karena terdapat 5 tempat peribadatan inilah maka tempat ini disebut sebagai Puja Mandala yang berarti tempat melakukan persembahyangan. Bisa dibilang, tempat ini merupakan miniatur kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Nah, bangunan ini juga membuktikan bahwa antar umat beragama bisa hidup saling berdampingan.

Asalkan jiwa toleransi dan mau menghormati orang lain masih hidup di hati kita, maka perpecahan atau pertengkaran karena masalah agama tidak akan terjadi. Lima hal yang sudah disebutkan di atas hanyalah contoh sebagian kecil yang menunjukkan bahwa antar umat beragama bisa hidup saling berdampingan. Maka jika ada orang yang menghasut dan menyebarkan kebencian, seharusnya dengan kepala dingin kita bisa menyadari bahwa apa yang dituduhkan adalah hal yang tidak benar. Kalaupun ada konflik, semua bisa diselesaikan dengan diskusi baik-baik.

Baca Juga : 10 Aliran Agama Unik Yang Tidak Ada di Indonesia

Jadi, tidak perlu ada pertikaian bukan?

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Alasan Mengapa Korea Utara Sangat Ditakuti Dunia!

Heboh! Bungkus Permen Pelesetkan “Ya Allah” Jadi “Yaowo” Biar Jadi Gaul!