Heboh! Bungkus Permen Pelesetkan “Ya Allah” Jadi “Yaowo” Biar Jadi Gaul!

oleh Adi Nugroho
08:56 AM on Oct 16, 2015

Bahasa bukanlah sesuatu yang stagnan atau paten. Seiring dengan perkembangan waktu, bahasa akan mengalami perubahan-perubahan kecil maupun besar. Indonesia sendiri sudah beberapa kali merevisi bahasanya, mulai dari EYD, hingga penambahan kata-kata yang diadopsi dari bahasa asing misal Bahasa Inggris, Bahasa Melayu, dan Bahasa Arab.

Selain bahasa serapan, dalam beberapa tahun belakangan mulai muncul bahasa gaul. Dalam Bahasa Inggris sering disebut dengan Slang. Dalam perkembangan bahasa dunia pasti muncul banyak sekali slang yang hadir dan digunakan sesuai dengan perkembangan zaman. Misal kata baper atau jomblo. Sekitar 25 tahun yang lalu mungkin kata ini belum ada dan digunakan tapi sekarang?

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Well, tren bahasa memang kadang memberikan kebaikan, tapi tak jarang justru menciderai beberapa kalangan. Misal kata-kata yang sengaja di-slang-kan atau digaulkan. Kita pun  harus pandai-pandai memilih kata. Jangan sampai kejadiannya seperti gambar di bawah ini.

Permen ada tulisan Ya Allah [image source]
Permen ada tulisan Ya Allah [image source]
Maksud dari bungkus permen di atas mungkin untuk membuat kelucuan. Mengubah kata “Ya Allah” menjadi “Yaowo”. Tapi hal ini menjadi sebuah kesalahan. Karena kenapa? Karena yang dibuat lelucon adalah Tuhan.

Tak seharusnya Tuhan dijadikan lelucon seperti di atas. Apalagi leluconnya hanya di bungkus permen. Seharusnya pihak agensi pembuatan bungkus permen atau pihak perusahaannya melakukan review produk dahulu. Kata-kata apa saja yang akan dicantumkan di bungkus permen yang mereka jual.

Jika seperti ini kejadiannya juga tidak baik. Bukanlah sebuah kesalahan jika Umat Islam marah dan menuntut perusahaan permen. Semoga setelah kejadian ini, tak akan ada lagi kejadian serupa. Karena jika masih terjadi, akan lebih banyak umat Islam yang merasa diciderai.

Mari bersama-sama menjaga tutur kata dan apa yang kita tulis. Jangan sampai yang kita lakukan membuat orang lain jadi sakit hati. Atau bahkan marah besar!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA