in

5 Kerbau Dengan Harga Termahal di Indonesia, Punya Satu Saja Akan Membuatmu Kaya Raya

Entah karena dinilai punya kekuatan mistis, membawa keberuntungan, atau sekedar kehobian, banyak hewan peliharaan yang dibelinya dengan harga yang sangat mahal. Jika sebelumnya ada lovebird yang harganya 2 miliar, seolah tak mau kalah, di Toraja ada kerbau yang harganya 1 miliar. Binatang yang disapa Si Belang ini akhirnya menjadi bahasan banyak orang dan terkenal.

Tak hanya Si Belang saja ternyata, ada beberapa kerbau lain yang bernasib sama beruntungnya dengan hewan ini. Alih-alih dijadikan sebagai kuli bajak sawah, ia malah diberikan perlakuan istimewa layaknya manusia, harganya juga tak kalah bikin rakyat jelata terbelalak. Nah, seperti apakah penampilan kerbau-kerbau mahal ini? Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Si Belang, kerbaunya yang setara dengan harga rumah

Kerbau Si Belang [Sumber gambar]
Dalam adat Toraja, ada yang namanya Rambu Solo, yaitu perayaan kematian seseorang. Dalam acara ini, kerbau menjadi elemen penting, di mana ia harus dikorbankan untuk menemani arwah orang yang meninggal menuju Puya (Surga). Sesuai namanya, si belang ini berwarna putih berbelang hitam di bagian tubuhnya, tanduknya berwarna kuning gading. Harganya sangat mahal karena ia memang kerbau langka yang hanya ada di Tana Toraja. Perkawinan sang kerbau dengan jenis sama belum tentu bisa menghasilkan keturunan yang sama. Berdasarkan penuturan pemilik dan pengasuhnya, si Belang ini pernah ditawar dan dihargai 1 miliar. Waw! Harga segitu mah lebih baik beli rumah.

Kerbau Bonga, mau beli harus punya uang ratusan juta dulu

Kerbau Bonga [Sumber gambar]

Kerbau satu ini juga tak kalah mahal dari Si Belang. Warnanya hanya kebalikan dari warna kerbau 1 miliar tersebut. kerbau Bonga memiliki warna dasar hitam dengan bagian putih di leher sampai wajah, serta bagian kaki. kerbau yang biasanya dijual di Pasar Bolu ini bisa mencapai harga ratusan juta loh Saboom. Bahkan ada pembeli yang menawar hewan yang biasanya digunakan untuk membajak ini seharga 300 juta rupiah. Jadi jika kamu ingin membeli kerbau ini pastikan bahwa kantongmu cukup tebal ya!

Bertanduk panjang, harganya tak kalah mahal

Kerbau Balian [Sumber gambar]
Selain warna, kerbau yang mahal harganya juga bisa dilihat dari tanduk yang ia punya. Kerbau dengan tanduk yang panjang akan dijadikan sebagai hewan aduan, salah satunya adalah jenis Balian. Kerbau ini terkenal dengan jawara dalam bertanding, makanya tak heran kalau harganya bisa sangat mahal. Dengan tanduk sepanjang 1-2 meter, Balian bisa dijual dengan harga 100 juta, harga paling murah biasanya 20 juta. Bagaimana, ada yang berminat dan ingin memelihara?

Tedong Bulan, kerbau bule dengan harga ganas

Kerbau Tedong Bulan [Sumber gambar]
Sesuai dengan nama, kerbau ini adalah jenis yang sama seperti kerbau milik Keraton Kesultanan Surakarta. Kerbau bule ini memiliki warna putih kemerah-merahan, badannya gempal, serta tanduk yang kuat dan besar. Namun, jangan terkecoh dulu dengan harganya, kerbau yang akrab dengan sapaan bule ini harganya tidak semahal teman-temannya yang di atas kok. Satu kerbau hanya dibeli dengan puluhan juta (tidak mencapai seratus juta). Jika kembali ke dalam kedudukan kerbau menurut masyarakat Toraja, kerbau ini adalah hewan yang masuk dalam kasta paling rendah.

Kerbau Petak, si bule yang dipercaya punya kekuatan mistis

Kerbau Bule [Sumber gambar]
Nah, kalau kerbau satu ini mungkin hampir sama dengan kerbau bule keraton Surakarta. Si Petak adalah peliharaan salah satu warga Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kudus. Petak didatangkan ke Kudus pada tahun 2011. Sejak awal keberadaannya, Petak sudah mengalami kejanggalan. Warsidi sang penjaga kandang mengatakan bahwa ada sesosok makhluk berperawakan hitam muncul dari tubuh kerbau tersebut. kemunculan makhluk halus ini selalu dalam pasaran pahing (tanggalan Jawa). Kerbau ini terbilang istimewa karena hanya nurut kepada sang penjaga kandang saja, terlebih ketika ia tiba-tiba mengamuk, Warsidi-lah yang bisa menenangkannya. Kerbau ini pernah ditawar dengan harga puluhan juta, namun karena lekat dengan kesan mistis ia tak pernah direlakan oleh pemiliknya.

Mungkin dalam tradisi Toraja, kerbau memang makhluk yang istimewa, hal tersebut dibuktikan dengan adanya kasta untuk hewan tersebut. Tak hanya di Toraja saja sih, beberapa daerah di Indonesia juga ada yang mengeramatkan kerbaunya. Tapi walaupun ada yang sampai dihargai ratusan juta sampai miliaran, tetap ada kok yang mau membeli. Mungkin jika Saboom semua pernah menemukan kerbau dengan harga yang fantastis boleh di share di kolom komentar ya!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Fakta Dena JKT48 yang Memilih Hengkang dari Idol Grup Hits karena Ingin Berhijab

Sering Dikira Rugikan Negara, Inilah Sumbangsih Besar Freeport Untuk Sepak Bola Papua