Sebagai perusahaan penguasa tambang bernama Grasberg membuat Freeport acap kali dipandang sebelah mata. Padahal meski mengeruk hasil bumi di tanah air, mereka juga ikut membantu mengembangkan Papua. Salah satunya melalui olahraga paling dicinta tanah air sepak bola. Perusahaan milik Amerika tersebut terus mendorong agar olahraga menendang bola ini terus berkembang di sana.

Bahkan melalui bantuan dananya tim paling besar di Papua ini mampu terus berlaga. Kedatangan Freeport untuk Persipura menjadikan tim yang pernah mengecap manisnya gelar liga ini terus mampu berkompetisi. Tidak hanya itu mereka juga membangun beberapa fasilitas di daerah timur Indonesia tersebut, Peran besar Freeport pastinya tidak hanya itu saja, masih banyak lagi seperti beberapa ulasan berikut ini.

Ikut serta dalam mengembangkan bakat muda di Papua

Akademi Persipura [Sumber Gambar]
Berbicara pontesi pemain asal Papua pastinya sangatlah banyak. Saking membludaknya setiap tahun ada saja pesepakbola asal bumi Cenderawasih yang muncul dengan bakat luar biasa. Seperti bisa melihat hal besar ini perusahaan tambang terbesar se-Asia Tenggara tersebut, juga hadir dalam mengembangkan bakat pesepakbola muda. Menggandeng Persipura Jayapura mereka sudah beberapa kali melakukan pelatihan atau sering disebut coaching clinic. Hal ini dilakukan agar ke depan semakin banyak pemain berbakat asal Timur Indonesia itu muncul. Tidak hanya itu saja, mereka juga ingin membuat anak-nak Papua bisa belajar bola dengan benar.

Danai kesebelasan legenda di sepak bola Indonesia

Kerjasama dengan freeport [Sumber Gambar]
Peran besar Freeport terhadap sepak bola Papua tidak hanya pada pembinaan saja. Pasalnya mereka juga beberapa tahun ini menjadi sponsor resmi klub Persipura Jayapura. Melalui suntikan dana dari perusahaan tambang yang sudah ada bertahun-tahun ini, tim berjuluk mutiara hitam dapat terus berjalan. Bahkan apabila di awal musim Liga 1 2018 lalu, Boaz dan kawan-kawan tidak dapatkan uang dari mereka, bisa saja nama besar tim berkostum merah itu saat ini tinggal kenangan. Sebagai penyokong utama PT Freeprot memang menjadi sumber pendanaan utama klub. Pada pagelaran kompetisi musim ini mereka suntikan dana lebih dari 10 Miliar untuk putaran 1 saja.

Ingin bawa nama harum persepakbolaan papua di dunia

Persipura lawan tim luar [Sumber Gambar]
Komitmen besar perusahaan tambang penghasil emas dan semua kawannya ini, tidak hanya ingin tim Mutiara Hitam berprestasi di Indonesia saja. Dilansir laman RMOL.co, mereka juga ingin menjadikan tim Persipura mampu membawa nama Papua di pentas dunia. Hal ini pastinya menjadi kondisi yang bagus, lantaran bila benar terjadi daerah timur Indonesia ini dapat tumbuh layaknya Brasil yang selalu jadikan rujukan para pencari bakat untuk mendapatkan pemain. Selain itu nasib Papua yang terkanal suram akan jauh dipandang lebih baik. Dalam sepak bola prestasi menjadi hal penting untuk menjadikan kesebelasan dijadikan rujukan atau dilihat dunia.

Mengubah nasib kelam orang Papua dengan sepak bola

Pemain Persipura [Sumber Gambar]
Dampak positif dari adanya perhatian Freeport untuk sepak bola pastinya tidak hanya beberapa hal tadi. Perusahaan tambah besar ini juga mengubah wajah Papua yang terkenal sebagai daerah paling tertinggal di Indonesia. Dengan tetap membuat hidup Persipura di kancah bola nasional ia juga urun serta memunculkan perawakan berbeda dari daerah Indonesia Timur itu. Hal ini terjadi lantaran kedatangan tim berkostum merah itu membuat Papua dipandang sebagai daerah penghasil bakat bola luar biasa,dan juga kesebelasan kelas atas, bukan daerah tertinggal seperti selama ini kita lihat.

Kedatangan Freeport ke Indonesia memang tidak selalu membawa derita untuk orang di sana. Hal ini dibuktikan dengan beberapa ulasan di atas. Meski tidak banyak yang mendapatkan keuntungan adanya perusahaan tambang tersebut, tapi bantuannya sukses mengubah sedikit nasib orang Papua yang suram dan kelam lewat sepak bola. Mudah-mudah ke depan perusahaan ini juga memberikan sumbangsih kepada sektor lainnya.