Serupa Tapi Tidak Sama, Miripnya Budaya India Dengan Budaya Indonesia

oleh Anas Anas
10:19 AM on Nov 2, 2016

Secara geografis, jarak antara India dan Indonesia sangat jauh. Pun demikian, tidak ada catatan sejarah yang mengaitkan sejarah Indonesia dengan sejarah India secara khusus. Oleh karenanya, baik Indonesia maupun India harusnya memiliki kebudayaan yang khas di negerinya masing-masing tanpa memiliki kemiripan.

Namun ternyata yang terjadi tidak demikian. Ada beberapa kebudayaan di India yang mirip dengan budaya Indonesia. Bahkan untuk beberapa hal, orang Indonesia akan dengan mudah beradaptasi dengan budaya India karena saking miripnya. Nah, sebenarnya apa saja kemiripan-kemiripan itu? Agar tidak penasaran, ini dia, serupa tapi tidak sama, miripnya budaya India dengan budaya Indonesia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Kekayaan Rempah dalam Sajian Makanan

Indonesia dari dulu memang terkenal dengan kekayaan rempahnya. Tak heran jika setiap masakan khas Indonesia selalu bercampur rempah-rempah yang lezat dan menggugah selera. Di India juga terjadi hal yang demikian. Masakan India juga kaya akan perpaduan rempah-rempah layaknya di Indonesia. Kunyit, jahe, ketumbar, dan cengkeh adalah beberapa bumbu yang biasa digunakan dalam kuliner kedua negara.

Rempah-rempah [image source]
Rempah-rempah [image source]
Perbedaannya, kuliner India memakai kuantitas rempah yang lebih banyak ketimbang Indonesia. Jika Indonesia memiliki kuliner gulai kambing yang rasanya maknyus lengkap dengan nasinya, maka di India ada sajian gulai domba yang dipadukan dengan roti prata. Keduanya memiliki cita rasa yang membangkitkan selera. Ini jugalah yang menjadi kekhasan keduanya.

2. Nasi Sebagai Makanan Pokok

Nasi yang merupakan makanan pokok di Indonesia, ternyata juga mempunyai kedudukan yang sama di India. Baik di Indonesia maupun India, masyarakatnya sudah terbiasa makan dengan bermacam olahan nasi lengkap dengan lauk pauknya. Bedanya, di Indonesia nasi lebih penting daripada apapun. Sebagian masyarakat Indonesia beranggapan “belum makan” jika belum makan nasi, padahal ia sudah memakan bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat, seperti mie ataupun roti.

Nasi India [image source]
Nasi India [image source]
Di India, roti sebenarnya juga menjadi makanan pokok yang lain. Sementara di Indonesia, roti hanya sekedar cemilan. Bahkan masyarakat Indonesia ada juga yang memakan nasi bercampur mie secara bersamaan, padahal keduanya sama-sama mengandung karbohidrat. Meski demikian, baik Indonesia maupun India mempunyai santapan nasi yang sudah mendunia, yakni nasi padang dari Indonesia dan nasi biryani dari India.

3. Miripnya Selera Musik India dan Indonesia

Di Indonesia memang banyak aliran musik, namun bila ada yang bertanya musik mana yang benar-benar asli dari Indonesia maka jawabannya pasti sepakat dangdut adalah musik Indonesia. Kekayaan bunyi dan irama pada musik dangdut dan juga cengkok khasnya bila didengarkan tidak akan jauh beda dengan musik India. Bahkan untuk memperkaya pertunjukkan musik keduanya terkadang juga dipadukan dengan bermacam tarian.

Dangdut dan musik India memiliki kemiripan [image source]
Dangdut dan musik India memiliki kemiripan [image source]
Musik dangdut selalu identik dengan gendang. Unsur melayu dan arab yang ada dalam lagu-lagu dangdut selalu disatukan oleh pukulan-pukulan gendang. Alat inilah yang menjadi nyawa dalam musik dangdut, meski juga tidak meminggirkan peran alat musik yang lain. Meskipun mirip, tapi tetap tidak ada klaim bahwa musik dangdut berasal dari India. Musik dangdut memang musik Indonesia.

4. Kebudayaan Cerita Mahabarata yang ada di India dan Indonesia

Kemiripan antara India dan Indonesia yang sukar dijelaskan sampai sekarang adalah adanya cerita Mahabarata di kedua negara. Jika ditanya kepada orang Indonesia, dari mana asal Mahabarata, jawabnya pasti Indonesia. Begitu juga sebaliknya, jika ditanya kepada orang India, dari mana asal Mahabarata, pasti jawabnya India. Kemiripan ini memang tidak lepas dari sejarah dulunya agama Hindu pernah bermukim lama di tanah Indonesia kuno.

Kemiripan Mahabarata di Indonesia dan India [image source]
Kemiripan Mahabarata di Indonesia dan India [image source]
Meski sama-sama memiliki cerita Mahabarata, ternyata ada bebarapa perbedaan cerita di dalamnya. Misalnya dalam Mahabarata versi India, Drupadi menjadi istri dari kelima Pandawa, yakni Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Tapi menurut Mahabarata versi Indonesia, Drupadi hanya menjadi istri dari Yudhistira. Ini tidak lepas dari budaya di Indonesia yang memang melarang seorang perempuan mempunyai banyak suami.

Nah, itulah tadi miripnya budaya India dengan budaya Indonesia. Meski mirip, tetap saja budaya Indonesia tidak bisa disamakan dengan budaya India. Bisa dikatakan budaya adalah wajah dari suatu negara. Oleh karenanya, setiap warga negara wajib untuk melestarikannya.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA