Fenomena Astronomi Mahadahsyat di Tahun 2016, Kamu Beruntung Kalau Bisa Melihatnya!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 2, 2016

Kita bisa mengatakan kalau 2016 adalah tahun terbaik untuk event astronomi. Pada tahun ini sederet fenomena astronomi cukup besar terjadi dengan sebegitu uniknya. Bahkan beberapa orang sampai kagum dan melakukan perjalanan cukup jauh dari negaranya hanya untuk menyaksikan peristiwa itu dengan sempurna.

Oh ya, peristiwa astronomi yang terjadi tidak setiap tahun terjadi. Gerakan bumi dan benda langit lain yang tanpa henti membuat peristiwa yang sama bisa terjadi beberapa puluh atau ratus tahun lagi. Kalau kamu bisa menikmati peristiwa astronomi yang terjadi pada tahun 2016 ini, kamu adalah orang yang beruntung.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Gerhana Matahari Total 2016

Pada tanggal 9 Maret 2016 lalu, Indonesia mengalami satu fenomena gerhana matahari terbaik sepanjang sejarah. Gerhana Matahari yang terjadi di pagi hari dan melewati 12 provinsi ini menjadi perhatian banyak orang dari seluruh dunia. Mereka berbondong-bondong untuk datang dan mengabadikan momen hebat yang belum tentu terjadi setiap tahunnya.

gerhana matahari total 2016 [image source]
gerhana matahari total 2016 [image source]
Gerhana matahari total yang terjadi pada tahun 2016 silam bukanlah yang pertama terjadi. Sebelumnya pada tahun 1983, 1988, dan 1995 gerhana matahari total pernah melintas di atas Indonesia. Oh ya, kalau kamu belum menyaksikan fenomena gerhana matahari total, tunggulah sekitar 7 tahun lagi. Pada tahun 2023, Indonesia akan mengalami gerhana matahari total lagi.

2. Supermoon Terbesar Sepanjang 70 Tahun

Supermoon adalah fenomena di mana matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis dan bulan berada pada titik terdekatnya dengan bumi. Fenomena ini sebenarnya umum terjadi dengan tempo 13 bulan sekali. Namun, untuk mendapatkan bulan dengan ukuran paling besar ketika dilihat dengan mata telanjang tidak jadi setiap saat.

supermoon terbesar [image source]
supermoon terbesar [image source]
Peristiwa supermoon atau sering disebut juga dengan perigee moon ini pernah terjadi pada tahun 1948. Setelah tahun itu praktis tidak ada bulan yang terlihat lebih besar dari bumi. Kalau kamu ingin menyaksikan fenomena yang mahadahsyat ini, perhatikan langit pada tanggal 14 November 2016. Bulan  akan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang.

3. Blue Moon yang Sangat Langka

Blue moon adalah sebuah fenomena yang cukup langka di mana dalam satu bulan terdapat dua kali purnama penuh. Normalnya, dalam satu bulan hanya terjadi satu kali purnama penuh dan kadang gerhana bulan penumbra yang membuat satelit bumi itu jadi agak redup.

blue moon yang sangat langka [image source]
blue moon yang sangat langka [image source]
Sekadar informasi saja, blue moon bukanlah bulan yang warnanya berubah menjadi biru seperti warna pantai. Blue moon hanyalah istilah yang menggambarkan adanya dua kali purnama penuh yang terjadi dalam satu bulan saja. Oh ya, pada tahun 2016 ini, blue moon terjadi pada tanggal 21 Mei dan akan terjadi lagi pada tahun 2019 atau 3 tahun dari sekarang.

4. Hujan Meteor Perseid Terbesar

Perseid adalah salah satu hujan meteor terbaik yang selalu terjadi setiap tahun pada musim panas. Dalam satu jam, hujan meteor yang terletak di dekat rasi bintang Perseus ini terjadi sebanyak 80-100 kali. Jumlah ini akan terus menurun seiring berjalannya waktu karena posisi rasi bintang dan juga bumi terus bergerak secara dinamis.

hujan meteor perseid [image source]
hujan meteor perseid [image source]
Hujan meteor perseid yang terjadi di 2016 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya hujan meteor perseid yang terjadi pada tahun 2016 ini akan terjadi sebanyak 150 terjunan setiap jam. Fenomena ini terjadi pada tahun 1993 dan 2005. Jika dilihat dari tahun terjadinya hujan meteor, fenomena ini terjadi setiap 11-12 tahun sekali.

Inilah fenomena astronomi yang terjadi pada tahun 2016. Dari beberapa fenomena di atas, mana yang sempat kamu liat dan nikmati kedahasyatannya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA