in

Kelezatan 10 Makanan Khas Daerah di Indonesia Ini Bakal Membuatmu Batal ke Luar Negeri

Ayam Betutu [image: source]

Keragaman memang sudah jadi identitas negara kita ya guys, mulai dari kebiasaan hingga adat budaya masing-masing daerah memiliki ciri khas. Hingga soal makanan pun, di tiap sudut bumi nusantara memiliki hidangan andalannya sendiri-sendiri. Tentunya hal ini tidak terlepas dari lingkungan hidup, ketersediaan bahan makanan, dan pengalaman yang berbeda di tiap tempat. Sehingga, bahan-bahan yang ada di sekitar dipadu dengan bumbu-bumbu hasil racikan leluhur menciptakan santapan yang tak ayal bikin lidahmu bergoyang.

Saking lezatnya, rasanya kamu dibuat nggak puas kalau hanya mencicipi makanan daerah ini hanya sekali. Setelah merasakan, lagi dan lagi kamu ingin melahapnya. Maka alih-alih ingin plesiran atau menetap di luar negeri, kenikmatan kuliner khas nusantara bakalan membuatmu batal pergi. Penyebabnya, kamu terlanjur sayang pada makanan khas nusantara yang membuatmu susah berpaling dari Indonesia.

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung [image: source]
Berisi mie gepeng, tauge, dan potongan kikil kecil-kecil, mie ini memberikan rasa unik yang susah dilupakan. Apalagi kuah kental Mie Kocok Bandung yang nggak mungkin ditemui di produk sejenis, membuat makanan satu ini tetap awet jadi favorit segala usia. Selain itu tambahan bakso daging, sawi hijau, dan bihun juga menambah kesempurnaan seporsi Mie Kocok Bandung.

Ayam Betutu

Ayam Betutu [image: source]
Menggunakan teknik olahan yang unik, Ayam betutu berbahan satu ayam utuh dibubuhi bumbu spesial lalu dibakar. Setelah masak, daging ayam benar-benar lembut dan kaya akan cita rasa. Makanan khas Pulau Dewata ini membuat wisatawan luar dan dalam negeri buru-buru ingin melahapnya.

Papeda Irian Jaya

Papeda Irian Jaya [image: source]
Berbeda dengan beberapa masakan tradisional yang mengandung kolesterol cukup tinggi, Papeda terbuat dari bubur sagu. Meski rasanya tawar, penyajian papeda dengan ikan tongkol berbumbu kunyit adalah hidangan sangat lezat. Selain itu guys, masakan ini juga masuk kategori rendah kolesterol dan mengandung serat dan nutrisi tinggi. Bisa nih jadi pilihan kamu penggila makanan sehat.

Rendang Padang

Rendang Padang [image: source]
Makanan berbahan dasar daging dan santan kelapa ini memang sangat lezat. Bumbu masakan ini pun hanya bisa lengkap jika dibuat di Indonesia. Meski ada beberapa restoran yang menyajikan masakan ini di luar negeri, tetap saja masih kalah dengan cita rasa asli khas tanah air.

Tinutuan

Tinutuan [image: source]
Lebih dikenal dengan nama bubur Manado, makanan ini asli kreasi masyarakat tanah air. Berbeda dari bubur biasanya yang berbahan dasar beras, Tinutuan dibuat dari bahan dasar singkong atau ubi jalar yang dihaluskan. Hidangan ini semakin kaya rasa karena dicampur dengan jagung muda, sayuran, ikan, dan bumbu khas Sulawesi Utara. Bisa dibilang, Tinutuan ini adalah bubur ternikmat yang pernah ada.

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja [image: source]
Yang satu ini merupakan makanan legendaris khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Terbuat dari bahan dasar nangka muda yang diuleni dengan gula merah dan santan, makanan ini cocok memanjakan pecinta rasa manis. Nah, paduan gudeg dengan ayam goreng, tempe bacem dan sambal krecek bakalan membuatmu ketagihan.

Pempek Palembang

Pempek Palembang [image: source]
Pempek, makanan khas yang sangat populer hingga ada di seluruh penjuru Nusantara. Berbahan dasar ikan dan tepung, makanan ini lezat dicomot bersama saus gula campur cuka. Selain itu, beberapa orang juga menikmati hidangan ini dengan kuah.

Gulai Belacan Riau

Gulai Belacan Riau [image: source]
Rahasia kelezatan makanan ini adalah pemanfaatan bumbu terasi, rempah khas tanah air dan beberapa sayuran sederhana yang dipadukan. Gulai Belacan berbahan dasar ikan laut termasuk udang atau lobster. Uniknya rasa yang dihadirkan, membuat makanan ini jadi buruan turis Internasional.

Kwe Kia Theng Aliung Pontianak

Kwe Kia Theng Aliung Pontianak [image: source]
Makanan ini sejenis kwe tiau namun dimasukkan dalam kaldu kecap kemudian dicampur semur telur dan daging. Daya tarik sajian ini adalah pada rasa daging sapi dan jeroan yang diolah menjadi gurih dan lezat saat dihidangkan dengan kaldu.

Gohu Ikan Maluku

Gohu Ikan Maluku [image: source]
Kalau Jepang memiliki menu andalan bernama Sashimi, maka Gohu bisa disebut Sashimi khas Ternate. Bahan dasar makanan ini adalah ikan tuna segar yang ditaburi garam dan dipadu perasan lemon dan kemangi. Selain itu, ikan segar tersebut dilumuri tumisan minyak kelapa, bawang merah, dan cabe rawit. Sebagai sentuhan terakhir, di atas hidangan ditaburi tumbukan kacang tanah goreng.

Kesepuluh makanan lezat di atas hanya sebagian kecil dari makanan khas Nusantara yang ada. Tentu di berbagai sudut kota masih banyak makanan enak yang tentu belum kamu coba. Karena itu, yuk buruan jelajahi setiap sudut tanah air, sebelum melirik negara lain.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Jawatan Benculuk, Tempat Wisata di Banyuwangi yang Berasa “Tersesat” di Dunia Lain

Bukannya ‘Takut’, 5 Kuliner Horor Ini Malah Lagi Banyak Diburu