Suasana mencekam dan rusuh menyelimuti daerah sekitar Jalan KS Tubun, Jakarta Barat. Ya, demo 22 Mei terjadi karena banyak massa yang menuntut hasil akhir pemilu 17 April lalu. Mereka tidak terima dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  sehingga berduyun-duyun melakukan aksi di depan gedung Bawaslu.

Untuk mengatasi massa yang berdemonstrasi, ribuan satuan keamanan dari TNI dan Polri diterjunkan guna menghalau mereka. Selain itu, awak media juga tak kalah, mereka sebisa mungkin melaporkan kondisi terkini dari TKP melalui live-streaming di stasiun televisi masing-masing.

Nah, di antara ricuhnya aksi demo ini, ada momen yang membuat netizen tak jadi tegang, yaitu aksi lucu seorang kameramen dari Kompas TV. Ia kemudian viral di media Twitter yang mengunggah video dengan backsound suara si kameramen. Salah satunya adalah akun @juriglagu. Dalam video berdurasi 18 detik tersebut, ia tampak meminta seseorang untuk memegang kamera yang ia pakai untuk meliput, sambil berkata “pegang bentar dong. Bentar ya bang, benerin celana dulu, benerin celana melorot, tar lari-lari melorot lg.”

Ternyata tidak hanya satu saja, ada beberapa video lain di mana ada berbagai celetukan sang kameramen yang ikut terekam dan masuk live report, didengar oleh seantero netizen Indonesia. Salah satunya ini nih, momen di mana ia mengatakan “Gua agak mundur dulu bang ya, perih juga mata gua bang.” Video ini mungkin diambil saat aparat menyemperotkan gas air mata untuk memukul mundur para demonstran.

Di video lain, ia tampak bingung karena kamera yang kehabisan baterai. Sambil nyeletuk “Batre habis bang, batre habis bang. Batre habis nih.” Kamera juga tampak tidak fokus dan bergoyang-goyang, padahal posisinya sedang live report di lokasi kejadian. Karena ini banyak netizen gemas sama si abang ini.

Video terakhir adalah saat si kameramen mengambil video para aparat yang menembakkan peluru ke angkasa. Tujuannya sih jelas buat menakuti massa yang masih ngotot untuk merangsek maju. Sebagai pemanis, di akhir video malah terdengar suara “aduh, budek kuping gue.”

Karena kompilasi kata-kata yang ia keluarkan di sela-sela liputan inilah banyak yang kepo dan ingin tau siapa sih sosok di balik kamera tersebut? Ternyata tak butuh waktu lama untuk mengetahuinya. Si pria ini bernama Vebry Jems. Pihak Kompas TV sendiri yang kemudian memberitahu awak medianya yang sedang dicarcari oleh para netizen. Sang partner, Gibran Muhammad –jurnalis yang juga ikut meliput—juga sempat memperkenalkan Vebry kepada netizen melalui akun Twitter pribadinya @gibgibran.

BACA JUGA: Sisi Lain di Balik Ricuhnya Demo di Bawaslu, Duh Bikin Hati Ketar Ketir dan Enggak Tenang

So, sekarang udah bisa tidur dengan nyenyak kan netizen? sudah enggak penasaran lagi dengan sosok lucu yang celananya melorot saat liputan itu. Setidaknya, Vebry membuat suasana media sosial yang tadinya ribut karena kerusuhan menjadi adem ayem plus mencair berkat jokesnya. Terima kasih loh, Mas Veb!