Hansip atau pertahanan sipil merupakan organisasi yang berfungsi untuk pertahanan, keamanan, mobilisasi rakyat serta untuk pertahanan melawan musuh. Hansip ini juga berperan dalam pembinaan ketertiban masyarakat, menginisiasi ketika ada kegiatan-kegiatan sosial seperti kematian, hajatan, upacara keagamaan dll. Bahkan, mereka bisa maju ke garda depan saat terjadinya bencana.

Ngomong-ngomong tentang Hansip, kali ini kita akan mengulas sisi lain mereka sebagai pengaman desa atau daerah. Meski dikenal sebagai sosok sangar dan tegas, beberapa Hansip juga terkenal karena tingkah laku mereka yang menggelikan.

Hansip viral Wa Brontok

Yap, kalau berbicara tentang Hansip yang lucu dan viral, tentu kita tak bisa lepas dari sosok yang satu ini. Namanya Wa Brontok yang berasal dari Desa Sukrawetan, Indramayu. Wa Brontok sendiri terkenal karena pidatonya yang membuat netizen tak berhenti tertawa. Wa Brontok dengan percaya diri memegang mikrofon, meski terbata-bata dan kadang diselingi dengan kata-kata lawak. Namun, karena penyakitnya, ia diketahui meninggal dunia pada Senin, 19 Februari 2018 lalu.

Karena grogi, hormat Hansip kepada bupati NTT ini jadi sorotan

Saat bertemu dengan sosok orang yang punya jabatan tinggi, grogi itu pasti ada ya. Hal itulah yang terjadi dengan seorang Hansip asal NTT ini. Pada momen penyambutan Bupati NTT 2016, dua orang hansip terekam video memberikan hormat. Dengan lantang ia berkata ‘hormat grak’ sambil mengangkat tangan. Namun, karena grogi berlebihan, ia kemudian menurunkan tangannya tanpa berkata ‘tegak grak’. Ketika mengucapkan ‘tegak grak’ ia malah mengangka tangan lagi. Bupatinya aja sampe heran dan merasa lucu~

Bahkan, Hansip pun belajar baris berbaris

Momen baris-berbaris ini biasanya dilakukan oleh mereka yang ikut pramuka atau paskibraka, serta satuan-satuan keamanan lain, termasuk Hansip. Dalam video di atas, Sahabat Boombastis semua bisa melihat bagaimana lucunya momen ketika para Hansip ini latihan berbaris. Bahkan, lencang kanan, lencang kiri, balik kanan dan balik kiri saja masih banyak salahnya. Ya, hal itu karena memang mereka yang menjadi Hansip bisa saja tak punya latar belakang sebagai anggota keamanan lainnya, maklumi saja ya!

Daripada gabut mending goyang jaipongan aja

Hansip satu ini mungkin sedang gabut atau bisa juga sengaja menghibur orang yang ada di sekelilingnya. Karena mendengar lagu jaipong dimainkan ia langsung berjoged di parkiran motor. Aksi Hansip ini kemudian direkam oleh salah seorang netizen dan diunggah ke YouTube. Video jaipongan Hansip ini berdurasi satu menit dan cukup menjadi hiburan untuk kamu yang sedang gabut atau galau karena belum bisa keluar rumah akibat pandemi corona.

BACA JUGA: Terkenal dengan Pidato Gokilnya, Hansip Wa Brontok Dijemput Ajal dengan Kondisi Memilukan

Meski tidak setenar satpam dan petugas keamanan lain, Hansip masih tetap berjasa dalam beberapa kegiatan. Mereka biasanya hadir untuk menjaga ketertiban pemilihan umum, hajatan, bahkan saat ada bencana.