Uang merupakan prioritas utama yang dicari masyarakat dunia. Tanpa uang manusia tidak bisa menghidupi dirinya juga keluarganya. Namun bagaimana cara masyarakat dunia menyimpan uang?

Artikel Lainnya
Deddy Corbuzier Punya Pacar Baru, Begini Komentar Mantan Istrinya yang Ngademin
Mengenal People Power, Kesadaran Rakyat yang Ada Pada Penganut Teori Bumi Datar

Baca Juga :7 Kebiasaan Makan Yang Hanya Dimiliki oleh Orang Indonesia

Didunia modern ini, mereka banyak mengandalkan bank untuk mengamankan uangnya. Bahkan adapula yang menyimpan dalam bentuk barang seperti emas, tanah dan bangunan. Beberapa tahun yang lalu, kebiasaan masyarakat kita dalam menyimpan uang benar-benar unik. Masih belum ada bank, mereka benar-benar mamanfaatkan barang yang ada di sekitar. Berikut kita simak kebiasaan unik masyarakat Indonesia menyimpan uang.

1. Bawah Bantal

Biasanya bantal digunakan untuk alas kepala ketika tidur. Namun, di Indonesia bantal memiliki fungsi ganda sebagai tempat penyimpan uang. Banyak masyarakat yang menyakini di bawah bantal adalah tempat teraman untuk menyimpan uang.

Uang di Kasur (c) jejakkemakom
Uang di Kasur (c) jejakkemakom

Alasannya, ketika tertidur pulas, uang yang tersimpan akan aman karena tertindih kepala. Adapula yang sampai menyimpannya dibawah kasur. Meski sudah menjadi rahasia umum, mereka masih menyimpan di tempat yang sama loh.

2. Celengan Ayam Jago

Ingat dengan celengan ayam jago? Tempat unik bisa menjaga uang kita selama bertahun-tahun. Biasanya uang saku yang diterima ditabung ke badan si jago. Lama-kelamaan si jago menjadi semakin berat.

Celengan Ayam Jago (c) soekarto
Celengan Ayam Jago (c) soekarto

Karena takut dicuri, banyak dari mereka yang memiliki si ayam jago menyembunyikan didalam almari atau di bawah tempat tidur. Ketika musim pecah celengan si jago harus rela di pecah hingga uang tercecer kemana-mana. Namun si jago ini memang tempat aman untuk menyimpan uang dari keborosan kita.

3. Dompet dari Toko Emas

Kalau jalan-jalan di pasar tradisional pasti sering lihat ibu-ibu menenteng dompet kecil berlabel nama toko emas. Dompet berukuran mini ini, paling banyak dipakai menyimpan uang belanja ibu-ibu.

Dompet-Toko-Emas-(c)-bursam
Dompet Toko Emas (c) bursamuslim

Meski terlihat kuno, naun masih banyak yang menggunakannya. Mereka percaya dengan dompet kecil maka pengeluaran yang dikeluarkan juga kecil sehingga uang tersimpan dengan aman.

3. Diselipin di Peci

Selain sarung, aksesoris yang menjadi andalan para bapak-bapak adalah peci. Selain digunakan untuk sholat, peci yang dipakai bapak-bapak ini juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk menyimpan uang.

Uang di Peci (c) anonkuncoro
Uang di Peci (c) anonkuncoro

Meski terkesan sembrono, mereka beranggapan tempat paling nyaman menyimpan uang di peci mereka. Selain mudah di ambil juga tidak ribet harus membawa dompet.

5. Di dalam Kemben

Jika bapak-bapak di selipin di peci lain halnya dengan ibu-ibu jaman dulu. Karena kebanyakan dari mereka memakai kemben atau kebaya, mereka menyimpan uang diselah kembennya.

Kemben (c) benday
Kemben (c) benday

Uang akan aman jika disimpan di dalam kemben, selain hanya dirinya sendiri yang bisa mengambil, pencuri tidak mungkin akan mengambil dari badan ibu-ibu ini.

6. Ujung Selendang

Jika para ibu-ibu menyimpan di dalam kemben, ibu-ibu menyusui juga memiliki tempat pribadi untuk menyimpan uang. Karena setiap hari menggunakan selendang, biasanya mereka meletakkan diujung selendangnya.

Selendang (c) jacomp
Selendang (c) jacomp

Uangnya di taruh di ujuang selendang, lalu menggulung ujung selendang dan menyimpulnya hingga uang tersembunyi di dalam selendang. Selain aman, mereka tak perlu menenteng dompet ketika berbelanja.

Meskipun di rasa kurang aman jika melihat tingkat kejahatan saat ini, Namun hal-hal tersebut menjadi sebuah budaya bagi mereka. Apakah dari anda ada tempat aman yang unik selain si atas?