in

Masuk Peringkat Atas Negara Terkuat Asia, Begini Adu Kekuatan Militer China dan Jepang

Tentara Cina vs Jepang

Hubungan Cina dan Jepang beberapa waktu ini agak memanas. Penyebabnya adalah terkait celetukan mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yang dianggap mendukung Taiwan. Seperti yang diketahui Cina memang sedang berusaha untuk merangkul Taiwan masuk menjadi bagian dari mereka.

Dilihat dari sisi militer, Jepang dan Cina termasuk militer paling kuat di Asia bahkan di Dunia. Menurut data dari globalfirepower.com, saat ini Cina berada di peringkat 3 dunia sedangkan Jepang di posisi 5. Lalu seperti apa perbandingan detail keduanya? Simak ulasan yang dilansir dari globalfirepower.com berikut.

Tentara aktif, Cina menang telak

Tentara Cina vs Jepang

Pertama menyinggung soal jumlah tentara aktif. Jepang kalah telak karena hanya memiliki sekitar 250 ribu tentara aktif. Coba tebak Cina berapa tentaranya yang siap tempur? 2.185.000 tentara! Jumlah ini juga jadi yang paling banyak di dunia. Tak heran juga kenapa Cina memiliki tentara yang bejibun mengingat negara ini populasi penduduknya nomor satu di dunia.

Kekuatan alutsista udara keduanya

kekuatan udara Cina vs Jepang

Tak hanya untuk urusan jumlah tentara, di ranah alutsista udara Cina juga mendominasi Jepang. Misalnya untuk pesawat mereka memiliki sekitar 3.260 buah sedangkan Jepang 1.480. Kemudian untuk pesawat tempur Cina memiliki sekitar 1.200 sedangkan Jepang hanya sekitar 256 buah saja. Lalu untuk helikopter, helikopter tempur, hingga pesawat transport Cina rata-rata memiliki dua kali lipat jumlah unit yang dipunyai Jepang.

Kekuatan tempur darat, Cina juga unggul

Parade militer Cina [sumber gambar]
Cina memang secara umum memiliki jumlah alutsista yang melimpah di ketiga matra darat, laut, dan udara. Untuk kekuatan darat mereka masih mendominasi Jepang. Misalnya untuk jumlah tank, mereka punya sekitar 3.205 buah, sedangkan jepang di angka 1.004. Lalu untuk kendaraan lapis baja Cina memiliki sekitar 35 ribu buah, sedangkan Jepang hanya 5.500 saja. Belum lagi artileri-artileri lain Cina memiliki jauh lebih banyak dari Jepang.

Kekuatan laut Cina lebih kuat

Kapal induk Cina [sumber gambar]
Seperti yang kita tahu jika kekuatan laut Cina juga masif. Misalnya mereka memiliki dua kapal induk di mana Jepang sama sekali tidak punya. Kemudian untuk kapal selam Cina memiliki sekitar 79 buah di mana jumlah ini adalah yang paling banyak di dunia. Jepang sendiri hanya memiliki sekitar 20 buah saja. Lalu untuk kapal frigates dan corvette, Cina masing-masingnya memiliki sebanyak 46 dan 72 buah. Sedangkan Jepang tak punya frigates dan hanya 6 corvette saja.

Baca juga: Inilah 5 Organisasi Militer Indonesia Bentukan Jepang yang Dikenal Sangat Gahar

Melalui data di atas bisa kita ketahui Cina cukup unggul dibanding Jepang. Tapi apa pun data yang ada semoga tidak sampai terjadi bentrok di masa depan. Apalagi isu soal Taiwan adalah hal yang lumayan sensitif bagi Cina.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Cerita Sedih Nenek Lumpuh yang Dipolisikan Anak-anaknya Gara-gara Warisan

Diminta Nikahi Pria Lain karena Calonnya Kecelakaan, Wanita Ini Bertahan Buktikan Cinta