Kalau berbicara presiden Indonesia dan pidato, umumnya masyarakat akan langsung mengingat sosok Soekarno. Tidak dipungkiri memang jika orasi si Bung Besar ini luar biasa. Andai kita hidup di masanya, maka pasti terbakar sudah jiwa nasionalisme ini. Sepeninggal beliau tak banyak sosok pemimpin kita yang ikonik dengan pidatonya. Sampai akhirnya muncul seorang Jokowi.

Mungkin kamu nggak sadar, tapi soal pidato Jokowi juga jago. Mungkin tidak segarang si Bung, tapi ketika mantan Walikota ini bicara, semua orang sukses dibikin kagum sampai senyum-senyum sendiri. Setiap pidatonya pun selalu menghadirkan momen tak terduga, mulai warga yang ingin menciumnya sampai terceletuk istilah yang bikin publik luar negeri memberi applause.

Berikut ini beberapa kejadian unik terkait dengan pidato Jokowi yang pasti bikin kamu bangga punya presiden macam begini.

Kegirangan, seorang warga pun ingin cium Jokowi di atas panggung

Kira-kira apa yang akan terjadi jika seseorang baru mendapatkan rezeki kemudian bertemu dengan tokoh idola? Tentu bakal kegirangan setengah mati. Hal ini kira-kira yang dialami oleh seorang warga di Grobogan. Ketika itu ia menemani Jokowi yang sedang berpidato terkait masalah sertifikat tanah. Seolah tak sadar diri, si bapak ini langsung tembak saat diajak ngobrol presiden, “Saya coba-coba ingin mencium bapak lah”. Mendengar ini pun Jokowi terkekeh.

Singkat ceritanya, tentu si bapak nggak jadi mencium sang presiden. Soalnya pak Jokowi bilang, “Masak panjenengan kakung mau nyium kakung niku pripun?” atau yang artinya masa kakek mau nyium kakek sih pak. Meskipun gagal mencium Jokowi, tapi pada akhirnya bapak ini berhasil mendapatkan sepeda. Kali ini bukan gara-gara pertanyaan nama ikan, tapi cabang olahraga di Asian Games 2018 kemarin.

Jokowi hentikan pidato segera ketika azan

Tak hanya interaksinya dengan warga, perilaku Jokowi saat berpidato pun sering membuat decak kagum. Seperti salah satunya yang terjadi beberapa waktu lalu ketika kakeknya Jan Ethes ini tengah berpidato pada Kongres Wanita Indonesia ke 90 di Jogja. Ketika Jokowi berbicara tetiba azan berkumandang, saat itu juga sang mantan gubernur pun langsung senyap.

Kemudian begitu azan selesai, Jokowi pun melanjutkan orasinya. Pada pidato ini Jokowi menyinggung sosok-sosok wanita Indonesia luar biasa yang begitu menginspirasi. Termasuk para menteri-menterinya yang juga banyak dari kalangan wanita. Jokowi pun berceloteh, “kalo ke delapan menteri (menteri wanita) saya ini ngambek, pusing saya”. Terlepas dari itu, aksi Jokowi yang berhenti bicara saat azan ini pun mendapat reaksi positif dari netizen.

Jokowi sebut-sebut nama Thanos dalam pidatonya

Kamu tentu tahu siapa Thanos ya. Ia adalah sosok penghancur yang bikin dunia Marvel kehilangan separuh populasinya. Tokoh ini memang begitu terkenal, sampai-sampai Jokowi menyebut namanya ketika ia berbicara di World Economic Forum beberapa waktu lalu. Jadi, kenapa ayah Kaesang ini menyebut sosok musuh Ironman dkk itu?

Seperti yang sudah kamu saksikan di video di atas, Jokowi nggak bermaksud ngajak nonton bareng ya, melainkan menjelaskan soal Thanos yang difilosofikan sebagai representasi hal-hal buruk di masa sekarang ini. Tak hanya menyinggung si bapak tiri Gamora, Jokowi juga mengatakan kalau ia adalah Avenger yang siap membasmi Thanos. By the way, hal itu serius lho. Bahkan beliau sampai bangun markas Avenger di Papua. Kalau tak percaya coba dari di mbah.

Ketika penduduk biasa berani koreksi pidato Jokowi

Salah satu hal yang paling lekat dengan figur Jokowi adalah kedekatannya dengan rakyat. Ada banyak kejadian yang mencerminkan itu, termasuk salah satunya adalah momen di mana pidato Jokowi dikoreksi oleh seorang warga. Wah, kelewat berani ini mah. Mendapati hal ini bagaimana kemudian reaksi Jokowi? Apakah tersinggung?

Alih-alih marah atau tidak suka, Jokowi malah menerima kritikan ini dengan candaan khasnya. Seperti yang tertera pada video di atas, sebenarnya masalahnya nggak pelik kok. Hanya salah penyebutan nama tempat saja. Ketika itu warga serempak membenarkannya. Kemudian Jokowi pun memanggil seorang bapak untuk meminta kejelasan. Tak percuma, si bapak pun menjelaskan dan kejadian berlanjut sampai akhirnya beliau berhasil mendapatkan sepeda. Yup, ia berhasil menyebut nama-nama ikan.

Ketika Jokowi marah besar saat pidato

Membaca sub judul di atas mungkin kamu tak kan langsung percaya. Mengingat Jokowi selama ini terkenal kalem dan sumringah. Tapi bapak mertuanya mbak Selvi ini memang pernah agak emosi saat tengah berpidato. Pada sebuah acara beliau meledak-ledak ketika menjelaskan isu-isu yang ketika itu sering dikait-kaitkan dengan dirinya.

Kejadian tak biasa ini pun membuat banyak orang kemudian berkomentar. Uniknya, rata-rata netizen malah memuji beliau. Bahkan ada yang bilang ini adalah bentuk curhatnya Jokowi kepada rakyatnya. Lewat kejadian ini sebenarnya kita harus maklum karena wajar saja beliau ngamuk karena tuduhan-tuduhan yang tidak menyenangkan itu. Kalau kita dibegitukan mungkin bakal lebih emosi lagi. Di sisi lain kejadian ini juga bisa jadi bukti kalau presiden kita itu mampu untuk tegas.

Tak hanya pembangunan di masa sekarang, kejadian-kejadian terkait pidato ini mungkin akan jadi sejarah bangsa kita. Bahwa dulu ada presiden Indonesia yang pernah menyebut Thanos di pidato internasional, bahkan sampai mau dicium warganya. Sebenarnya sebelum ini juga banyak kejadian unik saat Jokowi berpidato. Salah satunya si ikan tongkol fenomenal yang boong banget kalau kamu nggak tahu.