Bulan Januari adalah awal tahun, di mana semua orang menuliskan harapan-harapan baik untuk satu tahun ke depan. Di bulan ini juga, semua resolusi dibuat, ada yang menuliskan akan menikah, wisuda, punya anak, naik haji, bahkan mungkin menjadi kaya. Tentu tak ada yang berharap bahwa mereka akan ditimpa musibah nahas yang membuat banjir air mata.

Tetapi, yang namanya bencana sudah menjadi hukum alam. Tak ada yang bisa mengubah kecuali atas kuasa Tuhan. Maka dari itu, dalam ulasan ini, Boombastis.com akan mengenang beberapa peristiwa nahas besar yang tercatat dalam buku hitam sejarah. Simak sampai habis ya, guys.

Runtuhnya Gunung Huascara pada 11 Januari 1962

Gunung Huascara [sumber gambar]
Huascarán atau Nevado Huascarán adalah sebuah gunung di Cordillera Blanca. Dengan ketinggian 6.768 meter di puncak selatannya (Huascarán Sur), Huascarán adalah gunung tertinggi di Peru dan keempat di Amerika Selatan. Dikutip dari History.com, hari itu terdengar suara gemuruh. Gundukan salju dalam skala besar (sekitar 6 juta ton) runtuh dan melibas apapun yang ada di bawahnya, termasuk pemukiman penduduk. Dalam waktu 7 menit, terjangan longsor itu sudah tiba dan menyapu bersih apapun yang dilewatinya. Alhasil, sekitar 4000 orang tewas, dan sisanya tak ditemukan.

Jatuhnya pesawat Adam Air pada 1 Januari 2007

Pencarian Balck Box Adam Air [sumber gambar]
Awal tahun 2007 adalah duka bagi dunia penerbangan Indonesia. Pasalnya, di hari ini, pesawat Adam Air rute Surabaya-Manado mengalami kecelakaan yang menyebabkan 102 orang awak dan penumpang tewas di perairan Majene. Sebanyak 102 orang (pilot, awak kabin, dan penumpang) tewas dan tak pernah ditemukan dalam tragedy ini. Kecelakaan inilah yang kemudian membawa Adam Air tutup buku satu tahun setelahnya pada 2008.

Kebakaran hutan di Australia Januari 2020

Kebakaran di Australia [sumber gambar]
Awal tahun 2020 ini menjadi mimpi buruk untuk mereka yang tinggal di Australia. Pasalnya, berhektare-hektare wilayah Australia habis dilalap api. Ribuan orang kehilangan tempat tinggal, miliaran hewan mati dan terpanggang, serta triliunan kerugian materi lain. Pemerintah Australia menyamakan api yang melalap negara mereka dengan hantaman bom Atom. Akibatnya, udara Australia menjadi lebih dari 40 derajat celcius.

Gempa bumi melanda El Salvador, 13 Januari 2001

Gempa Bumi [sumber gambar]
Pada 13 Januari 2001, Gempa berkekuatan 7,6 skala richter mengguncang El Salvador. Sejarah mencatat bahwa ada ratusan rumah di kawasan dekat Ibu Kota San Salvador tertimbun longsor. Pusat gempa ini sendiri terletak di Pantai San Miguel, El Salvador Selatan. Suasana ditambah runyam karena semua jaringan listrik dan telepon mengalami kerusakan. Akibat dari gempa ini, kurang lebih ada 5.000 orang tewas, sedangkan yang lainnya luka-luka.

Gempa Bumi di Jepang, 17 Januari 1995

Gempa di Kobe [sumber gambar]
Jepang memang merupakan wilayah yang juga rawan terkena bencana karena dilewati oleh cincin api. Pada 17 Januari 1995 silam, Jepang juga pernah diguncang gempa yang cukup dahsyat, 7,2 skala Richter terjadi di dekat Kobe. Dampak dari guncangan gempa ini tak hanya robohnya rumah dan rugi dalam skala besar saja, tetapi juga kurang lebih 6.000 nyawa melayang sia-sia.

BACA JUGA: 8 Bencana Banjir Bandang Paling Mematikan di Dunia!

Itulah kejadian nahas yang terjadi selama bulan Januari. Pembuka tahun yang menjadi ingatan buruk di benak banyak orang. Semoga kejadian-kejadian menakutkan seperti di atas tak lagi menjadi mimpi buruk di awal tahun selanjutnya, ya.