Bulan Ramadan sudah berjalan selama seminggu. Banyak hal yang terjadi dan berubah dalam kehidupan kita. Tak terkecuali, para selebriti Indonesia. Bulan Ramadan membuat mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan baru yang jarang dilakukan ketika hari biasa.

Meskipun baru memulai, 5 artis ini tak merasa terbebani. Mereka malah menyatakan kalau hal tersebut merupakan tantangan di bulan Ramadan yang ingin dicapai. Tak usah berlama lagi, yuk simak kegiatan lima artis ini di bulan Ramadan. Siapa tahu bisa jadi inspirasi.

Chacha Frederica, kurangi aktivitas di media sosial dan tolak syuting

Selain baru berhijab, Chacha Frederica rupanya juga menimbang-nimbang untuk memperkuat ilmu agamanya. Maka dari itu, bulan Ramadan tahun ini dimanfaatkan sebaik mungkin olehnya. Ia mengaku mengurangi aktifitas di media sosial agar bisa fokus dalam beribadah.

Ramadan Chacha Frederica [sumber gambar]
Selain itu, ia juga menolak jadwal syuting yang mengganggu ibadah saat bulan Ramadan, dilansir dari grid.id. “Aku lebih berani menolak pekerjaan di saat jadwal ibadah aku, jam 9 malam sampai 12 pagi. Enggak mau diganggu, kalau ada syuting, aku tolak,” tegasnya. Semoga berkah, ya, mbak Chacha, ibadahnya di bulan suci ini.

Raline Shah, tidak syuting film selama bulan Ramadan

Sama seperti Chacha Frederica yang menolak syuting pada jam 9 malam hingga 12 pagi, Raline Shah juga mengurangi kesibukannya pada bulan Ramadan. Ia mengaku lebih memilih-milih pekerjaan yang ditawarkan kepadanya. Syuting film pun tak dilakukan selama bulan Ramadan.

Ramadan Raline Shah [sumber gambar]
Selebriti yang berkawan baik dengan Seungri Big Bang ini menyatakan bulan Ramadan tahun ini ingin digunakannya sebagai bentuk refleksi. “Jadi, memang awal bulan Ramadan ini selalu buat keluarga, buat refleksi diri, buat tenang dan membiasakan diri juga dengan puasa dan rutinitasnya. Dan, ini memang saya lalukan setiap tahunnya,” ungkap Raline dikutip dari grid.id.

Ussy Sulistiawaty, ajarkan anak-anak puasa tapi tak memaksa

Berbeda dengan Raline Shah yang belum berkeluarga, dalam bulan Ramadan kali ini, Ussy Sulistyiawaty lebih fokus pada keluarga kecilnya. Ia mengajarkan anak-anak perempuannya yang masih belia untuk ikut berpuasa. Ketika waktu sahur datang, si bontot Elea—yang digadang-gadang mirip idol K-Pop, Bae Suzy, juga ikut bangun dan makan bersama.

Ramadan Ussy Sulistiawaty [sumber gambar]
Namun, karena baru menginjak usia 5 tahun, Ussy masih belum memaksakan Elea untuk puasa full dari subuh hingga magrib. “Sebenarnya Elea sudah tahu banget harus puasa tapi karena umurnya masih 5 tahun, jadi belum cukup kuat,” ungkapnya, dikutip dari grid.id. Meskipun begitu, ikut rangkaian sahur dan berbuka sudah jadi pencapaian, loh bagi anak usia 5 tahun.

Asty Ananta, minta ajarkan chef untuk masak buat suami

Menyambut bulan Ramadan tahun ini, Asty Ananta memiliki kebiasaan baru. Ia menyiapkan menu sahur dan berbuka sendiri. Berbekal bantuan chef yang ia telepon melalui video call maupun voice note, ia bisa memasak hidangan yang menggiurkan bagi sang suami.

Ramadan Asty Ananta [sumber gambar]
“Kan aku tuh enggak bisa masak, jadi kalau suami minta masakin, aku sampai minta ajarin sama chef, sampai video call,” kata Asty, dilansir dari grid.id. Masakan yang dibuat Asty juga tak bisa dibilang simpel. Ia biasa memasakan makanan ala Prancis dengan roti dan butter.

Jenita Janet, perbanyak dzikir di bulan Ramadan

Mayoritas umat muslim di dunia pasti ingin mengejar banyak pahala di bulan Ramadan. Ibadah apapun dilakukan demi mengisi kekosongan rutinitas sehari-hari. Sama halnya dengan penyanyi dangdut, Jenita Janet.

Ramadan Jenita Janet [sumber gambar]
Ia mengaku lebih sering menggunakan waktu luangnya untuk beribadah. “Mungkin sekarang waktunya aku dekat sama Allah. Akan tetap dzikir, dalam arti tuh ada waktu-waktu saat kita ngelamun, kita kosong. Kalau misalnya lagi kosong ingat Allah,” ungkapnya, dikutip dari grid.id.

Belajar dari 5 selebriti di atas, ternyata kita bisa memanfaatkan waktu-waktu di bulan Ramadan dengan kegiatan positif, loh. Misalnya kalau lagi enggak ada kerjaan, jangan main handphone mulu, bisa digunakan untuk dzikir atau ibadah lainnya. Sedangkan jika ada waktu banyak sepulang kerja, bisa digunakan untuk quality time dengan keluarga.