Gaung kedatangan Raja Arab Saudi,Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud sudah terdengar jauh-jauh hari. Beritanya sudah menghebohkan. Rencananya Raja Arab akan berkunjung ke Indonesia dari tanggal 1 sampai tanggal 9 Maret 2017. Ada beberapa agenda resmi yang akan dilakukan Raja Arab selama di Indonesia. Salah satunya, pertemuan dengan Presiden RI, membicarakan kerjasama bilateral antar kedua negara. Selain itu, ada beberapa kunjungan yang akan dilakukan rombongan Raja Arab, misalnya ke Mesjid Istiqlal dan DPR. Setelah itu, rombongan Raja Arab akan berlibur di Pulau Dewata. Kabarnya, 7 hotel sudah dibooking rombongan Raja Arab, sebagai tempat menginap selama ada di Bali.

Raja Salman membawa banyak rombongan [Image Source]
Yang menghebohkan, Raja Arab datang dengan rombongan jumbo. Kabarnya Raja Arab membawa 1500 orang dalam kunjungannya ke Indonesia. Puluhan pangeran akan menyertainya. Selain para menterinya. Lebih menghebohkan lagi, karena Raja Arab datang dengan beberapa pesawat. Tercatat ada 7 pesawat yang akan mengangkut rombongan sang raja. Tidak hanya itu, raja juga membawa tangga dan eskalator khusus. Mobil tumpangan pribadinya pun dibawa khusus dari Arab.

Lalu mobil seperti apa yang akan ditumpangi Raja Arab? Mobil tunggangan Raja Arab adalah mobil Mercy S600 Guard. Ini bukan mobil sembarangan. Mobil buatan Mercedes Benz, Jerman ini memang dirancang khusus untuk orang-orang penting. Ya, untuk urusan mobil yang tahan banting, Mercedes Benz, memang jagonya.

Mercedes Benz S600 Guard [Image Source]
Mobil S600 Guard, adalah mobil yang jadi favorit para kepala negara. Salah satu kepala negara yang memakai mobil canggih ini adalah Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi. Maklum sebagai kepala negara, tunggangannya harus superaman. Jadi, tak hanya canggih dan nyaman, keamanan jadi salah satu syarat utama mobil tunggangan kepala negara.

Seperti apakah kecanggihan mobil  Mercy S600 Guard tersebut? Berikut beberapa fakta menarik tentang mobil Mercy S600 Guard.

Mobil Mercy S600 Guard, dibuat pada Februari tahun lalu. Mobil ini punya segudang keistimewaan yang tak dipunyai mobil premium lainnya. Sebagai tunggangan favorit kepala negara, syarat utamanya tentu mobil tersebut harus tahan dari segala ancaman. Nah, mobil Mercy S600 Guard ini memenuhi syarat tersebut.

S600 Guard yang super aman [Image Source]
Mobil ini, sudah mengantongi sertifikat VR10, sebuah pengakuan bahwa mobil itu super aman. Rangkanya saja, sangat kuat. Termasuk rangka di kolong mobil. Mobil ini tahan terhadap serangan ranjau, atau peluru kendali. Termasuk tahan terhadap serangan peluru yang bisa saja memberondong bodi mobil. Kaca mobil memang dirancang sedemikian rupa, sehingga peluru jenis apapun bisa ditahan. Tapi meski tahan peluru, si penunggang tetap bisa mendapatkan pemandangan laiknya memandang dari kaca mobil biasa.

Terlindungi kaca anti peluru [Image Source]
Mengutip berita di Tempo.co, kaca mobil Mercy S600 Guard terbuat dari bahan aramid atau serat sintetis, dilengkapi komponen polyethylene semacam  plastik superkuat dan  dilapisi polycarbonate yang menahan lontaran serpihan apapun. Dengan kualitas kaca seperti itu, membuat mobil S600 Guard tahan dari peledak.

Mau diserang dari samping, dari depan, atau dari belakang, termasuk dari bawah, Mercy S600 Guard bisa menahannya. Sertifikat VR10 yang dikantonginya berasal  dari Ballistics Authority di Ulm, Jerman, sebuah sertifikat dengan kualifikasi perlindungan balistika. Mesinnya pun gahar. Mobil Mercy S600 Guard dibekali mesin V12 twin-turbo. Kapasitas cc-nya cukup jombo dengan kapasitas 5.980 cc.

Lalu berapa harganya? Kabarnya mobil dibanderol dengan harga ‎438 ribu poundsterling atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 8,2 milyar. Punya mobil seperti ini secara materi bagi King Salman hanyalah seperti bersin saja. Tapi kalau melihat fungsinya memang keren badai.  Tertarik membeli?