Kerugian Akibat Kebakaran Pasar Klewer Ditaksir Bernilai Triliunan Rupiah

oleh Alfry
08:08 AM on Dec 29, 2014

Dampak kebakaran yang melanda Pasar Klewer, Solo mengakibatkan para pedagang batik merugi mulai ratusan juta rupiah hingga mencapai milyaran rupiah. Bahkan, berdasarkan penghitungan kerugian yang dilakukan Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), jumlah kerugian mencapai Rp 10 triliun.

Salah satu pedagang ‎busana muslim di Pasar Klewer, Fatum Al Katiri mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi menyebabkan para pedagang merugi. Hal ini disebabkan sebagian besar dagangannya tidak bisa diselamatkan. Dia juga memperkirakan bahwa total kerugian para pedagang ditaksir mencapai miliaran rupiah. Sebab jumlah pedagang yang berjualan mencapai 2.000 orang.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Kebakaran Pasar Klewer
Kebakaran Pasar Klewer

“Saya baru bisa mengevakuasi dagangan milik saya sekitar pukul 08.00 WIB. Ya dampak kerugiannya ‎mencapai ratusan juta. Karena barang dagangannya semalam belum bisa diselamatkan,” tuturnya.

Fatum berharap Pemerintah Kota Solo segera membuatkan pasar darurat. Karena sebagian besar pedagang di Pasar Klewer menggantungkan hidupnya dari berjualan di pasar ini.

“Secepatnya harus segera dibuatkan pasar darurat. Pemerintah harus cepat membuatkan tempat untuk berjualan. Para pedagang itu hidupnya ya dari sini. Saya juga punyanya toko hanya satu yang terbakar itu,” harapnya.

Sementara itu, Humas HPPPK, Kusbani menyebutkan berdasarkan penghitungan kerugian dampak kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp10 triliun. Jumlah tersebut berdasarkan dari perhitungan rata-rata dari setiap pemilik kios yang mengalami kerugian mulai Rp 3 milyar hingga Rp 5 milyar per pedagang.

Kemudian, Kusbani menyebutkan bahwa transaksi perdagangan yang terjadi di Pasar Klewer setiap harinya mencapai Rp 17 milyar. Jumlah transaksi tersebut akan melonjak pada momen-momen liburan panjang.

“Jumlah kios di Pasar Klewer itu mencapai 2.300 kios, dari jumlah tersebut yang ludes terbakar api mencapai 1.532 kios.‎ Jadi, total kerugian mencapai Rp 10 triliun. Kalau hari biasa itu Rp17 miliar per hari, tetapi jika liburan transaksinya mencapai Rp21 miliar per hari,” ucapnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA