in

9 Hal Miris dari Kasus Hukum Anniesa Hasibuan yang Patut Dijadikan Pelajaran Semua Orang

Saat ini, siapa yang tidak tahu Anniesa Hasibuan? Perempuan yang tahun lalu menjadi salah satu designer yang dielu-elukan oleh pecinta fashion. Bahkan tahun ini, koleksi Anniesa berhasil melenggang di panggung mode spektakuler JFW 2017. Di tahun 2016, perempuan yang mengaku baru terjun ke dunia fashion di tahun 2015 itu bahkan telah menjadi headline di New York Fashion Week.

Tidak hanya itu, butik sang designer juga bercokol di berbagai daerah. Percepatan karirnya sungguh mengalahkan kita. Belum lagi konon untuk mendapat slot untuk fashion di New York tidaklah murah. Namun setelah skandal penipuan First Travel, semua kejanggalan menjadi terkuak satu per satu. Fakta-fakta ini pun terus mengalir dan kian menenggelamkan Anniesa. Nah berikut ini deretan hal menyedihkan yang harus dialami perempuan ini pasca skandalnya terungkap.

Telah Menipu Lebih dari 58.000 Orang

Korban First Travel [image: source]
Siapa sangka, bisnis umroh di bawah naungan First Travel telah mengelabui puluhan ribu orang. Hingga kini, lebih dari 58.000 orang tengah kecewa dan tak bisa berbuat apa-apa. Tak ayal berbagai pihak menyayangkan tindakan Anniesa dan suami yang dengan berani memanfaatkan keinginan banyak orang untuk beribadah dengan sangat tak bertanggungjawab.

Merugikan Orang Lain Hampir Senilai Rp 1 Triliun Rupiah

Korban First Travel [image: source]
Dengan jumlah orang yang dikelabui mencapai angka puluhan ribu, tentu kerugian yang disebabkan Anniesa pun tidak sedikit. Perhitungan tak kunjung berakhir sebab semakin banyak yang melapor. Hingga kini kerugian mencapai angka Rp 848 miliar dan masih terus dilakukan perhitungan.

Memakan Korban Bukan Hanya WNI Tapi Juga WNA

Pengusaha Mesir korban First Travel [image: source]
Tidak hanya warga tanah air saja yang dirugikan oleh bos First Travel. Orang-orang pengurus asetnya yang tersebar di luar negeri pun ikut terkena getahnya. Dan jumlahnya tak sedikit mengingat aset Anniesa dan suami telah menyebar ke berbagai negara. Diketahui, perempuan ini memiliki restoran di Inggris. Saat semua asetnya disita, tentu lambat laun restoran ini pun akan bernasib sama. Belum lagi pengusaha mesir yang belum dibayarkan uangnya sebesar 24 miliar

Terancam 20 Tahun Penjara untuk Kasus Pencucian Uang

Tersangka kasus First Travel [image: source]
Tak hanya dikenai pasal penipuan dan penggelapan, Anniesa CS juga segera dikenakan pencucian uang. Sebab diduga, aset mereka ternyata tersebar di luar negeri. Mengingat aset di tanah air yang bisa disita penyidik hanya bernilai kecil dari total hasil penipuan.

Kasus Ini Menyeret Hampir Semua Anggota Keluarga Anniesa

First Travel [image: source]
Tak hanya Anniesa dan suaminya Andika, keluarga dan orang-orang di sekitarnya pun terkena imbas. Sang adik, Kiki Hasibuan yang berperan sebagai Direktur Keuangan pun dijerat pihak kepolisian. Bahkan, orang tua dan saudara-saudaranya harus menanggung aib tesebut. Beberapa artis seperti mendiang Julia Perez dan Syahrini pun terkena imbas sebab pernah umrah disponsori First Travel.

Hukuman Moril yang Diterima Anniesa dan Keluarga

Bos First dulu [image; source]
Sejak munculnya skandal penipuan First Travel, kehidupan Anniesa dan keluarga tak henti-hentinya disorot publik. Mulai dari bentuk fisik, gaya hidup, dan kekurangan keluarga juga diperhatikan publik. Tentu keadaan ini sangat mengguncang kondisi Anniesa mengingat di tahun sebelum-sebelumnya dirinya disanjung-sanjung.

Kasus Kepemilikan Benda Berbahaya

Senjata bos First Travel [image: source]
Tak berhenti dengan kasus penipuan, penggelapan, dan pencucian uang, Anniesa dan suaminya ternyata juga terkena masalah baru. Yaitu ditemukan beberapa peluru tajam dan 9  Air Soft Gun saat proses penyitaan aset First Travel. Tentang kepemilikan benda-benda ini, sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh pihak berwenang.

Penghargaan Perempuan Inspiratif yang Diterima Telah Ditarik Kembali

Penghargaan Forbes yang dianulir [image: source]
Forbes Indonesia di awal 2017 lalu memberikan penghargaan perempuan inspiratif pada Anniesa. Namun setelah terungkapnya berbagai skandal yang melibatkan perempuan ini, terpaksa pihak Forbes harus menarik pernghargaan kembali. Sebab apresiasi itu seharusnya diberikan pada orang-orang yang berbisnis tanpa merugikan orang lain.

Karier Fashion Dianggap Karbitan

Fashion Aniessa Hasibuan [image: source]
Di Indonesia sendiri tidak sedikit pelaku karier fashion yang sukses. Mulai dari orang biasa hingga kalangan artis. Namun Anniesa meraih kesuksesan begitu cepat hingga mampu tampil di berbagai ajang fashion ternama tidak hanya di Indonesia tapi hingga luar negeri. Orang-orang pun mulai berspekulasi tentang melejitnya karir fashion Anniesa yang bisa dibilang karbitan itu.

Hingga kini, kasus demi kasus yang menyeret Anniesa dan keluarganya mulai satu per satu terungkap. Puluhan ribu orang yang penuh amarah dan kecewa hanya bisa menunggu proses hukum yang kini berlangsung. Dan semoga, hal ini bisa segera terselesaikan dan menjadi pembelajaran berharga bagi semua orang.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Fakta dibalik Eksekusi Mati di Indonesia yang Ternyata Biayanya Setara dengan Beli Mobil Baru

Mengintip Kekayaan Super Edan Andi Narogong yang Ternyata dari Korupsi e-KTP