in

2 Kartun Onan Hiroshi Tentang Indonesia yang Sempat Bikin ‘Gaduh’ Masyarakat dan Pejabat

Setelah sempat berulah beberapa waktu lalu, Onan Hiroshi kini kembali hadir dengan sketsa terbarunya yang menyindir kotak kardus buatan KPU yang akan digunakan untuk Pilpres 17April 2019 mendatang. Dilansir dari laman onanhiroshi.com, kartunis asal Jepang itu tampak membuat gambar kotak KPU yang terbuat dari kardus, dan kemudian disandingkan dengan kertas origami di sampingnya

Nisa ditebak, ilustrasi bernada satir itu sejatinya menjadi bahan ‘olok-olokan’ bagi Hiroshi untuk menyindir bahan kotak suara. Tak hanya kali ini saja Hiroshi berulah lewat kartunnya terhadap Indonesia. Beberapa ilustrasi di bawah ini, juga merupakan karya dari kartunis tersebut untuk menyindir fenomena yang tengah terjadi di Indonesia

Sindir kereta cepat Presiden Jokowi yang sempat menuai polemik

Lewat coretan gambar digital miliknya, Onan Hiroshi sempat membuat publik di Indonesia ‘gaduh’ pada saat itu. Dilansir dari laman finance.detik.com, ia menggambarkan bagaimana awal dari rencana pembangunan kereta cepat tersebut dibangun oleh Jepang. Namun akhirnya konstruksi proyek tersebut dipercayakan kepada China.

Kartun Onan Hiroshi yang menyindir proyek kereta cepat Presiden Joko Widodo [sumber gambar]
Karena proyek tak kunjung memberikan perkembangan yang berarti setelah selang beberapa waktu berlalu, coretan yang dihasilkan oleh Hiroshi menggambarkan, bagaimana Jokowi merayu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk membantu kelangsungan proyek tersebut lagi. Alhasil, hal tersebut dianggap oleh warganet sebagai penghinaan pada sosok kepala negara. Hiroshi pun akhirnya meminta maaf lewat akun Twitternya dan menyesal karena telah membuat gaduh di Indonesia.

Kotak suara KPU berbahaan kardus juga ikut menjadi sasaran kartun satir Hiroshi

Selain MRT Indonesia, komikus yang banyak memuat karya-karya ‘bernada satir itu juga ikut menanggapi kotak surat suara KPU yang menggunakan bahan kardus. Di Indonesia sendiri, benda tersebut juga tak lepas dari polemik warganet. Laman regional.kompas.com menuliskan, Bawaslu bahkan sempat menemukan 696 kotak suara yang rusak di Kabupaten Cirebon akibat terkena air. Tak urung, Hiroshi pun ikut mengomentari hal tersebut dengan caranya sendiri.

Sindiran kartunis Jepang Onan Hiroshi pada kotak suara KPU [sumber gambar]
Hal ini terlihat pada gambar yang diposting pada laman utama onanhiroshi.com miliknya, yang menggambarkan sebuah kotak kardus buatan Korea Selatan, milik KPU dan sebuah kertas origami sebagai sindiran bagi kotak suara buatan indonesia. Tak hanya itu, Hiroshi juga menggambarkan perbandingan antara buatan Korea Selatan yang dicitrakan kokoh, Jepang yang dilengkapi gembok, dan Indonesia yang menjadi bahan olok-olokan anak kecil karena tak ubahnya seperti desain kotak yang dibuat dari cara origami. Ahasil, hal ini pun kembali menuai polemik warganet Indonesia di dunia maya.

BACA JUGA: Onan Hiroshi, Komikus Jepang yang Bikin Gregetan Lantaran Hina Jokowi Seperti Pengemis

Berkomentar mengenai sesuatu hal, entah itu lewat tulisan maupun gambar, sejatinya sah-sah saja dilakukan asal tidak melanggar aturan yang ada. Untuk Onan Hiroshi sendiri, sindiran terbarunya tentang kotak surat suara berbahan kardus milik KPU, tidak lain karena dirinya pernah melakukan hal serupa sebelumnya. Terlebih, keberadaan benda yang bakal digunakan oleh TPS di seluruh Indonesia itu juga memicu perdebatan di dalam negeri. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Beda Pernikahan 2 Cucu Ganteng Soeharto, Adat Jawa vs Konsep Cinderella Zaman Now

Apes! Niat Bakar Sampah, 4 Orang Ini Malah Merugikan Diri Sendiri dan Alam Sekitar