in

Bikin Gentar Aparat, 5 Kartel Narkoba Ini Punya Senjata dan Pasukan Setara Kekuatan Militer

Kekuatan bersenjata yang dimiliki oleh para kartel narkoba di Meksiko dan wilayah sekitarnya cukup membuat gentar aparat penegak hukum. Selain menimbulkan kekacauan dan peperangan berdarah, keberadaan mereka juga sulit diberantas karena disokong sejumlah pasukan dan persenjataan yang lengkap.

Salah satu dari sekian banyak kartel narkoba yang jadi sorotan adalah kelompok Cartel Jalisco New Generation (CJNG) pimpinan El Mencho. Bergaya semi militer dan bersenjata lengkap, sepak terjang CJNG cukup membuat repot kepolisian dan militer Meksiko. Tak hanya mereka, beberapa kartel di bawah ini juga punya senjata dan pasukannya sendiri.

Kartel Los Zetas yang beranggotakan sekelompok pasukan elite yang membelot

Kartel Los Zetas yang beranggotakan mantan pasukan elite Meksiko [sumber gambar]
Tindakan sadis nan kejam telah menjadi citra yang melekat dari kartel Los Zetas. Ratusan nyawa telah melayang di tangan mereka. Termasuk penduduk sipil yang tak bersalah. Kekejaman ini cukup beralasan karena mayoritas anggotanya merupakan mantan pasukan khusus Meksiko GAFE (Grupo Aeromóvil de Fuerzas Especiales) yang membelot demi sejumlah uang. Para jagal dengan kemampuan militer inilah yang membuat kartel Los Zetas disegani.

Kartel La Familia Michoacana yang ikut terjun ke dunia politik

Kartel La Familia Michoacana dengan anggota bersenjata lengkap [sumber gambar]
Dibanding kartel lainnya, kelompok La Familia Michoacana adalah sindikat pengedar narkoba yang terjun ke dunia politik untuk mempermudah bisnisnya. Selain memiliki anggota bersenjata standar militer, La Familia Michoacana punya kandidat pejabat sendiri, mendanai kampanyenya, dan memaksa partai lain untuk mundur. Mereka membangun reputasi dengan membunuh aparat penegak hukum dan ‘membeli’ pejabat lokal di negara bagian Michoacana, Meksiko.

Pasukan bergaya semi militer dan bersenjata lengkap ala kartel CJNG

Kelompok CJNG yang bersenjata dan bergaya semi militer [sumber gambar]
Kartel Generasi Baru Jalisco atau CJNG merupakan pesaing utama dari kelompok La Familia Michoacana. Kedua sindikat pengedar narkotika ini kerap mengumbar ancaman satu sama lain dengan kesadisan masing-masing. Hanya saja, CJNG lebih mencolok lantaran memiliki pasukan bergaya semi militer yang dilengkapi dengan kendaraan taktis dan persenjataan berat.

Sindikat Kartel Teluk yang sempat berjaya di era 90-an

Pasukan khusus yang menjadi anggota Kartel Teluk [sumber gambar]
Kartel Teluk atau Gulf Cartel mirip dengan kelompok Sinaloa karena termasuk pemain lama sejak dibentuk pada tahun 1980-an. Masa jaya kelompok ini terjadi pada era 1990-an dengan menyelundupkan narkoba ke Amerika Serikat. Kartel yang dipimpin oleh Osiel Cardens ini disegani lantaran memiliki pasukan khusus sendiri dan bersenjata lengkap. Keberadaan Mereka tetap eksis berbisnis narkoba lantaran menyuap pejabat tinggi Meksiko.

Memiliki ‘amunisi tak terbatas’ yang membuat nama kartel Sinaloa melegenda

Kartel Sinaloa yang melegenda dengan pasukannya [sumber gambar]
Kartel Sinaloa adalah ‘penghulu’ dari kelompok-kelompok pengedar narkoba yang ada pada saat ini. Pada zamannya, kartel yang dibentuk pada tahun 1980-an oleh Joaquain “El Chapo” Guzman ini sangat disegani karena kekuatan senjatanya. Mulai dari roket, pelontar granat, senapan mesin berat, hingga AK-47 berlapis emas milik El Chapo yang akhirnya divonis penjara seumur hidup pada 2019 lalu.

BACA JUGA: El Mencho, Mantan Petani yang Jadi Bandar Narkoba Terbuas Pengganti Kartel Sinaloa

Kekuatan bersenjata yang dimiliki kelompok kartel di atas, membuat pemerintah Meksiko harus jatuh bangun menghadapinya. Permasalahan pun kian bertambah rumit karena perilaku korup dari para pejabat di wilayah tertentu yang ternyata diketahui ikut ‘berbisnis’ dengan para kartel. Mereka rela disuap dengan imbalan tertentu untuk memuluskan bisnis narkotika di Meksiko.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Misteri Haikal Sulaiman, Tempat Suci Umat Yahudi yang jadi Alasan Israel Kuasai Palestina

Kisah Pilu Arsilan, Mantan Tukang Kebun Sukarno yang kini Bertahan Hidup Sebagai Pemulung