in

Los Zetas, Gangster Edan yang Bikin Meksiko Mencekam

Meksiko adalah salah satu negara dengan pemandangan alam yang indah dan gadisnya yang cantik-cantik. Nggak heran kalau Meksiko jadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh turis. D ibalik semua keindahan itu, Meksiko menjadi rumah bagi gangster yang terkenal paling berbahaya.

Nama gangster tersebut adalah Los Zetas. Di bulan Desember  tahun lalu, gangster ini membakar hidup-hidup seorang anggota gangster rivalnya. Pembakaran tersebut terjadi di wilayah Nuevo Laredo. Korban yang dibakar hidup-hidup tersebut adalah anggota dari Cartel Del Noreste (CDN).

Kejam banget kan? Gangster ini memang terkenal bengis dalam menghadapi musuh-musuhnya. Namun, pembakaran hidup-hidup itu belumlah seberapa. Masih banyak kekejaman yang dilakukan Los Zetas. Simak terus artikel mengenai gangster paling kejam ini.

Beranggotakan Tentara yang Terlatih

Awalnya Los Zetas merupakan 34 orang tentara terlatih yang ditugaskan untuk menjaga ketua Mexican Gulf Cartel. Kemudian Los Zetas diberi tanggung jawab lebih besar untuk mengancam dan memeras pihak lain demi kepentingan Gulf Cartel. Pada tahun 2003 anggota Los Zetas semakin berkembang dan mereka terlatih secara militer. Geng ini juga memiliki bekal persenjataan yang lengkap untuk menjalankan aksinya. Kemudian ketua Gulf Cartel ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 25 tahun. Di saat itulah mereka memisahkan diri dari Gulf Cartel.

Anggota Los Zetas yang tertangkap [image source]
Adanya konflik internal membuat Los Zetas melepaskan diri dari Gulf Cartel. Mereka sempat menjadi musuh satu sama lain. Selain menjadi rival geng induknya, Los Zetas juga menjadi musuh beberapa geng yang juga berbahaya, seperti Sinaloa Cartel, Knights Templar Cartel, dan Jalisco new Generation Cartel. Pemerintah Amerika Serikat sampai menjuluki Los Zetas sebagai geng paling berbahaya di Meksiko, karena mereka tidak segan mengintimidasi rivalnya dengan brutal seperti menembak dan memenggal kepala. Lewat bentuk kejahatan ini, Los Zetas menunjukkan bahwa mereka lebih senang melakukan pemerasan lewat kekerasan ketimbang penyuapan.

Mempunyai Cakupan Wilayah yang Sangat Luas Untuk Beraksi

Tindak kriminal yang sering dilakukan oleh Los Zetas adalah penyelundupan obat-obatan terlarang. Tak heran jika gangster ini menjadi bandar terbesar di wilayah Meksiko, mengalahkan Sinaloa Cartel. Selain itu, Los Zetas juga kerap melakukan penculikan, pembunuhan, money laundry, penipuan, dan penyelundupan senjata.

Wilayah kekuasaan los zetas [image source]
Gangster yang terbilang ganas ini memiliki wilayah operasi yang luas. Cakupan wilayah Los Zetas meliputi setengah dari Meksiko, Guatemala, dan Amerika Serikat. Sedangkan base camp dari geng ini berada di perbatasan Texas, tepatnya di wilayah bernama Tamaulipas. Tak hanya cakupan wilayahnya saja yang luas, geng ini juga memiliki ribuan anggota. Diperkirakan sebanyak 3 ribu orang bergabung dalam geng ini.

Sindikat Kriminal yang Tak Segan-segan Merenggut Nyawa

Dalam perekrutan, geng ini juga nggak main-main. Los Zetas nggak segan-segan menghabisi nyawa mereka yang menolak bergabung. Di rentang tahun 2010 – 2011, geng ini membunuh sekitar 350 petani dan pekerja migran yang menolak bergabung dengan mereka.

Anak korban Los Zetas [image source]
Karena memiliki wilayah aksi yang luas dan anggota yang ribuan jumlahnya, Los Zetas digadang-gadang oleh FBI sebagai gangster yang mengontrol kelompok lainnya seperti Mexican Mafia, Texas Syndicate, Hermanos Pistoleros Latinos, dan MS-13.

Kehidupan gangster sarat akan kekejaman. Namun, banyak orang yang rela bergabung menjadi anggota gangster agar hidup mereka aman. Di sisi lain, mereka sebenarnya malah masuk ke mulut buaya.

Written by Sastranagari

Leave a Reply

Jenitri, Biji-Bijian Unik yang Harganya Semahal Emas

Mengenal Suku Bubal, Sang Pemilik Testis Raksasa dari Kenya