Inilah Kapal-Kapal Perang Sekutu yang Bangkainya Konon Hilang di Laut Jawa

oleh Adi Nugroho
10:48 AM on Nov 22, 2016

Saat Indonesia sedang heboh dengan isu rush money yang bisa membuat negeri ini runtuh dan kasus Ahok yang tidak ada habisnya. Belanda dan Inggris mendadak melayangkan protes yang bisa dibilang aneh. Mereka protes karena bangkai kapal yang digunakan untuk perang 1942 mendadak hilang dari kedalaman Laut Jawa. Pemerintah negara sekutu itu meminta Indonesia menyelidiki di mana bangkai kapal yang sudah rusak parah itu hilang.

Permintaan yang diutarakan oleh dua negara Eropa itu tentu membuat beberapa orang jadi mengerutkan dahi. Kok bisa, urusan bangkai kapal harus diurusi. Kalau pun memiliki nilai sejarah tinggi, kenapa tidak dijaga setiap hari di Laut Jawa di mana benda itu berada. Saat Indonesia sibuk membenahi negerinya yang mulai dilanda radikalisme, kok ya mereka malah melakukan protes. Kan, mengganggu banget. Ya, enggak?

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Ehem, ini loh kapal-kapal yang katanya lenyap dari dalamnya Laut Jawa. Coba deh kita lihat seperti apa wujudnya dahulu kala.

1. HNLMS De Ruyter

HBLMS De Ruyter [image source]
HBLMS De Ruyter [image source]
HBLMS De Ruyter adalah kapal perang dari Belanda yang dibuat pada tahun 1933 dan mulai diluncurkan pada tahun 1935. De Ruyter berjenis kapal kecil dengan persenjataan yang tidak terlalu banyak. Keadaan keuangan dari Belanda yang menipis membuat kapal ini seperti dirakit dengan sangat minimalis. Saat terjadi Perang Laut Jawa 1942, kapal ini ditenggelamkan oleh torpedo dari Jepang dan tenggelam.

2. HNLMS Kortenaer

HNLMS Kortenaer [image source]
HNLMS Kortenaer [image source]
Kapal jenis perusak yang dibuat pada tahun 1925 ini memiliki persenjataan yang cukup lengkap. Setidaknya ada 6 senapan, 4 senapan mesin, 6 torpedo, dan 24 bom yang bisa digunakan untuk melawan musuh yang mencoba mendekat. HNLMS Kortenaer yang memiliki panjang hingga 98 meter ini tenggelam di Laut Jawa saat berusaha melawan Jepang yang akan menembus pertahanan dan memasuki Jawa.

3. HNLMS Java

HNLMS Java [image source]
HNLMS Java [image source]
HNLMS Java dibuat pada tahun 1916 dan diluncurkan lima tahun kemudian. Kapal dengan Kelas Jawa ini memiliki bobot hingga 6670 ton dan bergerak dengan kecepatan mencapai 31 knot. Untuk memperkuat sisi keamanan, kapal ini dilengkapi dengan senapan jenis Bofors sejumlah 10, senapan anti pesawat tempur dan juga senapan mesin. Saat terjadi perang di Laut Jawa, kapal ini ikut terlibat meski akhirnya karam dan mengakui kekuatan kapal perang yang dimiliki oleh Jepang.

4. HMS Exeter

HMS Exeter [image source]
HMS Exeter [image source]
Setelah membahas tiga kapal Belanda yang bangkainya konon hilang di Laut Jawa. Kini kita membawa kapal perang dari Inggris yang kala itu membantu Belanda menghadapi Jepang. HMS Exeter dengan Kelas New York ini dikenal sebagai kapal yang cukup berat. Persenjataan kapal ini cukup lengkap dan bodi kapal yang cukup kuat. Dengan kecepatan mencapai 32 knot, kapal ini mampu bertarung dengan efisien meski akhirnya karam juga.

5. HMS Electra

HMS Electra [image source]
HMS Electra [image source]
HMS Electra ikut tenggelam pada pertempuran Laut Jawa pada tanggal 27 Februari 1942. Kapal dengan bobot mencapai 1.405 ton dan panjang 100 meter ini tidak mampu menghadapi kekuatan militer dari Jepang. Sebenarnya, untuk ukuran kapal perusak, HMS Electra cukup banyak memiliki perlengkapan tempur yang terdiri dari senapan jenis MK IX, senapan mesin, torpedo, dan pelempar bom.

Inilah kapal-kapal yang karam di Laut Jawa karena kalah dalam perang melawan Jepang. Setelah 70 tahun tenggelam, negara yang memilikinya baru mencari dan hilang. Indonesia sebagai negara yang sudah repot dengan urusan dalam negeri tidak sepantasnya diprotes. Toh mengurusi kisruh penistaan agama dan menghindari adanya radikalisme jauh lebih penting.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA