in

Inilah ‘Kampung India’ yang Berada di Kota Medan, Asli Kental Nuansa Bollywood

Little India-nya Indonesia nih,

Medan adalah salah satu kota terbesar di Indonesia selain Jakarta dan Surabaya. Medan terkenal karena merupakan rumah bagi banyak orang bersuku Batak. Selain itu, provinsi ini nyatanya juga berperan penting bagi penyebaran budaya, salah satunya adalah India.

Diam-diam, Medan punya Kampung Madras, di mana tempat tersebut adalah Little India-nya Indonesia. Di kampung yang luasnya sekitar 10 hektare ini kamu akan merasa seolah-oleh berada di Bollywood versi asli. Enggak usah lagi deh repot-repot buat pergi ke India dan menghabiskan banyak biaya.

Sejarah awal munculnya Kampung Madras di Medan

Sebelumnya, Kampung Madras dikenal nama Kampung Keling. Adapun sejarahnya bermula dari kedatangan orang-orang Tamil ke Sumatera Utara pada abad ke 19. Ketika itu, Indonesia masih dalam jajahan Belanda. Orang-orang Tamil ini bekerja sebagai buruh di lahan perkebunan tembakau milik orang Deli.

Orang keturunan India [Sumber gambar]
Namun, semakin hari, semakin banyak pula penduduk India yang mengais rezeki di tanah Medan. Tak hanya dari Tamil, mereka datang dari etnis Cheyttar dan juga Punjab. Yang awalnya hanya bekerja sebagai buruh juga beralih ke pedagang hingga pekerja konstruksi. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Kampung Madras yang kini dihuni oleh mayoritas orang berdarah India.

Bangunan yang khas dengan nuansa Bollywood

Terletak di Jalan Zainul Arifin, Medan, Kawasan Little India ini memiliki banyak destinasi yang lekat sekali nuansa Bollywoodnya. Salah satu yang tidak boleh Sahabat Boombastis lewatkan kalau misalnya berkunjung ke sini adalah Kuil Shri Mariamman. Seperti dilansir dari phinemo.com, kuil ini berada di jalan Teuku Umar nomor 18.

Bangunan dan toko baju khas India [Sumber gambar]
Dibangun pada tahun 1881 dan menjadi tempat ibadah umat Hindu serta merupakan ikon dari perkampungan India ini sendiri. Di kuil inilah acara besar atau kegiatan keagamaan sering dilakukan. Selain itu, layaknya tempat wisata kebanyakan, sepanjang perjalanan sepanjang wilayah, kamu akan menemukan banyak toko yang menjual baju khas India.

Masalah kuliner, kamu bisa icip-icip manjakan lidah di sini

Pokoknya, enggak usah heran jika saat berjalan kamu menemukan wanita yang memakai sari, anak-anak yang memiliki tanda merah di kening mereka. Di daerah ini segala macam budaya kental India akan ditemukan. Selain itu, kuliner yang menggoda juga bisa kamu cicipi loh, Sahabat. Ada banyak sekali makanan khas seperti martabak kuah kari, kerang rebus, nasi briani, serta roti canai.

Nasi Briyani dan Martabak telor [Sumber gambar]
Kalau berdasarkan rekomendasi dari situs Travelingyuk.com, kuliner yang harus banget dicoba di sini adalah martabak telur ala India-nya. Ya, kapan lagi makan makanan India langsung dibuat oleh orang India asli kan?

Hidup harmonis dan saling berdampingan dengan damai

Perbedaan memang bukan masalah jika kenyataannya setiap budaya bisa saling menghargai. Seperti yang kita ketahui jika orang India kebanyakan memang masih percaya akan agama Hindu yang dianut oleh nenek moyang mereka.

Hidup rukun berdampingan [Sumber gambar]
Namun, walaupun begitu, di Kampung Madras ini, Muslim dan Hindu bisa hidup rukun berdampingan. Di salah satu sisi kampung bahkan terdapat Kuil Shri Mariamman dan Masjid Ghaudiyah yang berdampingan. Hal tersebut tak menjadi masalah, loh.

BACA JUGA: 7 Fakta Tentang India yang Harus Anda Tahu

Walau sekarang Kampung Madras masih ramai pengunjung, jumlah mereka sebenarnya terus berkurang, Sahabat. Hal ini dikarenakan keadaan ekonomi yang terus memburuk sehingga sebagian dari mereka juga pergi merantau ke tempat lain untuk mengais rezeki.

 

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak Banyak Diketahui, Para Atlet Ini Diam-diam Sewakan Rumahnya untuk Bantu Orang Lain

YouTuber Ini Borong Semua Produk yang Ada di Indomaret, Kata Netizen: Wadidaw!