Tak dapat dipungkiri kalau negara kita memang punya pamor yang besar di mata dunia. Bagaimana tidak, selain memiliki keindahan alam yang tak ditemukan di belahan bumi lainnya, orang Indonesia pun dikenal ramah-ramah. Oleh sebab itu, bukan hal yang aneh kalau para bule bahkan termasuk artis papan atas Hollywood kepincut mampir ke negeri kita tercinta.

Masih soal Indonesia, percayakah kamu kalau ternyata di luar negeri sana ada lho kampung-kampung yang khas kita banget. Entah karena warga sana cinta dengan negara ini atau bagaimana. Tapi yang jelas fenomena ini bikin kagum. Dan faktanya, kampung-kampung Indonesia di luar sana jumlahnya ada beberapa. Penasaran? Simak ulasannya berikut.

Di negeri Paman Sam, ada kampung ‘Surabya’ mini

Mungkin jarang sekali orang yang mendengarnya, namun siapa sangka popularitas kota Surabaya sampai di benua Amerika sana. Ya, tepatnya di salah satu kawasan Philadelphia, jangan kaget kalau banyak orang yang menggunakan bahasa Jawa khas Surabaya. Itu bukan hal yang aneh mengingat di sana ternyata ada kampung Surabaya yang memang penduduknya berasal dari tanah air.

Bu Risma di Kampung Surabaya AS [Sumber Gambar]
Hal ini bermula saat terjadinya krismon di Indonesia dulu yang membuat sebagian orang Surabaya harus bermigrasi ka AS, hingga sekarang pun tetap menetap di sana. Satu hal yang unik, warga Surabaya sudah hidup layak di sana, bahkan sudah memperoleh hak untuk bekerja di sektor formal seperti rumah sakit dan sekolah.

Nuansa khas Indonesia yang lekat di negeri Kangguru

Australia mungkin jadi salah satu destinasi Indah yang diburu banyak turis di dunia. Meskipun letaknya agak jauh dari Indonesia, namun siapa sangka persona kita masih terasa hingga di sana. Tepatnya di daerah Clayton, nuansa Indonesia sangat kental di temui di sana. Bahkan orang-orang sekitar sudah menjulukinnya sebagai desa Indonesia.

Kampung Indonesia Australia [Sumber Gambar]
Memang, Clayton menjadi pemukiman yang didominasi oleh orang-orang dari tanah air kita, ada yang sedang menempuh pendidikan atau memang bekerja di sana. Keunikan lain yang ditemui di Clayton adalah keadaannya yang mengingatkan kampung halaman. Hampir di pinggir jalan hampir semua jual makanan kita, pun demikian masjid di sana yang penuh dengan orang Indonesia.

Pesona Indonesia mini di negeri tirai bambu

Negeri China sepertinya tak luput memiliki kampung Indonesianya sendiri. Tepatnya di Hua Qiao Xin Cun, Xiamen China, ada sebuah daerah yang berjuluk kampung Indonesia. Usut punya usut, daerah ini memang tempat orang China yang dulu sempat melakukan perantauan ke luar negeri.

Kampung Indonesia di China [Sumber Gambar]
Nah kampung tersebut adalah tempat berkumpulnya para perantau itu. Dan uniknya, kebanyakan dari mereka sempat merantau di Indonesia. Jadi jangan kaget kalau lagu Cucak Rowo atau makanan khas tanah air bisa  sangat mudah ditemui di negeri tirai bambu itu.

Indonesia kecil di daerah taman Hongkong

Victoria Park agaknya sudah sering disebut sebagai kampung Indonesia mini. Bagaimana tidak, di sana berkumpul orang Indonesia yang melakukan pertemuan rutin. Entah tiap minggu atau hari-hari khusus, di salah satu sudut taman kota tersebut selalu ramai dengan orang Indonesia.

Kampung Indonesia Hongkong [Sumber Gambar]
Kebanyakan adalah para TKI atau TKW yang ada di sana, namun tak jarang pula orang Indonesia yang sudah menetap lama dan punya tempat tinggal di sana. Kampung Indonesia ini kadang diisi dengan bercengkrama sambil bernostalgia saat berada di tanah air, namun tak jarang diisi dengan perencanaan kegiatan semisal ceramah dengan mengundang dai terkenal.

BACA JUGA: Nggak Nyangka Ternyata 5 Negara ini Ditinggali Banyak Sekali Orang-Orang Indonesia

Tentu hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri buat kita mengingat ternyata Indonesia banyak dikenal dunia. Apalagi sampai ada kampungnya sendiri di luar sana. Tentu kita yang sedang berada di tanah air wajib bersyukur dan terus berjuang mengharumkan nama bangsa.