Fasilitas tentu menjadi hal yang utama dalam menunjang sebuah prestasi. Lantaran hal ini banyak tim dunia mengeluarkan dana besar untuk menyediakannya. Di saat fasilitas dianggap penting, tapi hal ini belum banyak diperhatikan oleh kebanyakan tim di Indonesia. Banyak sekali tim negara kita belum mempunyai kompleks latihannya sendiri. Mereka masih berlatih pada stadion tempat mereka bertanding.

Permasalahan beberapa tim Indonesia tentu tidak pernah dirasakan oleh kesebelasan di Malaysia. Pasalnya mereka memperhatikan betul akan hal tersebut. Bahkan Tim seperti Johor Darul Takzim rela membangun sebuah kamp latihan yang super mewah. Jadi tidak salah apabila banyak pemain Indonesia tergoda bermain di sana. Lantas bagaimana fasilitas latihan di negeri seberang ini? Simak ulasan berikut.

Rumput tempat latihan setara dengan stadion Bung Karno

tempat latihan JDT [Image source]
Rumput lapangan dalam sepak bola tentu menjadi suatu hal yang terpenting. Karena permainan ini dimainkan pada tempat tersebut. Hal ini menjadi suatu aspek yang sangat diperhatikan betul untuk tim di negara Malaysia. Pasalnya dalam camp latihannya rumput yang digunakan memiliki kualitas internasional. Tentu menjadi hal yang mewah apabila kita membandingkan dengan kebanyakan tim Indonesia, yang harus berlatih di stadion atau menyewa lapangan yang bisa dikatakan belum memenuhi standar. Dan menjadi hal yang sering dikeluhkan oleh pelatih luar.

Memiliki tempat Fitnes Center pribadi untuk pemain

Fitnes Center [Image source]
Melihat pemain tim Indonesia berada pada tempat fitness umum tentu menjadi suatu hal yang biasa. Karena kebayakan kesebelasan negara kita belum mempunyai tempat khusus dalam melatih otot-ototnya. Hal ini tentu berbeda apabila kita melihat tim Malaysia Johor Darul Takzim. Karena pada kamp latihannya sudah disediakan tempat fitness secara pribadi. Dalam ruang tersebut terdapat beberapa Treadmill mewah, dan beberapa peralatan angkat beban yang mumpuni. Jadi tidak heran apabila kita melihat bagaimana besar dan kekarnya pemain sana.

Tempat penyembuhan cedera pemain yang menggunakan teknologi terbaru

kolam penyembuhan [Image source]
Cedera tentu menjadi teman akrab untuk semua pemain yang menggeluti profesi sebagai pesepakbola. Hal ini tentu beralasan karena banyaknya kontak fisik di dalamnya.  Seperti sadar akan hal ini tim Malaysia JDT  juga menyediakan tempat khusus untuk penyembuhan pemain mengalami hal tersebut. Terletak menjadi satu dengan Fitnes Center, manajemen club menyediakan kolam renang, hingga kolam seperti Jacuzzi yang dapat merelaksasi otot pemain pasca pertandingan. Untuk di Indonesia sendiri belum banyak tim mempunyai fasilitas ini. Dalam penyembuhan pemainnya masih bergantung pihak lain karena keterbatasan fasilitas.

Lapangan tahan dalam berbagai kondisi cuaca

penutup atap [Image source]
Lantaran sepak bola adalah olahraga outdoor, maka gangguan cuaca jadi musuh utamanya. Bisa dilihat banyaknya pertandingan yang berhenti karena masalah tersebut. Tapi hal ini tidak berlaku untuk tim Johor Darul Takzim. Pasalnya pada lapangan tempat mereka latihan dipasangi kubah besar untuk menghalau segala macam bentuk gangguan cuaca. Pemasangan yang menghabiskan banyak biaya tersebut, saat ini menjadi sarana penunjang utama untuk tim JDT saat berlatih. Karena hal tersebut menjadikan tim asal negeri Jiran ini, tidak perlu berhenti latihan ketika cuaca dalam kondisi buruk.

Jet pribadi siap mengantar pemain untuk semua pertandingan

Jet Pribadi [Image source]
Bila kebayakan suatu tim memilih bus atau bahkan pesawat pribadi dalam melakukan perjalanan.  Hal berbeda ditunjukan JDT, club asal negara Malaysia ini memilih sebuah Jet pribadi untuk mengantarkan semua official dan pemainnya. Dengan menggunakan pesawat  Jet G 550, mereka tidak perlu berdesakan dengan penumpang umum seperti halnya club di Indonesia. Adanya fasilitas ini tentu akan menambah gairah setiap pemain saat bertanding. Meskipun menjadi hal yang sangat mewah, tapi dari sini kita dapat melihat bagaimana kesungguhan manajemen tim JDT dalam memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pemainnya.

Fasilitas tentu menjadi penunjang utama dalam sebuah tim berprestasi. Pasalnya dengan alat-alat penunjang tersebutlah sebuah tim akan mudah dalam meraih kejayaan. Karena kebutuhan setiap pemainnya terpenuhi. Besar harapan untuk tim  di Indonesia mulai meperhatikan fasilitas latihan. Dan  dapat menunjang sepak bola Indonesia lebih baik.