Sebagai bagian dari sepak bola Indonesia, tentu Timnas U-16 adalah harapan besar bangsa di olahraga termasyur ini. Selain sukses persembahan gelar, mereka juga pesepakbola dengan potensi besar. Hal ini diakui langsung oleh mantan Pelatih Timnas U-21 Spanyol Luis Milla, yang sempat memuji kalau Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan adalah masa depan cerah persepakbolaan nasional.

Melihat fakta tadi mungkin kalian akan bertanya-tanya bagaimana kabar mereka sekarang? Seperti yang kita ketahui bersama pasca juara di ajang AFF U-16 dan Piala Asia 2018, sosok mereka jarang sekali terlihat. Malahan layaknya menghilang ditelan bumi. Tapi, setelah Boombastis telusuri, ternyata mereka kini ada yang gabung klub kasta atas Indonesia dan berlatih di luar. Seperti apa kabar bintang Garuda Muda sekarang lihat ulasan berikut.

Pemain kembar Timnas U-16 berlatih di Inggris

Berbicara pemain kembar di tubuh Timnas U-16, pastinya sosok Bagus dan Bagas Khafi yang akan langsung muncul di ingatan. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, pasalnya dari pemain-pemain di skuad Tim Merah Putih usia tersebut hanya mereka yang kembar. Masih terkait kedua pemuda asal Magelang tersebut, dikabarkan tanah Inggris menjadi tempatnya menempa diri.

Bagas dan Bagus [Sumber Gambar]
Dilansir Boombastis dari Bola.com, pemain yang menjadi punggawa Barito Putera U-16 itu akan menimba ilmu sepak bola di akademi Chelsea. Bersama mantan pemain Timnas lain, seperti Yuda Febrianto, Alif Zailani, dan Dandi Maulana mereka akan berlatih enam bulan di sana. Tiket emas ini sendiri didapatkan setelah lolos seleksi yang dilakukan mantan bintang Chelsea yakni Dennis Wise.

Supriadi, Garuda Muda yang menimba ilmu di kota Liverpool

Nama lain bintang Timnas U-16 yang juga menimba ilmu sepak bola di Benua Biru adalah Muhammad Supriadi. Pemain yang mempunyai kecepatan layaknya motor 4 tak tersebut, dikabarkan saat ini sedang merasakan metode latihan di sebuah klub berbasis di kota Liverpool. Tergabung dengan Surabaya U-14, dirinya berlatih di Tranmere Rovers.

Supriadi dan tim [Sumber Gambar]
Bersama kesebelasan berjuluk Super White Army, terlihat beberapa pujian dan capaian individu sudah menjadi penghias kiprahnya di sana. Seperti salah satu contohnya adalah ketika ia dipuji oleh Direktur Teknik Tranmere Rovers setela laga uji tanding antara Surabaya U-14 melawan Wrexham U-14 pada Sabtu (1/12/2018). Selain itu, ia juga sukses menciptakan sebuah gol di pertandingan kemenangan timnya dengan skor 5-2.

Tanah Spanyol menjadi pijakan baru Rendy Juliansyah

Masih terkait kabar pemain Tim Merah Putih U-16, Rendy Juliansyah juga menambah daftar mantan pungawa yang berhasil juara AFF 2018 menimba ilmu di Eropa. Tapi sosok kerap disebut-sebut sebagai kembaran Iqbal ini, memilih Spanyol menjadi pijakan selanjutnya menimba ilmu.

Rendy Juliansyah [Sumber Gambar]
Di tanah Matador, dikabarkan kalau pemuda 16 tahun ini akan berlatih dengan CD Leganes. Kesebelasan berumur tua yang kini berkompetisi di Liga teratas Spanyol. Melansir laman Bolalob, pemilihan Leganes sendiri lantaran di kesebelasan berjuluk Pepineros ini tidak hanya menawarkan sekedar trial saja. Selain Leganes, klub Italia serta Belgia juga menaruh minat terhadapnya.

Inggris juga jadi tempat gelandang Timnas U-16 Brylian kembangkan karier

Nama lain yang juga merupakan eks pemain Timnas U-16 yang akan berlatih di Eropa adalah Brylian  Aldama. Pemain berposisi sebagai gelandang tersebut akan mengembangkan potensinya di Inggris. Melalui program kerjasama PSSI dan Super Soccer TV, dia dan beberapa mantan punggawa Timnas lain berlatih di sana selama 6 bulan.

Brylian gabung Persebaya [Sumber Gambar]
Brylian Aldama sendiri sebelum menerima beasiswa tersebut merupakan punggawa dari Tim U-16 Persebaya. Tapi lama berkutat di tim tersebut, pemuda asal Sidoarjo naik kelas untuk membela tim identik warna hijau itu di kelompok usia 19 tahun. Kepercayaan besar tersebut didapatkan lantaran perkembangan Brylian dikira mumpuni untuk naik level, ujar pelatih Persebaya U-16 Uston Nawawi.

Punggawa Timnas U-16 juga beberapa ditarik klub Liga 1

Selain nama-nama tadi, beberapa mantan anak asuh Fachri Husaini yang menjadi juara di AFF U-16 pada tahun 2018, juga melanjutkan karier dengan menerima tawaran klub asal Indonesia. Seperti Yudha Febrian bergabung dengan Barito Putera, lalu David Maulana PSMS Medan, kiper andalan Tim Merah Putih Ernando Ari Sutaryadi membela Persebaya, Sultan Zico direkrut Persija Jakarta dan Andre Oktaviansyah berseragam PS Tira.

Zico gabung Persija [Sumber Gambar]
Dari penelusuran penulis, nama tersebut pada umumnya direkrut untuk berkiprah di klub-klub Indonesia yang berlaga di level kompetisi U-16. Hal yang tentunya sangat bagus untuk perkembangan karier mereka. Tidak berhenti disitu, dengan terus berlaga kemampuan mereka juga akan terus terasah.

BACA JUGA: Supriadi, Pemain Timnas U-16 Mantan Pejual ES yang Akan Disekolahkan Bola ke Eropa

Beberapa kabar punggawa Timnas tadi, tentu menjadi sebuah hal baik. Pasalnya, pemain-pemain Timnas U-16 ternyata terus mengembangkan kariernya baik di luar atau Indonesia. Dengan kondisi tersebut agaknya bukan sebuah hal mustahil kalau ke depan bisa melihat Timnas jauh lebih hebat. Tapi, hal itu dengan catatan nama-nama tadi mau konsisten dan bekerja keras.