Mulai dari kampanye hingga menjadi seorang Presiden RI ke-7, Ir. Joko Widodo atau lebih dikenal sebagai Jokowi, merupakan sosok politikus yang dikenal dekat dengan rakyat. Meski dianggap pencitraan oleh sebagian dari mereka yang tidak menyukainya, toh memang itulah kenyataan yang ada.

Tak heran, gaya blusukan dan kerap berada di tengah-tengah rakyat jelata, telah menjadi sebuah kebiasaan rutin Jokowi. Termasuk saat ia telah resmi menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia. Salah satunya seperti pada saat nonton konser metal, ia tak ragu berada di antara kerumunan penonton yang notabene adalah anak-anak muda. Tak hanya itu, beberapa kegiatan Jokowi di bawah ini juga membuktikan dirinya adalah sosok Presiden yang merakyat.

Mengundang penjual sate dan masyarakat umum makan di Istana Kepresidenan

Penjual Sate yang diundang Jokowi berjualan di Istana Kepresidenan [sumber gambar]
Saat momen perayaan tahu baru 2018, Jokowi mengundang seluruh masyarakat pengunjung Malioboro untuk masuk ke dalam halaman Gedung Agung Istana Kepresidenan, Yogyakarta. Dilansir dari travel.kompas.com, Jokowi juga mengundang pedagang sate yang bernama Khotimah untuk berjualan di sana. Tak hanya itu, para warga yang datang juga dipersilakan untuk menyantap kuliner-kuliner Indonesia di halaman Gedung Agung. Selain Khotimah, beberapa pedagang bakwan malang, sate kambing, bajigur, nasi kucing angkringan, tengkleng, wedang ronde, mi jawa, dan makanan-makanan lain, juga ikut berjualan di halaman Gedung Agung.

Tak ragu berbaur dengan masyarakat saat nonton konser metal

Musik metal memang telah mendarah daging di dalam diri Jokowi. Hingga pada saat dirinya terjun ke dunia politik, hal tersebut nampaknya masih melekat hingga saat ini. Hal ini dibuktikan oleh Jokowi saat menonton sejumlah konser metal seperti Metallica, Judas Priest dan Iron Maiden. Dilansir dari tempo.seleb.co, Pria asal Solo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur, menolak untuk duduk manis di bangku VIP dan memilih di kelas festival bersama masyarakat dengan alasan lebih terasa feel konsernya. Tentu saja, Jokowi tidak ikut gerakan headbang dan moshing seperti yang lainnya.

Sosok presiden yang fashionable dan dekat dengan anak-anak muda

Beberapa waktu lalu, Jokowi sempat membeli sebuah motor chopper Royal Enfield Bullet 350 berwarna emas dari sebuah bengkel modifikasi custom di Jakarta. Alhasil, peristiwa itu menjadi buah bibir di kalangan netizen tanah air. Sosok Jokowi pun secara otomatis diidentikan lekat dengan selera anak muda. Tak hanya itu, dilansir dari lifestyle.kompas.com, ia juga membeli sebuah jaket denim khusus seharga Rp 4 juta. Kedua benda yang termasuk kategori special order tersebut, dipakai secara bersamaan oleh Jokowi saat dirinya memulai sebuah tour bermotor menuju ke daerah Pelabuhan Ratu. Klop sudah! Meski menjadi seorang kepala negara, ia tak ragu untuk tampil beda seperti presiden kebanyakan yang selalu menjaga penampilannya.

Sering membagikan hadiah kepada rakyat

Selain dekat dengan gaya anak muda, Jokowi juga tak segan memberikan hadiah bagi mereka yang berani maju menerima tantangan dari dirinya. Dilansir dari nasional.kompas.com, ia kerap mengadakan kuis dengan beberapa pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan Indonesia. Pesertanya beragam. Tergantung dari tema acara yang ada. Salah satunya pada saat acara serah terima sertifikat tanah untuk masyarakat, banyak peserta yang berasal dari kalangan warga sipil tersebut, berebut untuk maju menjawab pertanyaan. Bagi yang berhasil, hadiah sepeda bakalan menanti.

Tak malu makan di warteg pinggir jalan

Bukan rahasia lagi , Jokowi memang sosok pemimpin yang kerap makan di warung tegal (warteg) milik masyarakat umum. Alih-alih di restoran, Presiden ke-7 yang doyan blusukan itu tetap setia dengan kebiasaan lamanya makan di pinggir jalan. Dilansir dari liputan6.com, hal itu telah ia lakukan semenjak dirinya masih menjabat sebagai gubernur. Salah satunya adalah warteg milik Djunah, seorang pedagang makanan yan menjadi langganan Jokowi. Tak hanya itu, sang Presiden pun mengundang dirinnya bersama penjual lain untuk makan malam di Istana Negara. Luar Biasa ya Sahabat Boombastis.

Memang, seperti itulah seharusnya seorang pemimpin bersikap. Tanpa perlu meninggalkan kewibawaannya sebagai kepala negara, Jokowi bisa berbaur tanpa kendala bersama masyarakat di berbagai lapisan. Serupa dengan mantan Presiden Uruguay, Jose Mujica yang juga dikenal sangat dekat dengan rakyatnya. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?